Keuntungan Kartu Kredit BNI Garuda Platinum

Kartu kredit Garuda Platinum adalah kartu kredit kerja sama (co branding) antara bank BNI dengan perusahaan maskapai Penerbangan Garuda. Kartu kredit ini menggunakan platform visa international yang memungkinkan kartu kredit bisa digunakan di seluruh dunia yang sudah support jaringan Visa Card.

Kartu kredit BNI Garuda diterbitkan dengan dua kelas kartu yang berbeda. Kartu kredit yang pertama adalah kartu kredit BNI Garuda Platinum. Dan yang kedua adalah kartu kredit BNI Garuda Signature. Perbedaan Kartu kredit BNI Garuda Platinum dan BNI Garuda Signature terdapat pada besar iuran tahunan, jumlah perolehan bonus miles dan benefit khusus yang umumnya hanya diterima oleh visa signature seperti free keanggotaan priority pass untuk mengakses lounge key di seluruh dunia.

Benefit Kartu Kredit BNI Garuda Platinum

Kartu Kredit BNI Garuda Platinum

Kali ini, saya akan membahas keuntungan yang akan kamu dapatkan bila menggunakan kartu kredit BNI Garuda Platinum.

Double Miles

Setiap transaksi perbelanjaan Rp24.000 yang dibayarkan dengan Kartu Kredit BNI Garuda Platinum Akan mendapatkan 2 Garuda Miles dan berlaku kelipatan.

Apa itu Garuda Miles? Garuda Miles adalah program Loyalty dari Maskapai Penerbangan Garuda untuk setiap penerbangan bersama Garuda dan Rekan Perusahaan garuda. Garuda Miles itu seperti Point yang bisa ditukarkan atau digunakan untuk membeli tiket pesawat Garuda.

Maskapai Garuda memiliki aplikasi yang dinamakan Kalkulator Miles. Kamu bisa menghitung berapa miles yang kamu perlukan untuk mendapatkan sebuah tiket pesawat.

Misalkan, jumlah miles yang kamu butuhkan untuk mendapatkan tiket gratis dari Bali ke Jakarta adalah sekitar 14.000 Miles.

Apakah Garuda Miles hanya diberikan kepada pengguna kartu kredit BNI Garuda Platinum?
Tidak. Semua orang bisa mendaftar menjadi anggota garuda Miles. Beberapa kartu kredit premium juga memiliki fasilitas Garuda Miles Redemption, yaitu penukaran point kartu kredit menjadi Garuda Miles.

Kalau begitu, kenapa saya harus menggunakan Kartu kredit BNI Garuda Platinum? Bisa dipastikan dengan memiliki kartu kredit BNI Garuda Platinum ini akan boosting perolehan garuda miles mu melalui program Double Miles dan Bonus-bonus miles yang diberikan.


Apakah saya masih mendapatkan BNI reward Point disamping Garuda Miles dari setiap transaksi kartu kredit BNI Garuda platinum saya? Setahu saya,kartu kredit Co-branding BNI tidak mendapatkan BNI reward Point. Sama seperti BNI Lottemart. Karena, sudah mendapatkan benefit tersendiri seperti Loyalty Garuda Miles ini.

Hadiah Persetujuan Dalam Bentuk Miles (Bonus enrollment)

Ini mirip dengan welcome pack tahap pertama. Umumnya welcome diberikan setelah kamu aktivasi kartu kredit dan melakukan transaksi perbelanjaan dengan minimal tertentu. Beda dengan welcome pack tahap pertama ini, sesaat setelah kartu kredit BNI garuda Platinum -mu sudah disetujui, kamu akan langsung mendapatkan Bonus Miles sebesar 200 miles.

200 Miles itu banyak atau Tidak? Normalnya kamu akan mendapatkan 200 Garuda Miles dari perbelanjaan Rp.2.400.000 dengan kartu kredit BNI Garuda platinum atau 4.800.000 untuk metode reguler lainnya.

