Cara Mengubah Tagihan Kartu Kredit Bank Mega Menjadi Cicilan


Ubah tagihan kartu kredit bank mega menjadi cicilan berbeda dengan transaksi dijadikan cicilan. Ubah total tagihan kartu kredit bank mega yang sudah cetak menjadi cicilan tetap dengan bunga yang lebih ringan. Proses perubahan tagihan yang sudah cetak menjadi cicilan disebut dengan istilah balance conversion atau balcon di bank mega.





Manfaat dari program ini adalah untuk mengecilkan suku bunga. Seperti kamu ketahui kalau bunga reguler kartu kredit bila dibayarkan minimum adalah 2.25% dan perhitungannya menggunakan jumlah hari. Sementara, Bunga tagihan yang dijadikan cicilan di bank mega adalah mulai dari 1.25% sampai 1.50% tergantung lama tenor cicilan yang diminta oleh pemegang kartu kredit.





Fasilitas perubahan total tagihan menjadi cicilan ini bisa membantu kamu untuk menyelesaikan masalah kartu kredit juga. Dengan mengubah total tagihan menjadi cicilan, kamu bisa mengetahui dengan pasti kapan cicilan itu akan selesai sesuai lama tenor yang kamu pilih.





Syarat dan ketentuan Tagihan dijadikan cicilan






Tidak semua nominal yang cetak pada lembar tagihan KARTU KREDIT BANK MEGA akan diubah menjadi cicilan. Yang bisa diubah menjadi cicilan adalah total tagihan dari perbelanjaan dan bill payment. Sementara nominal tagihan yang berasal dari tarik tunai, biaya-biaya dan denda tidak bisa dijadikan cicilan.





Misalkan bila tagihan kartu kredit mu adalah 5 juta. Dalam tagihan lima juga tersebut terdapat rincian transaksi seperti Cash Advance 1 juta, bunga 100 ribu, biaya tarik tunai 100.000, biaya materai 6000. Maka yang bisa dijadikan cicilan adalah 5 juta dikurangi nominal tarik tunai dan biaya-biaya lainnya. Call center akan membantu kamu untuk menghitungkan berapa total tagihan yang bisa dijadikan cicilan.





Bunga dan Tenor Tagihan jadi cicilan Kartu Kredit bank Mega





Bank Mega memberikan tenor yang fleksibel mulai dari 3 bulan, 6 bulan, 12 bulan hingga 48 bulan. Jadi kamu bisa memilih tenor sesuai dengan kemampuan bayar kamu. Semakin lama tenor cicilan yang kamu pilih, maka dipastikan semakin kecil juga angsuran-mu per bulan. Tenor yang tersedia tergantung nominal tagihan yang akan kamu jadikan cicilan, call center dipastikan akan membantu kamu.





Bunga cicilan tagihan kartu kredit bank mega tidak terlalu besar bila dibandingkan dengan bunga 2.25% bila bayar minimum. Berikut ini adalah tabel bunga tagihan jadi cicilan:





Tenor Tagihan jadi CicilanSuku Bunga
3 Bulan1.50%
6 Bulan1.33%
12 Bulan1.25%
18 Bulan 1.25%
24 Bulan1.25%
36 Bulan1.25%
48 Bulan1.25%




Contoh 1 perhitungan angsuran





  • Total tagihan yang cetak 2.000.000
  • Pada rincian ada bunga 20.000(misalkan)
  • Materai 3000
  • Maka Pokok Balcon adalah 1.977.000
  • Dicicil 3 bulan
  • Bunga 1.50%
  • Cari angsuran?
  • 1.997.000/3 = 665.667
  • 1997000 x 1.50 = 29.995
  • Maka Angsuran per bulan = 695.662




Contoh 2 perhitungan angsuran





  • Total Balcon 10 juta
  • Tenor 24 bulan
  • Bunga 1.25%
  • Cari Angsuran?
  • 10 juta/24 bulan = 416.667
  • 10 juta x 1.25% = 125.000
  • Angsuran per bulan = Rp.541.667




Cara Mengubah Tagihan jadi Cicilan





Berikut ini adalah langkah-langkah mengubah tagihan kartu kredit bank mega menajdi cicilan tetap:

  1. Hubungi Call Center Bank Mega

    Hubungi call center bank Mega di Nomor 60010 melalui handphone atau 1500010 melalui telephone

  2. Ikuti Verifikasi

    Jawab semua verifikasi data dengan benar dan Informasikan kalau kamu mau mengubah tagihan yang sudah cetak menjadi cicilan atau Balance Conversion.

  3. Pemeriksaan data

    CS akan melakukan pemeriksaan data dan menghitungkan berapa total tagihan yang bisa dijadikan cicilan.

  4. Pilih Tenor

    Cs akan konfirmasi mengenai jumlah tagihan yang bisa dijadikan cicilan. Tentukan nominal yang mau dijadikan cicilan dan pilih tenor cicilan!

  5. Angsuran Pertama

    Cicilan pertama akan ditagih-kan pada tanggal cetak terdekat.





Tips Ubah Total tagihan kartu kredit bank mega menjadi cicilan.





Setelah tagihan diubah menjadi cicilan, bayarlah total tagihan, jangan bayar minimum lagi. Karena kalau bayar minimum maka akan dibungakan lagi 2.25%.





Total tagihan yang sudah dijadikan cicilan jangan terlambat dibayar karena akan dikenakan denda keterlambatan.





Denda overlimit sebesar Rp.200.000 dan itu sangat lumayan. Selalu sisakan pagu kredit mu untuk mengantisipasi munculnya biaya supaya tidak overlimit. Bila kartu-mu sepertinya sudah overlimit, segera bayarkan dari ATM sebelum tanggal cetak.





Satu lagi, jangan tarik tunai di ATM dan alihkan pengiriman tagihan mu melalui email. Bila belum punya rekening bank Mega silahkan buka rekening supaya biaya bayar-nya murah. Bayar dari bank lain bisa dikenakan biaya sampai 10.000 per transaksi dan itu sangat lumayan.





Demikian cara mengubah tagihan kartu kredit bank mega yang sudah cetak menjadi cicilan tetap. Tuliskan komentar mu di bawah ini. Apabila artikel ini cukup bermanfaat, biarkan teman-teman mu mengetahuinya, bagikan ke Facebook atau twitter mu!





SELANJUTNYA! TRANSFER UANG DARI KARTU KREDIT BANK MEGA