Syarat dan Cara Buka Rekening Bank Mandiri

Buka rekening bank Mandiri tidak harus di wilayah perda domisili ktp. Tetapi bisa juga di beda kota ktp. Syarat-nya kamu harus ke kantor kelurahan untuk minta surat keterangan domisili.

Atau, kalau tidak sempat ke kantor kelurahan kamu bisa meminta surat keterangan domisili kerja dari HRD. Kamu masuk ke ruangan Human Resources di kantor mu dan minta surat keterangan kerja dari Sana.

Artinya kamu bisa memilih salah satu antara surat keterangan dari kelurahan atau dari tempat bekerja.

Khusus untuk KTP Jakarta, kamu bisa membuka rekening bank Mandiri di kantor cabang mana pun di DKI jakarta. Walaupun kamu menggunakan KTP Jakarta Timur, tetapi kamu bisa juga buka rekening bank mandiri di Kantor Cabang yang ada di Jakarta Utara.

Buka rekening bank Mandiri tanpa NPWP, bisa Nga Yah? Ketentuan mengenai persyaratan NPWP untuk membuka rekening di bank manapun adalah peraturan dari pemerintah. Syarat dan ketentuan tersebut dimuat pada Peraturan Bank Indonesia No 3/10/PBI/2001 dimana dijelaskan bahwa Masyarakat yang sudah wajib NPWP harus menyertakan NPWP untuk membuka rekening tabungan.

Apa yang dimaksud dengan wajib NPWP atau Siapa saja yang termasuk wajib NPWP. Pembahasan mengenai siapa saja yang wajib pajak dijelaskan lebih lengkap di Forum Pajak, silahkan di baca! Inti-nya Orang yang wajib pajak adalah mereka yang memiliki pekerjaan dan penghasilan. Kalau kamu pelajar atau kuliah, dipastikan kamu tidak wajib pajak.

Kesimpulannya, Pelajar atau Mahasiswa, pensiunan atau Orang yang sudah tidak bekerja tidak diharuskan untuk menyertakan NPWP ketika membuka rekening.

Kalau di kantor cabang kamu diminta NPWP, bilang saja "saya belum wajib pajak!"

Memilih Jenis Rekening Bank Mandiri yang akan dibuka

Bank Mandiri tidak hanya memiliki 1 jenis rekening tabungan tetapi ada banyak jenisnya. Nama rekening bank mandiri yang paling populer adalah 'Mandiri Tabungan Rupiah'. Bila kamu melihat orang memegang kartu atm biru, gold atau platinum mandiri itu, kemungkinan besar itu adalah fasilitas dari tabungan Rupiah Mandiri tersebut.

Jadi, kali ini saya akan fokus untuk menjelaskan mengenai Mandiri Tabungan Rupiah Saja. Jenis tabungan ini, bisa dibuka oleh pelajar, mahasiswa atau pekerja dan orang tua.

Karena profesi-nya berbeda-beda, nanti saya akan bahas mengenai syarat buka rekening mandiri untuk berbagai jenis kalangan.

Informasi lengkap mengenai fasilitas dan fitur rekening mandiri tabungan rupiah sebenarnya sudah dituliskan di website bank mandiri. Di sini, saya berperan untuk menjelaskan lebih detail saja.

Dan saya juga sudah berpengalaman membuka rekening di bank mandiri. Jadi kamu tidak pasti akan menemukan informasi yang lengkap di sini. Oleh karena itu, pastikan untuk membaca sampai ke bawah!

Baca Cara membuat rekening yayasan di bank mandiri!

Syarat Buka Rekening Bank Mandiri Tabungan Rupiah


Kartu atm fasilitas dari rekeing bank mandiri





Rekening bank mandiri tabungan rupiah ini bisa dibuka oleh siapapun, baik pelajar, mahasiswa dan kalangan lain nya.