Bagaimana cara saya mengetahui kalau bonus enrollment sudah ditambahkan? Kamu bisa login dan melihat sendiri di akun Garuda Miles kamu.


Bonus Transaksi dalam Bentuk Miles (Bonus Transaction)

Ini adalah program welcome pack tahap kedua. Kamu akan mendapatkan Bonus Miles sejumlah 2000 miles akan diberikan setelah kamu mengumpulkan setidaknya 250 Miles dari transaksi kartu kredit BNI garuda platinum yang kamu kumpulkan.

Kalau dihitung, setiap perbelanjaan Rp.24.000 kamu akan mendapatkan 2 miles. Berarti untuk perbelanjaan 2.990.000 kamu akan mendapatkan 250 miles dari perbelanjaan sekitar 3 juta rupiah.

Setelah melakukan perbelanjaan sekitar 3.000.000 untuk mengumpulkan miles Garuda sebesar 250, kemudian kamu akan mendapatkan bonus miles transaksi-nya sebesar 2000. Bonus sebesar ini harusnya baru bisa kamu kumpulkan setelah ber-transaksi 24 juta dengan garuda platinum atau 48 juta dengan cara reguler lainnya.


Loyalty Bonus Dalam bentuk Miles

Setiap tahun kartu keanggotaan garuda miles akan diperpanjang. Bila keanggotaan garuda miles kamu masih aktif sampai tanggal perpanjangan. Kamu akan mendapatkan bonus loyalty berupa 1000 miles tambahan.

Setelah dihitung-hitung, mulai dari bonus persetujuan, bonus transaksi, poin dari transaksi 3 juta dan bonus loyalty, kamu akan mendapatkan 3.450 Garuda Miles hanya dengan melakukan transaksi perbelanjaan 3 juta rupiah.


Get Your Gold Garuda Miles Account FASTER (Fast Track Upgrade)

Seperti yang (mungkin) sudah kamu ketahui, keanggotaan Garuda Miles ada kelasnya. Ada keanggotaan Garuda Silver/Blue, Gold dan Platinum. Umumnya untuk mendapatkan keanggotaan Garuda Miles Gold, kamu harus mencapai jumlah miles tertentu dan juga ditentukan berdasarkan frekuensi penerbangan mu bersama dengan garuda dan partner garuda.

Kamu bisa dengan mudah upgrade keanggotaan garuda miles kamu dari silver/blue menjadi Gold hanya dengan berbelanja minimal 8 juta setiap bulan selama 5 bulan pertama setelah kartu kredit BNI Platinum mu disetujui.

Diskon 5% Pembelian dan Miles Redemption


Kamu akan mendapatkan harga special tiket pesawat garuda dengan potongan diskon 5% setiap kali melakukan pembelian tiket dengan kartu kredit BNI Garuda Platinum mu.

Tidak hanya itu, Kamu juga mendapatkan Potongan jumlah Miles sebesar 5% untuk mendapatkan tiket pesawat garuda. Misalkan, Menurut kalkulator miles, kamu memerlukan 14.000 miles untuk mendapatkan tiket penerbangan Bali ke Jakarta. Bila kamu menggunakan Kartu Kredit BNI Garuda Platinum, kamu mendapatkan keringanan sebesar 5% dari jumlah 14.000 tersebut.


