Cara Pembayaran Kartu Kredit Tambahan (semua bank)

Cara pembayaran kartu kredit tambahan bisa dengan menggunakan nomor kartu kredit utama. Bayarkan saja seluruh total tagihan yang tertulis di lembar tagihan atau sesuai minimum tagihan untuk seluruh kartu kredit nya.

Saya pernah mendengar komplain dari pemegang kartu kredit tambahan. Beliau marah karena uang yang dibayarkan di kartu kredit tambahan ternyata malah membayarkan pemakaian di kartu kredit utama.

Ternyata pemegang kartu kredit utama dan pemegang kartu kredit tambahan bukan keluarga. Tetapi bertetangga. Artinya, Urusan finansial mereka tidak tidak saling berhubungan. Mungkin pemegang kartu kredit utama berkata seperti ini, "Bu, saya punya 2 kartu kredit, kalau ibu mau pakai 1 boleh. Tapi harus dibayar ya Bu!"

Tidak boleh begitu! Kartu Kredit tambahan adalah cloning-an kartu kredit utama.

Limit yang digunakan di kartu kredit tambahan sebenarnya adalah limit kartu kredit utama. Ini sama seperti buku tabungan yang punya 2 kartu atm tapi dalam satu rekening.

Kedua kartu kredit tersebut, baik kartu utama dan kartu tambahan saling terhubung. Bila kartu kredit utama menggunakan kartu, maka sisa limit di kartu tambahan juga akan berkurang. Bila kartu kredit tambahan menggunakan kartu, maka sisa limit di kartu kredit utama akan berkurang juga.

Sama halnya dengan pembayaran. Bila kartu kredit tambahan membayarkan tagihan, maka sisa limit di kartu kredit utama akan bertambah juga.
Kartu kredit tambahan tidak bisa diberikan kepada orang yang kebutuhan finansial-nya bukan tanggung jawab mu

Pembayaran kartu kredit Tambahan, Kok yang lunas pemakaian kartu utama?


Fasilitas kartu kredit tambahan sebenarnya adalah fasilitas kartu kredit untuk anggota keluarga. Misalkan Bapak memberikan kartu untuk digunakan anak-nya. Bapak memberikan kartu untuk digunakan IBU. Baik anak atau Ibu adalah dua orang yang kebutuhan finansial-nya masih bergantung kepada Bapak.


Namun, ada kasus dimana seorang ibu memberikan kartu kredit tambahan kepada temannya. Ia berpikir kalau kartu kredit utama dan kartu kredit tambahan itu adalah dua sistem. Jadi, kalau nanti pemegang kartu kredit tambahan (teman nya) sudah berbelanja, ia bisa membayarkan tagihan nya sendiri dengan menggunakan nomor kartu-nya sendiri (yaitu nomor kartu kredit tambahan tersebut). Ini adalah pemahaman yang salah.

Bila tagihan di kartu kredit utama belum dibayar, maka pembayaran yang dilakukan dengan menggunakan nomor kartu kredit tambahan. Akan terlebih dahulu melunasi tagihan di kartu kredit utama. Sampai lunas paling tidak minimum tagihan nya (10% dari tagihan kartu kredit utama).


Bila minimum tagihan di kartu kredit utama sudah terbayar. Maka sisa dana akan digunakan untuk membayarkan tagihan di kartu kredit tambahan. Bila minimum tagihan di kartu kredit tambahan sudah lunas, sisanya akan digunakan untuk membayar sisa tagihan di kartu kredit utama dan begitu seterusnya.

Jadi Bagaimana Cara pembayaran kartu kredit tambahan?



Pembayaran yang dilakukan menggunakan nomor kartu kredit tambahan akan mengurangi pemakaian kartu utama terlebih dahulu


Tagihan di kartu kredit tambahan adalah tagihan si pemegang kartu kredit utama. Jadi Cara pembayaran kartu kredit tambahan bisa dibayarkan dengan menggunakan nomor kartu kredit utama sebesar total tagihan yang muncul di lembar tagihan untuk pemakaian kartu utama dan semua kartu kredit tambahan-nya. 

Atau bisa juga seluruh tagihan di kartu kredit utama dibayarkan dengan menggunakan nomor kartu kredit tambahan. Karena sistem secara otomatis akan mengurangi pemakaian di kartu kredit utama dulu.

Misalkan pemakaian kartu kredit utama adalah 1 juta dengan minimum pembayaran 100.000. Kemudian, pemakaian di kartu kredit tambahan adalah 900.000 dengan minimum pembayaran 90 ribu.

Bila pemegang kartu kredit tambahan langsung membayar total tagihan-nya sebesar 900.000. Pembayaran tersebut akan melunasi tagihan kartu utama dulu sebesar 100.000. Artinya sisa dana pembayaran masih ada 800.000. Kemudian, dana tersebut akan mengurangi tagihan minimum kartu tambahan sebesar 90.000. Sisa dana tinggal 710.000. Dana yang 710.000 tersebut seluruhnya akan digunakan untuk membayarkan tagihan kartu kredit utama.

Kesimpulan- Pembayaran Kartu Kredit Tambahan

  • kamu Tidak bisa bayar minimum tagihan kartu kredit tambahan selama minimum tagihan kartu kredit utama belum terbayar.
  • Tagihan kartu kredit tambahan tidak bisa lunas, selama tagihan di kartu kredit utama belum lunas.
  • Pembayaran tagihan kartu kredit tambahan bisa dibayarkan dengan menggunakan nomor kartu kredit utama
  • Pembayaran yang dilakukan dengan menggunakan nomor kartu kredit tambahan akan selalu mengurangi pemakaian di kartu kredit utama terlebih dahulu.

Demikian Informasi mengenai Cara pembayaran kartu kredit tambahan semoga bermanfaat. Tinggalkan komentar - mu di bawah ini. Dan apabila artikel ini cukup bermanfaat, silahkan bagikan ke sosial media-mu. Terimakasih dan sukses selalu.