Tabel Angsuran KUR BRI 2019 Yang Paling Terbaru

Ada dua tabel angsuran KUR BRI di sini. Tabel yang pertama adalah angsuran KUR BRI Mikro dan yang kedua adalah angsuran KUR BRI Kecil atau yang dulu dikenal dengan KUR Ritel. Walaupun, KUR ada 4 jenis-nya, tapi suku bunga-nya tetap sama yaitu 7% per tahun. Jadi Tabel ini tetap bisa menjadi acuan besar angsuran untuk semua jenis kur, baik Mikro, Kecil, TKI dan Kur Khusus.

Tabel Angsuran KUR BRI Mikro dan TKI

Tabel Angsuran KUR BRI 2019


Tabel KUR di atas menunjukkan besar angsuran kur untuk plafon mulai dari 1 juta hingga 25 juta. Memang maksimal Kur Mikro yang bisa di ajukan adalah 25 juta. Kemudian, untuk pilihan tenor (jangka waktu cicilan) sangat flexible yaitu 12 bulan, 18 bulan, 24 bulan, 36 bulan dan 48 bulan.

Data angsuran KUR BRI di atas dihitung berdasarkan suku bunga KUR 2019 yaitu 7% per tahun. Nilai angsuran KUR yang sebenarnya bisa saja tidak sama walaupun selisih-nya tidak akan terlalu jauh dari table di atas.

Apa Saja Syarat Mengajukan KUR BRI Mikro?


Seperti yang sudah kamu ketahui, KUR (kredit Usaha Rakyat) adalah program dari pemerintah yang bertujuan untuk meningkatkan minat usaha dan sekaligus untuk menekan angka pengangguran. Program KUR ini disusun oleh pemerintah berikut dengan syarat dan ketentuannya. Baca syarat dan ketentuan Kur di sini!

Saya akan mencoba untuk menuliskan garis besar syarat dan ketentuan KUR BRI Mikro. Saya juga sudah melakukan research kecil-kecilan mengenai hal ini. Membaca beberapa forum tentang pengalaman Debitur yang berhasil dan gagal mengajukan KUR di bank BRI. Dari hasil research yang saya lakukan, baik bank BRI, Mandiri atau BNI masih belum bisa 100% memberikan produk KUR Mikro tanpa agunan walaupun menurut syarat dan ketentuan yang dimuat di situs pemerintah, menyatakan jenis KUR Mikro ini harusnya tanpa Jaminan. Tetapi, bank terkadang masih meminta jaminan berupa BPKB Motor.

Berikut ini adalah syarat KUR BRI Mikro:

  • Diajukan oleh Individu (perorangan)

  • Usia Usaha minimal 6 bulan

  • Tidak sedang menerima jenis kredit lain dari perbankan kecuali kredit konsumtif seperti KKR, KKB dan kartu kredit.

  • Memiliki berkas pendukung seperti KTP, Kartu Keluarga dan Suran Ijin Usaha

Yang dimaksud dengan individu adalah usaha yang dimiliki oleh perorangan atau mencakup semua jenis usaha mikro. Pengertian dan jenis-jenis usaha bisa kamu baca di wikipedia!

Untuk point yang kedua yaitu minimal usia usaha 6 bulan, saya rasa sudah cukup jelas. Untuk point yang ketiga juga sudah cukup jelas, yaitu tidak ada jenis pinjaman lain yang masih diansur di bank manapun kecuali Kredit perumahan, kredit kendaraan dan angsuran kartu kredit atau jenis kredit konsumsi lainnya.

Untuk point yang ke empat, dimana tertulis ada persyaratan SURAT IJIN USAHA, menurut pengalaman teman-teman yang sudah mengajukan KUR bisa diganti dengan surat keterangan usaha yang dibuat di kantor kelurahan dan kecamatan. Jadi, kamu harus mengambil surat pengantar dulu dari RT/RW kemudian baru ke kantor kelurahan.

KUR BRI Ritel (KUR Kecil)


Kamu mungkin sudah tahu yah, apa bedanya kur mikro dan kur kecil. Kalau dibedakan berdasarkan kriteria pinjaman dana-nya, kur kecil memiliki plafon yang lebih besar yaitu di atas 25 juta hingga 500 juta. Sedangkan perbedaan kriteria debitur-nya adalah kur kecil wajib agunan dan bisa diajukan oleh kelompok usaha.

Apa saja Persyaratan KUR BRI Kecil?

Berikut ini adalah syarat KUR BRI Ritel (KUR Kecil):

  • Bisa Diajukan oleh Individu (perorangan) atau Kelompok usaha

  • Usia Usaha minimal 6 bulan

  • Tidak sedang menerima jenis kredit lain dari perbankan kecuali kredit konsumtif seperti KKR, KKB dan kartu kredit.

  • Memiliki berkas pendukung seperti KTP, Kartu Keluarga, Suran Ijin Usaha, Surat-surat yang berhubungan dengan jaminan.
Selain kedua jenis KUR di atas, bank BRI juga memiliki KUR TKI dan KUR Khusus.

KUR TKI adalah jenis pinjaman untuk keperluan calon TKI yang akan berangkat untuk bekerja ke luar negeri sesuai dengan Negara tujuan penempatan nya. Plafon, bunga dan tenor KUR TKI sama dengan KUR Mikro, jadi kamu bisa menggunakan tabel angsuran kur bri di atas. Syarat pengajuan-nya memerlukan KTP, surat-surat yang berhubungan dengan penempatan kerja termasuk Visa dan passpor.

KUR Khusus kalau tidak salah baru diterbitkan tahun 2018 kemarin. Ini adalah jenis pinjaman untuk usaha tertentu seperti perikanan, pertanian dan peternakan.

Bagaimana Cara Mengajukan KUR BRI?


Pengajuan KUR di bank BRI dilakukan dengan cara mengunjungi langsung kantor cabang BRI terdekat. Berdasarkan pengalaman teman-teman yang mencoba mengajukan KUR, terkadang ada kantor cabang bank BRI yang kehabisan Kuota KUR. Dan bila itu terjadi, kamu bisa mencoba mengajukan KUR ke kantor cabang BRI atau bank Lainnya. Bila kamu mengajukan KUR ke kantor cabang, siapkan dokumen-dokumen pendukung KUR di atas.

Alternative lain, bila kantor cabang yang kamu kunjungi menyatakan kalau kuota KUR Habis adalah mencoba mengajukan KTA bank BRI. KTA bank BRI di sebut juga dengan Pinjaman Briguna, lihat Tabel KTA bank BRI si sini!

Dikutip dari Bisnis Tempo, untuk tahun 2019 ini pemerintah sudah menyiapkan dana KUR yang akan disalurkan ke masyarakat dengan angka yang cukup fantastis hingga 140 T.

Demikian informasi seputar tabel KUR BRI 2019, silahkan tuliskan komentar kamu di bawah! Bila informasi ini cukup bermanfaat, silahkan bagikan ke teman-temanmu melalui social media.