BNI Garuda Platinum Airport Lounge


Bila kartu kredit BNI Visa Platinum (reguler) hanya mendapatkan 5 Fasilitas free airport Lounge, Kartu kredit BNI Garuda Platinum mendapatkan 18 Fasilitas free airport Lounge. Grtais Masuk airport Lounge khusus pemegang kartu kredit saja. Berikut tabel BNI Garuda Platinum airport Lounge:


KotaTerminalNama Lounge
Balikpapan - SepinganTerminal DomestikBlue Sky Lounge
Banjarmasin
Syamsuddin Noor
Terminal DomestikConcordia Lounge
Denpasar - NgurahTerminal DomestikConcordia Lounge
Jakarta - SoekarnoTerminal 2D InternationalPremier Lounge
Jakarta - SoekarnoTerminal 3 UltimateSaphire Lounge
Jayapura- SentaniTerminal DomestikSentani Lounge
Makassar - SultanTerminal DomestikConcordia Lounge
Medan - KualanamuTerminal DomestikSaphire Blue Sky
Padang - MinangkabauTerminal DomestikMinangkabau Lounge
Palembang - SultanTerminal DomestikSultan Lounge
Pekanbaru - SultanTerminal DomestikLembayung Lounge
Semarang - Ahmad YaniTerminal DomestikConcordia Lounge
Surabaya-JuandaTerminal 1Blue Sky Lounge
Surabaya - JuandaTerminal 1Singosari Lounge
Surabaya- JuandaTerminal 1Trowulan Lounge
Surabaya- JuandaTerminal 2 DomestikConcordia Lounge
Tarakan -JuwataTerminal DomestikJuwata Lounge
Yogyakarta - Adi SuciptoTerminal A DomestikConcordia Lounge


Gratis Asuransi Kecelakaan

Setiap kali kamu membeli tiket pesawat untuk digunakan sendiri, kamu secara otomatis sudah dilindungi asuransi kecelakaan pesawat. Asuransi kecelakaan yang diberikan berupa jaminan perlindungan jiwa akibat kecelakaan pesawat dengan jaminan perlindungan hingga 4 Milyar. Umumnya kartu kredit premium di bank BNI Juga mendapatkan fasilitas ini. Bedanya hanya pada nominal maksimal jaminan perlindungan yang diberikan. Untuk kartu kredit BNI Garuda Signature sendiri mendapatkan jaminan perlindungan hingga 7 Milyar.

Kartu Tambahan


Bank BNI memberikan fasilitas kartu kredit tambahan untuk pengguna kartu kredit BNI Garuda Platinum. Kartu tambahan tersebut tidak akan langsung diberikan, tetapi bila kamu menginginkan kartu tambahan, kamu bisa menghubungi call center kartu kredit BNI untuk memintanya. Kartu kredit Tambahan tetap harus membayarkan iuran tahunan sebesar 50% dari nominal iuran tahunan kartu kredit BNI Garuda platinum utama yaitu Rp300.000. Umumnya bank bisa memberikan 3 kartu tambahan untuk mendampingi kartu utama.

Apakah kartu tambahan juga akan mendapatkan miles untuk transaksi kartu nya? Ia, Miles yang dikumpulkan dari transaksi perbelanjaan kartu tambahan secara otomatis akan ditambahkan ke akun garuda miles kartu utama setelah mencapai 250 Miles.


Fitur dan Fasilitas BNI Garuda Platinum

Selain benefit khusus tersebut di atas, kartu kredit BNI Garuda Platinum juga bisa menikmati fitur dan fasilitas umum kartu kredit Bank BNI. Berikut ini adalah fasilitas kartu kredit BNI secara umum:

  • Cicilan - Baik Promo cicilan 0% atau Program cicilan reguler bank BNI. Untuk program cicilan tetap reguler, Tenor hingga 24 bulan dengan minimal perbelanjaan 1 juta rupiah.
  • Transfer Dana - Maksimal 50% dari sisa limit bisa ditransfer ke rekening Tabungan. Metode pembayaran full atau cicilan dengan bunga ringan hingga 24 bulan.
  • Bill Payment - Fasilitas pembayaran berbagai macam tagihan tetap bulanan secara otomatis.
  • Direct debit /Auto Pay - Bayar tagihan kartu kredit otomatis setiap bulan. Tersedia Pilihan minimum dan full payment.
  • Cash Advance - fasilitas kartu kredit untuk digunakan tarik tunai di mesin ATM
  • BNI Layanan Mobile - Akses informasi dan transaksi kartu kredit melalui sms. Daftar via call center BNI 1500046.
  • BNI Tele Travel - Layanan travelling bank BNI, pemesanan tiket, hotel dan paket tour lainnya. Hubungi di nomor 021 527 9090
  • Perisai Plus - asuransi dengan premi ringan yang bertujuan untuk melindungi tagihan kartu kredit atas resiko meninggal dunia, catat tetap atau sementara yang menyebabkan ketidakmampuan finansial.
  • Ebilling - Layanan Pengiriman Tagihan dalam bentuk Soft Copy ke email pemegang kartu tanpa biaya.