Berikut ini syarat buka rekening bank Mandiri Untuk Orang Yang Wajib Pajak:
  • KTP
  • NPWP atau Foto Copy Surat permohonan NPWP
  • Uang Setoran Awal Rp500.000
Berikut ini syarat buka rekening bank Mandiri Untuk Mahasiswa dan Pensiunan:
  • KTP
  • Uang Setoran Awal Rp500.000

Berikut ini syarat buka rekening bank Mandiri Untuk Pelajar:

  • KTP Orang tua
  • Kartu Pelajar atau Surat Keterangan dari Sekolah
  • Uang Setoran Awal Rp500.000
Khusus untuk syarat buka rekening bank mandiri kategori rekening perusahaan, yayasan, CV dan Badan usaha lainnya silahkan baca Cara buka rekening mandiri untuk yayasan! Di sana akan dijelaskan lebih lengkap mengenai dokumen yang dibutuhkan dan link untuk contoh dokumen tersebut. Untuk membuka rekening yayasan, kamu memerlukan setoran awal sebesar 1 juta.

Syarat untuk membuka rekening di bank mandiri tidak sulit kan ya? Hanya memerlukan 2 dokumen saja ditambah dengan uang setoran awalnya dan kamu sudah langsung memiliki rekening tabungan di bank Mandiri.

Selanjutnya, saya akan membahas mengenai cara membuka rekening di bank mandiri. Berikut ini penjelasannya!

Langkah-langkah buka rekening bank Mandiri

Ada dua cara untuk buka rekening di bank mandiri, yang pertama adalah pembukaan online dan yang kedua adalah pembukaan di kantor cabang.

Sebelumnya saya sudah pernah membahas mengenai pembukaan tabungan online. Sebenarnya pembukaan rekening tabungan di bank mandiri masih semi online, yang kamu lakukan online hanya pengisian formulir nya saja. Kamu tetap harus mengunjungi kantor cabang bank mandiri terdekat untuk menyerahkan dokumen persyaratan dan sekaligus untuk mengambil buku tabungan dan kartu atm nya.

Bila kamu lebih banyak waktu luang, saya lebih menyarankan supaya kamu langsung ke kantor cabang bank Mandiri. Bawa semua persyaratan dokumen yang sudah saya tuliskan di atas dan jangan lupa untuk membawa uang setoran awal. Persiapkan juga biaya pembuatan kartu atm nya! Aman nya, persiapkan paling tidak Rp550.000 dari rumah.

Kunjungi kantor cabang bank mandiri terdekat. Bila kantor cabang berada di luar kota domisili ktp, silahkan membawa surat keterangan domisili yang sudah saya jelaskan di bagian paling atas.

Setelah kamu sampai di Kantor cabang bank Mandiri, silahkan bertanya kepada security yang bertugas. Biasanya mereka lebih pandai untuk menjelaskan langkah-langkahnya dan disesuaikan dengan prosedur pada kantor cabang tersebut. Karena prosedur pembuatan rekening bisa saja berbeda di setiap cabang, seperti wajib nomor antrian, pengisian formulir dan lainnya.

Apa Yang Perlu Kamu Lakukan Di Kantor Cabang Mandiri?

Sebagai gambaran, supaya kamu lebih percaya diri, di bawah ini saya rangkum langkah-langkah pembuatan rekening tabungan di bank mandiri.


Berikut ini adalah cara buka rekening bank Mandiri
  1. Persiapkan berkas persyaratan
    Persiapkan KTP, NPWP (khusus yang sudah wajib NPWP), Kartu Pelajar dan surat persetujuan orang tua (khusus pelajar) dan uang setoran awal Rp500.000. Jangan lupa untuk membawa surat keterangan domisili bila beda kota KTP.
  2. Kunjungi kantor cabang bank Mandiri terdekat
    Kamu bisa membuka rekening tabungan mandiri di semua kantor cabang bank mandiri mulai dari jam 8 hingga jam 3 sore.
  3. Ambil nomor antrian CS
    Ambil nomor antrian CS setelah kamu sampai di kantor cabang atau sesuaikan dengan prosedur di kantor cabang mandiri yang kamu kunjungi!
  4. Lengkap Formulir permohonan rekening tabungan
    Ambil formulir permohonan rekening tabungan atau ikuti prosedur yang berlaku di kantor cabang mandiri yang kamu kunjungi
  5. Customer Service Bank Mandiri akan membantu mu
    Customer service dipastikan akan membantu sampai proses pembuatan rekening tabungan mu selesai. Jadi ikuti saja arahan dari CS yang bertugas
  6. Bawa Pulang Tabungan dan Kartu ATM Mandiri
    Proses pembuatan Rekening bank Mandiri sudah selesai.

