Cara Bayar BPJS Ketenagakerjaan Via ATM BCA

Cara Bayar BPJS Ketenagakerjaan di atm BCA sangat mudah. Kamu bisa melihat tutorial ini. Langkah demi langkah melakukan pembayaran yang dilengkapi dengan gambar atm BCA langsung. Hanya 9 Langkah saja dan pembayaran BPJS ketenagakerjaan-mu akan selesai.

Bayar BPJS melalui atm BCA bisa langsung bayar dalam beberapa bulan. Kamu bisa membayar 3 bulan, 6 bulan dan juga 12 bulan. Mungkin lebih efisien bila kamu bayar per 3 bulan untuk menghindari denda keterlambatan karena lupa bayar bpjs.

Langkah-langkah Bayar BPJS Ketenagakerjaan via ATM BCA

Seperti kamu ketahui bila terlambat bayar bpjs ketenagakerjaan akan dikenakan denda 2% dari nominal pembayaran. Jadi jangan sampai telat supaya tidak rugi. Bayarkan sekarang dan ikuti  langkah-langkah pembayarannya berikut ini!


Time needed: 10 minutes.
Cara Bayar BPJS Ketenagakerjaan Via ATM BCA
  1. Masukkan Kartu atm BCA
    Masukkan Kartu atm BCA dan Pin Kartu Atm BCA-mu!
  2. Pilih Transaksi Lainnya
    Pada layar pertama, pilih Transaksi lainnya!
  3. Pilih 'Pembayaran'!
    Pada Layar kedua pilih menu Pembayaran!
  4. Pilih 'Layar Berikutnya'!
    Pada Layar ke-tiga pilih layar berikutnya!
  5. Pilih 'BPJS"
    Akan muncul pilihan BPJS- Pilih menu tersebut! 
  6. Pilih 'Ketenagakerjaan Individual'
    Layar berikutnya akan memunculkan 2 opsi pembayaran bpjs. Pilih Ketenagakerjaan individual!
  7. Masukkan nomor KTP
    Layar atm akan meminta mu untuk memasukkan 16 digit nomor NIK. Silahkan masukkan nomor ktp-mu dan tekan benar!
  8. Masukkan mau bayar berapa bulan
    Masukkan periode pembayaran berapa bulan (misalkan 01 untuk 1 bulan saja, 06 untuk 6 bulan atau 12 untuk 12 bulan) tekan benar!
  9. Konfirmasi pembayaran
    Layar akan menampilkan rincian pembayaran seperti nama peserta bpjs ketenagakerjaan dan jumlah pembayaran. Pastikan datanya sudah benar. Kemudian, tekan benar!


Pembayaran bpjs ketenagakerjaan via atm BCA sudah selesai. Mesin atm akan mengeluarkan struk pembayaran. Ambil dan simpan struk tersebut sebagai bukti pembayaran yang sah.

Batas Pembayaran BPJS Ketenagakerjaan dan Denda-nya

Jatuh tempo pembayaran iuran BPJS Ketenagakerjaan diatur dalam peraturan perundangan. Dalam peraturan tersebut dinyatakan bahwa jatuh tempo pembayaran BPJS Ketenagakerjaan setiap bulan adalah setiap tanggal 15. Dan apabila sampai batas waktu tersebut, Iuran bpjs belum juga dibayarkan maka akan dikenakan denda. Besar denda keterlambatan pembayaran iuran BPJS Ketenagakerjaan adalah 2% dari nominal tagihan yang yang terlambat.

Jadi supaya tidak dikenakan denda, pastikan untuk melakukan pembayaran iuran bpjs ketenagakerjaan melalui atm BCA sebelum tanggal 15 setiap bulan. Pembayaran iuran BPJS tidak hanya bisa dilakukan melalui atm BCA. Tetapi bisa juga dilakukan melalui atm bank lain, cek cara bayar bpjs ketenagakerjaan di atm Mandiri, BNI dan BRI.

Sebagai nasabah bank BCA, apakah kamu sudah tahu apa saja jenis-jenis atm di bank BCA. Demikian informasi singkat mengenai cara bayar iuran bpjs ketenagakerjaan melalui atm bank BCA. Tuliskan komentarmu dan bagikan tulisan ini ke social media yang kamu ikui apabila cukup bermanfaat. Tetap semangat dan tetap bahagia!