Biaya - Biaya

Kebanyakan dari biaya kartu kredit BNI Garuda platinum ini bisa dihindari. Menurut saya, cara yang paling bijak untuk menggunakan kartu kredit adalah selalu bayar full, usahakan untuk tidak tarik tunai, daftar bill payment, pay on us (bayar dari channel BNI kecuali teller), Daftar e billing dan pertimbangkan direct payment untuk menghindari denda keterlambatan karena lupa bayar. Gunakan fasilitas BNI Layanan Mobile supaya bisa check sisa limit kapanpun melalui sms dan hindari denda karena over-limit.

Berikut ini adalah beberapa jenis biaya yang biasanya ditagih di kartu kredit BNI:

Jenis BiayaBiaya Kartu Kredit BNI Garuda Platinum
Iuran TahunanRp600.000 (utama) /Rp.300.000 (Tambahan)
Bunga Minimal pembayaran2.25% (retail dan tartun)
Denda Keterlambatan3% dari tagihan dan maksimal Rp150.000
Biaya Tarik tunai6% dari dana yang ditarik minimal 100 ribu
Biaya OverlimitRp150.000
Biaya cetak tagihan BulananRp15.000
Biaya Percepatan CicilanRp200.000
Biaya Administrasi Transfer dana4% minimal Rp30.000
EbillingGratis



Syarat Dan Cara Mengajukan BNI Garuda Platinum


Mengajukan kartu kredit di bank BNI harus memiliki penghasilan minimal 3 juta. Tetapi, untuk mengajukan kartu kredit BNI Garuda Platinum sebaiknya kamu memiliki penghasilan tetap paling tidak 20 juta sebulan. Penghasilan di bawah 20 juta tetap bisa mencoba mengajukan, kalau nanti ditolak kemungkinan akan ditawarkan jenis kartu kredit lain.

Berikut ini adalah syarat untuk mengajukan kartu kredit BNI Garuda Platinum:

  • Berusia Minimal 21 Tahun
  • Memiliki penghasilan tetap minimum 20 juta per bulan
  • Punya KTP dan Slip Gaji untuk karyawan.
  • Pengusaha/wiraswasta bisa melampirkan ktp, siup, rekening koran 3 bulan terakhir atau ktp, Siup dan SPT PPh 21
  • Profesional misalkan dokter, melampirkan ktp, surat ijin praktek, rekening koran 3 bulan terakhir
  • Lampirkan NPWP untuk pengajuan limit 50 juta ke atas.



Bagaimana cara mengajukan Kartu Kredit BNI Garuda Platinum Online?
Ada banyak cara untuk membuat kartu kredit bank BNI Online. Kamu bisa mencoba mengajukan via E form BNI yang bisa kamu akses melalui halaman website bank BNI. Untuk mendapat bantuan, kamu bisa mencoba mengajukan via partner online bank BNI, setahu saya ada banyak partner resminya seperti Tokopedia, cermati, Pilih Kartu, Cek Aja, Kreditgogo dan lainnya.

Bila kamu mengajukan online, isi formulir-nya! Nanti kamu akan dihubungi via HP atau Email untuk konfirmasi pengiriman berkas pendukung pengajuan-nya.