Fasilitas Dari rekening bank Mandiri yang akan Kamu Dapatkan

Kamu akan diberikan buku tabungan dan Kartu ATM bank Mandiri. Bank Mandiri adalah salah satu bank besar di Indonesia dan saya yakin kamu sudah tahu mengenai hal itu. Menggunakan rekening tabungan dari bank mandiri akan mempermudah kamu untuk mengakses berbagai layanan perbankan.

Saat ini lebih dari 17.300 Mesin ATM bank mandiri telah tersebar di Indonesia. Selain itu, ada fasilitas ATM link yang juga bebas kamu gunakan tanpa takut dikenakan biaya-biaya yang tidak wajar.

Kantor cabang bank Mandiri juga sudah tersebar di seluruh Indonesia. Kamu bisa dengan mudah mendapatkan layanan perbankan baik melalui kantor cabang atau melalui mandiri call 14000 yang online 24 jam.

Memilih Platform Kartu ATM Mandiri Yang sesuai

Saat ini, bank mandiri mengeluarkan 2 jenis kartu ATM bila dibedakan berdasarkan platform-nya yaitu PGN dan Visa. Kartu PGN adalah produk Indonesia dengan akses penggunaan Lokal. Sementara Platform Visa adalah kartu ATM dengan akses international yang bisa dibawa kemana-mana. Dikutip dari media berita Indonesia (CNN INDONESIA) kelebihan kartu ATM GPN adalah bebas biaya ketika digunakan di mesin EDC dan hemat biaya-biaya lainnya hingga Rp1000 per bulan.

Sedangkan kartu ATM Mandiri Visa adalah jenis kartu yang mungkin paling sering kamu lihat. Mereka bisa digunakan dimana-mana dan biaya-biayanya juga mengikuti standard biaya transaksi perbankan pada umumnya seperti transfer antar bank Rp6.500. Free tarik tunai di ATM mandiri dan Link. Tarik tunai di ATM bank lain Rp6.500 dan lain-lain. Bila kamu yakin bahwa kamu memerlukan kartu ATM yang bisa dibawa ke luar negeri, maka kamu harus memilih kartu ATM Visa.

Memilih Tipe Kartu ATM Mandiri Yang Sesuai

Bank Mandiri memiliki tiga golongan kartu bila dibedakan berdasarkan limit harian transaksi. Yang paling penting untuk kamu ketahui adalah semakin besar limit biaya harian kartu ATM tersebut, maka akan semakin mahal biaya administrasi kartu ATM nya.

Kartu ATM di bank mandiri adalah kartu Silver, Gold dan Platinum. Ketiga golongan kartu ini tersedia dalam platform GPN atau Visa Card.

Bila kamu tidak membutuhkan kartu ATM dengan limit transaksi yang besar setiap hari, maka pilihan yang paling tepat adakah kartu ATM silver dengan limit pembayaran tagihan kartu kredit hingga 5 juta per hari, limit transfer antar bank hingga 10 juta per hari dan limit tarik tunai 10 juta per hari.

Atau silahkan untuk memilih kartu ATM gold/platinum apabila kebutuhan transaksi perbankan mu cukup besar setiap hari. Kamu juga bisa memilih kartu ATM mandiri bisnis untuk kebutuhan personal tetapi dengan syarat setoran awal minimal 1 juta rupiah dan saldo pada akhir bulan harus 10 juta rupiah.