Post Page Advertisement [Top]


Pada review kali ini, saya akan menjelaskan kelebihan dan kekurangan dari kartu kredit Citi Reward berdasarkan fitur,benefit yang ditawarkan dan juga biaya-biaya kartu.





Kartu kredit citibank reward dengan Platform Visa International bisa digunakan baik di Indonesia dan di Luar negeri.





Kartu Kredit ini adalah jenis kartu kredit Visa Platinum tetapi memiliki iuran tahunan yang lebih murah dari platinum pada umumnya dan hampir setara dengan iuran tahunan visa gold. Apakah kartu ini memiliki fasilitas atau benefit setara platinum atau Gold?





Apa Saja yang bisa kamu lakukan dengan kartu Ini?





Manfaat kartu kredit pada umumnya adalah untuk mempermudah pembayaran, baik perbelanjaan online, dip in EDC, di Mesin ATM dan Auto Bill Payment.





Kemudian, dilengkapi dengan fasilitas tambahan seperti special privilege, cicilan perbelanjaan, pinjaman dana, asuransi tagihan, Asuransi perjalanan, reward Point, Miles Redemption dan beberapa jenis kartu kredit mendapatkan fasilitas free airport Lounge.





Dengan iuran tahunan sebesar Rp400.000, kartu kredit citibank reward ini sudah memiliki fasilitas yang lengkap bahkan sangat lengkap.





Berikut ini adalah manfaat kartu kredit Citibank reward:





  • Kartu Pembayaran- Gunakan kartu kredit citibank reward untuk membayarkan perbelanjaan baik online atau di toko fisik. Akses transaksi keanggotaan (membership) semakin mudah, misalkan untuk aktivasi akun paypal, berlangganan spotify, shopify dan lainnya.
  • Special Privilege - Non stop Promo diskon, cashback, buy 1 get 1 free, cicilan 0% di toko-toko yang bekerja sama.
  • Cicilan tetap (eazypay) - Ubah transaksi perbelanjaan retail minimum Rp500.000 menjadi cicilan tetap dengan bunga ringan.
  • Pinjaman Uang (Loan on Phone) - Transfer uang dari kartu kredit ke rekening tabungan maksimal 50% dari sisa limit yang tersedia.
  • Auto Bill Payment (1bill) - kartu kredit citi reward bisa membayarkan tagihan bulanan otomatis setiap bulan, seperti tagihan listrik, air, internet, asuransi dan lain-lain.
  • Tarik Tunai di ATM - Gunakan kartu kredit Visa citi Reward untuk tarik tunai di mesin atm.




Biaya-Biaya Kartu Kredit Citi Reward





Biaya-biaya kartu kredit citi reward tidak bisa dikatakan mahal atau murah, tetapi sedang-sedang saja. Kalau saya perhatikan beberapa jenis biaya tidak berbeda dengan biaya kartu kredit di bank BUMN seperti biaya tarik tunai dan biaya overlimit.





Berikut ini adalah tabel biaya kartu kredit Citi Reward:





Jenis BiayaNominal
Iuran Tahunan UtamaRp400.000
Iuran Tahunan Tambahan Rp200.000
Bunga2.25%
Denda Keterlambatan3% maks Rp150.000
Biaya OverlimitRp150.000
Biaya Tarik Tunai6% minimal Rp100.000
Biaya Cetak tagihan Bulanan Rp25.000
Biaya Permintaan Sales Draft Rp50.000
Refund Dana ke Rekening Rp25.000
Pembatalan CicilanRp250.000
Biaya pergantian Kartu Rp50.000
Biaya SMS Notifikasi Per BulanRp5000




Kelebihan dan Kekurangan Kartu Kredit Citi reward





Kartu ini memiliki banyak kelebihan bila dibandingkan dengan kartu kredit dengan iuran tahunan yang sama atau hampir sama.





Kelebihan





Berikut ini adalah kelebihan kartu kredit citi reward:





Reward Point





Kartu kredit ini memiliki keistimewaan dalam hal perolehan reward point.





  • Dapatkan 2 reward point untuk transaksi Rp3000 (berlaku kelipatan) di Department store dan merchant kategori pakaian dan resto setiap senin sampai jumat.
  • Dapatkan 3 reward Point untuk transaksi di hari sabtu dan minggu.
  • Dapatkan 3 reward Point untuk semua jenis transaksi retail di luar negeri.





Bagusnya, reward point yang dikumpulkan pada kartu kredit Citi reward tidak memiliki masa expired. Reward Point tersebut selanjutnya bisa ditukarkan menjadi diskon hingga 100% di toko yang kerja sama atau ditukarkan untuk menghapus iuran tahunan dan program redemption menarik lainnya.





Keuntungan di Bandara





Tukarkan 5000 reward point untuk mendapatkan makanan/minimum di merchant bandara yang bekerja sama. Cek Daftar merchant!





Asuransi perjalanan





Beli tiket penerbangan dengan menggunakan kartu kredit citi reward. Kemudian hubungi Call center citibank (citiphone) untuk aktivasi asuransi perjalanan. Dapatkan jaminan perlindungan untuk seluruh anggota keluarga.





Jaminan perlindungan yang diberikan adalah jaminan perlindungan atas resiko kematian dan kehilangan anggota badan akibat kecelakaan dengan detail:





  • Perlindungan pemegang kartu utama atau tambahan hingga 6.5 Milyar
  • Suami/istri dalam satu penerbangan hingga 6.5 Milyar
  • Anak dalam satu penerbangan hingga 3.25 Milyar




Setiap kali membeli tiket pesawat, kamu harus menghubungi citiphone untuk mengaktifkan fitur asuransi perjalanan ini.





Channel





Menurut saya ini adalah salah satu kelebihan yang dimiliki oleh kartu kredit citibank yaitu memiliki channel yang cukup lengkap.





  • Channel pembayaran - Kartu kredit citibank bekerja sama dengan bank-bank lainnya untuk mempermudah proses pembayaran. Bahkan, pembayaran dengan menggunakan channel bank-bank besar seperti BNI, BRI dan BCA adalah real time payment.
  • Akses Ebanking - Tidak semua bank penerbit kartu kredit memberikan akses kartu kredit di ebanking mereka. Berbeda dengan citibank, kamu bisa mengakses informasi kartu kredit melalui ebanking Citi Mobile App dan citi Online. Selain untuk mengecek tagihan dan saldo, kamu juga bisa meminta proses cicilan melalui ebanking tersebut.




Kekurangan





Bila dibandingkan dengan kartu kredit lain di bank citibank atau jenis kartu kredit setara di bank lain, berikut ini adalah kekurangan kartu kredit citibank reward menurut saya:





  • Wajib Lapor untuk mengaktifkan asuransi perjalanan.
  • Biaya pembatalan cicilan lebih mahal dari beberapa bank penerbit kartu kredit lainnya yaitu misalkan bank Mandiri 5%, BNI 200 ribu dan BCA 100 ribu.
  • Biaya Sales Draft lebih mahal dari beberapa bank Lainnya, umumnya sekitar 30 hingga 35 ribu.




Terlepas dari kekurangan di atas , kartu kredit ini masih lebih unggul dari beberapa jenis kartu kredit yang memiliki iuran tahunan yang sama.





RELATED cara menggunakan kartu kredit supaya tidak rugi


Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib