Kartu ATM BRI Hijau: Cara Buat, Biaya, Limit

Kartu ATM BRI Hijau adalah kartu ATM BRI MasterCard Classic. Kartu ini merupakan fasilitas dari tabungan BRItama. ATM BRI hijau menggunakan jaringan MasterCard International dan diterima di hampir semua negara. Selain berfungsi sebagai kartu ATM, juga bisa digunakan sebagai kartu debit pra-bayar. Kartu ATM debit BRI bisa digunakan di semua merchant yang memiliki mesin EDC, baik mesin EDC BRI atau mesin EDC bank Lain yang support MasterCard. Kartu ATM BRI Hijau ini juga bisa digunakan di semua mesin ATM ber-logo MasterCard.

Modal untuk membuat kartu ATM BRI Classic yang bisa digunakan dimana-mana adalah Rp.250.000. Uang tersebut digunakan sebagai setoran awal dan diserahkan kepada CS yang memproses pembukaan tabungan nasabah di kantor cabang. Membuka rekening tabungan di bank BRI tidaklah sulit, kamu hanya memerlukan KTP dan Uang setoran saja.

Gambar Kartu ATM BRI Hijau


Cara Buat Rekening BRI Britama Classic


waktu yang dibutuhkan: 30 menit.
Berikut ini adalah Cara membuat kartu ATM BRI Classic:
  1. Berusia Minimal 17 Tahun
    Syarat untuk membuat kartu ATM BRI Classic adalah harus berusia minimal 17 Tahun
  2. Memiliki KTP dan NPWP
    Kamu tetap bisa membuka tabungan BRI BRITAMA ini walaupun tidak punya KTP dengan memberikan tanda tangan pada surat pernyataan tidak memiliki NPWP di kantor cabang BRI.
  3. Siapkan Uang Setoran Rp250.000
    Untuk membuka tabungan BRITAMA dengan kartu ATM BRI Classic hijau, kamu harus melakukan setoran awal minimal Rp.250.000. Bila kamu punya setoran Rp.500.000, kamu bisa membuat kartu ATM BRI Gold.
  4. Kunjungi cabang BRI
    Kunjungi Kantor cabang Bank BRI sesuai domisili KTP kamu. Apabila beda domisili, silahkan minta surat keterangan domisili dari kelurahan atau surat keterangan lokasi bekerja dari perusahaan.
  5. Ambil Nomor Antrian CS
    Setelah sampai di kantor cabang, silahkan ambil nomor antrian cs, kemudian ambil Formulir pembukaan tabungan BRITAMA atau tanyakan kepada security yang bertugas.
  6. Pembukaan Tabungan Oleh CS
    Kamu akan berhadapan dengan CS. CS akan memasukkan data perbankan kamu ke sistem BRI. Kemudian, menyerahkan buku tabungan BRITAMA dan kartu ATM debit classic. Selanjutnya, Cs akan menyuruh mu untuk membuat PIN di meja Teller.
  7. Bawa Pulang buku tabungan dan kartu ATM classic BRItama mu
    Proses pembuatan kartu ATM BRItama classic sudah selesai.

Rekening BRI BRITAMA Classic


Apakah kamu tahu apa perbedaan Kartu ATM BRI Hijau dan Gold? Kedua jenis kartu ATM tersebut adalah fasilitas dari rekening tabungan yang sama yaitu BRITAMA. Yang membedakan kedua jenis tabungan tersebut adalah limit transaksi dan biaya administrasi kartu ATM-nya. Perbedaan limit transaksi ATM BRI hijau dan Gold adalah sekitar 1 berbanding 2. Sementara perbedaan iuran kartu ATM nya adalah 4.500 lebih murah ATM BRI hijau.

Tabungan BRITAMA ini, memiliki beberapa keuntungan seperti gratis asuransi kecelakaan diri dengan syarat saldo minimum Rp500.000 pada saat kejadian. Jaminan perlindungan yang diberikan berupa Uang pertanggungan sebesar 250% dari saldo tabungan dan maksimal Rp150.000.000.


Tabungan BRITAMA ini bisa mengakses semua channel bank BRI termasuk ebanking seperti sms banking, IB BRI dan BRI Mobile. Transaksi kartu ATM meliputi pengecekan informasi tabungan melalui mesin ATM, penarikan tunai, setor tunai, transfer sesama dan antar bank, pembelian, top up dan pembayaran melalui mesin ATM. Sementara fitur kartu debit meliputi pembayaran perbelanjaan, top up dan penarikan tunai di beberapa Store seperti di Indomaret.

Karena ini adalah jenis tabungan paling populer di bank BRI, jadi tidak mengherankan bila terkadang kantor cabang BRI tertentu kehabisan kartu ATM BRItama. Bila kamu mengalami kejadian tersebut, silahkan kunjungi kembali kantor cabang tersebut beberapa hari kemudian.

Bunga Tabungan BRI Kartu ATM Hijau


Suku bunga tabungan BRItama BRI dimulai dari 0.70% dan paling besar adalah 1.90%. Tabungan yang mendapat bunga adalah tabungan yang memiliki saldo rata-rata harian 1 juta ke atas. Berikut ini adalah tabel suku bunga tabungan BRITAMA:

Rata-rata SaldoSuku Bunga
Rp0 - < 1 juta0%
1 juta - <50 juta0.70%
50 juta - < 500 juta0.85%
500 juta - < 1 Milyar1.10%
1 Milyar ke atas1.90%


Biaya Rekening Tabungan BRITAMA Classic

Bila dibandingkan dengan jenis tabungan di bank lain yang memberikan fasilitas yang sama, biaya-biaya tabungan BRI BRItama terbilang cukup murah. Dan syarat minimum setoran awal-nya pun adalah yang paling murah. Untuk mendapatkan fasilitas tabungan yang sama di beberapa bank lain memerlukan setoran awal sebesar Rp500.000.

Berikut ini adalah biaya-biaya tabungan BRITAMA Classic:
  • Setoran Awal Rp250.000
  • Biaya Administrasi rekening BRItama setiap bulan adalah bila saldo dibawah 10 juta Rp11.000 dan Rp12.000 bila saldo diatas 10 juta.
  • Biaya administrasi kartu ATM BRI Hijau setiap Bulan adalah Rp6.500
  • Saldo Minimum Kartu ATM BRI Hijau adalah Rp50.000
  • Tidak ada denda apabila saldo dibawah minimum
  • Gratis biaya pergantian buku tabungan yang penuh
  • Biaya pergantian buku tabungan BRItama kalau rusak Rp25.000
  • Biaya penutupan tabungan BRItama Rp25.000

KARTU ATM BRI HIJAU

Nama dari kartu ATM BRI ini adalah kartu Prabayar BRI MasterCard classic. Tetapi, karena warna kartunya berwarna hijau, banyak nasabah yang menyebutnya 'ATM BRI HIJAU'.

Kartu ATM BRI Hijau sangatlah berbeda dengan kartu ATM BRI Biru fasilitas dari tabungan simpedes. Walaupun limit transaksi kedua jenis kartu ini hampir sama, tetapi akses transaksi lebih luas untuk kartu ATM BRItama hijau. Pasalnya, BRI Biru dari tabungan simpedes adalah kartu private label yang hanya bisa digunakan di mesin EDC BRI. Sementara, kartu ATM Hijau bisa digunakan di semua mesin edc yang support MasterCard.

Limit ATM BRI HIJAU

Limit ATM BRI hijau hampir sama dengan limit ATM BRI simpedes. Berikut ini adalah limit ATM BRI hijau per hari:
  • Limit Transfer sesama BRI Rp50.000.000
  • Limit Transfer antar Bank Rp10.000.000
  • Limit Tarik Tunai di ATM Rp5.000.000
  • Limit belanja pakai PIN Rp10.000.000
  • Limit Belanja pakai Tanda Tangan Rp2.000.000
  • Limit transfer sesama BRI via Mobile banking Rp1.000.000
  • Limit transfer antar bank via Mobile Banking Rp1.000.000
  • Limit transfer sesama BRI via internet banking Rp1.000.000.000
  • Limit ransfer antar bank via internet Banking Rp15.000.000
Selain Kartu atm BRI Hijau, Jenis kartu atm BRI Lainnya ATM BRI Biru, ATM BRI MasterCard Gold dan ATM BRI Premium. Cara membuat Kartu atm BRI yang murah setoran awalnya adalah tabungan Simpedes dan BRITAMA MUDA dengan setoran awal Rp.100.000.