7 Cara Menggunakan Kartu Kredit Supaya Tidak Rugi

Ini tips cara Menggunakan kartu kredit supaya menguntungkan. Kalau ada orang yang bilang rugi, itu pasti karena belum tahu caranya saja. Punya kartu kredit bukan berarti harus berutang. Pakai 20 Ribu dan bayar 20 ribu. Gunakan semua fasilitas gratis nya.

7 Cara Menggunakan Kartu Kredit Supaya Tidak Rugi
  1. Transaksi di Merchant yang Punya Promo Diskon
    Pilih Toko yang sedang ada promo diskon atau cashback!
  2. Selalu Bayar Full
    Bayar Minimum akan mengakibatkan munculnya bunga.
  3. Bayar kartu kredit On Us dan Jangan Via Teller
    Jangan bayar di atm bank lain atau Internet banking bank lain!
  4. Jangan Tarik Tunai di ATM atau di Kantor Cabang Pakai Kartu Kredit!
    Jangan tarik tunai karena biaya dan bunganya mahal.
  5. Stop Tagihan Via Kurir
    Pengiriman tagihan via email gratis
  6. Pertimbangkan menggunakan fasilitas Bill Payment
    Pilih bill payment yang tanpa biaya pendebitan!
  7. Evaluasi penggunaan Direct Debit
    Evaluasi ulang apakah pembayaran otomatis lebih menguntungkan atau merugikan.

Transaksi di Merchant yang Punya Promo Diskon

Cara menggunakan kartu kredit yang pertama supaya tidak rugi. Misalnya, kartu kredit bank Mega Carrefour atau BCA Indomaret, Mandiri Hypermart. Kartu-kredit ini memiliki program cashback atau harga khusus apabila dipakai pada store-nya masing-masing. Bila orang lain membeli sebuah produk dengan harga Rp.100.000, kamu mendapatkan produk tersebut dengan harga 80 ribu atau 90 ribu.

Jangan karena sudah punya kartu kredit, dimanapun ingin berbelanja. Ketika kamu berbelanja, pastikan kamu punya uang yang cukup untuk membayarkan-nya setelah tagihan cetak. Jangan tergiur dengan cicilan 0%. Jangan karena sebuah produk TV sedang dijual dengan promo cicilan 0%, kamu langsung mau mengganti TV di rumah. Pakailah kartu kredit layaknya uang cash, hanya untuk produk-produk yang memang diperlukan.

Selalu Bayar Full

Cara menggunakan kartu kredit supaya tidak rugi yang kedua adalah selalu bayar tagihan kartu kredit dengan pembayaran full.

Jangan bayar minimum! Kalau bayar minimum dipastikan kamu akan rugi walaupun ada diskon dimana-mana. Bila saat ini kamu masih bayar minimum, pikirkanlah bagaimana cara melunasi tagihan mu dan memulai kembali dari awal dengan pemakaian yang lebih teratur.

Bayar tagihan kartu kredit dengan minimum pembayaran akan mengakibatkan munculnya bunga sebesar 2.25%. Bila tagihan kartu kredit mu 4 jutaan, setiap bulan kamu bisa mendapatkan bunga sekitar 70 hingga 80 ribuan.

Berbeda bila kamu bayar Full, tidak akan ada biaya tambahan apapun. Kecuali biaya materai sekitar Rp.6000 atau Rp.3000 per bulan. Oleh karena itu, pastikan uangmu cukup untuk bayar sebelum ber transaksi.

Bayar kartu kredit On Us dan Jangan Via Teller

Bayar on us adalah bayar kartu kredit bank A di atm atau ebanking bank A tersebut. Bila kamu punya kartu kredit di bank BRI atau di bank Lainnya, pastikan kamu punya tabungan di bank tersebut. Karena kamu memerlukan kartu atm-nya atau ebanking-nya untuk melakukan pembayaran. Melakukan pembayaran dari atm bank lain bisa dikenakan biaya 6500 hingga 10 ribu per transaksi. Tetapi bila kamu bayar kartu kredit bank mandiri dari atm mandiri, atau bank mega dari atm bank mega, maka kamu tidak akan ditagihkan biaya tambahan.

Dan yang sangat penting adalah jangan pernah membayar kartu kredit melalui teller karena itu biayanya sangat mahal.

Bila saat ini, kamu menggunakan kartu kredit dari sebuah bank dimana kamu tidak punya rekening nya, maka pertimbangkan untuk segera buka tabungan di bank tersebut. Mungkin terdengar kecil Rp.7500. tetapi kalau kali setahun, lima tahun, itu sangat lumayan.

Cara Menggunakan kartu kredit - Jangan tarik tunai!

Oh no! Tarik tunai menggunakan kartu kredit adalah hal yang paling mudah untuk dilakukan. Tapi sangat berpotensi memiskinkan. Saat sudah menjelang tanggal gajian, rasanya ingin sekali tarik tunai di atm. Tarik tunai Rp.50.000 dan biayanya 200% karena ada bank yang biaya tarik tunai nya 6% dengan minimal Rp.100.000. Misalkan tarik tunai Rp.100.000 dan biayanya Rp.100.000 juga.

Selain dikenakan biaya, kamu juga akan dikenakan bunga walaupun tagihan nya kamu bayar penuh. Prosedur penagihan bunga transaksi perbelanjaan biasa (retail) beda dengan bunga tarik tunai. Bunga tarik tunai akan langsung berjalan per hari transaksi itu ter posting di bank. Bila kamu tarik tunai hari ini di mesin atm Mandiri dengan menggunakan kartu kredit mandiri, maka transaksi itu akan langsung ter posting dan bunganya langsung berjalan.

Jangan Gunakan layanan Pengiriman tagihan Via Kurir

2 Tahun yang lalu bank tidak menagih kan biaya percetakan tagihan. Tetapi, tahun-tahun ini, semua bank penerbit kartu kredit mulai menagih kan biaya percetakan tagihan mulai dari 10 ribu hingga 15 ribu. Jadi stop pengiriman tagihan via kurir dan alihkan ke email.

Pengiriman tagihan ke email adalah gratis. Kirim tagihan ke email memiliki lebih banyak keuntungan daripada dikirim ke alamat rumah atau kantor. Lagi-pula tidak enak juga bila setiap bulan ada tagihan berwujud kertas, di dalam amplop, datangnya dari bank, diantar ke rumah atau kantor.

Bila kamu masih menggunakan jasa kurir untuk pengiriman tagihan, hentikan! dan minta dikirimkan ke alamat email.

Pertimbangkan menggunakan fasilitas Bill Payment

Tips berikutnya cara menggunakan kartu kredit supaya tidak rugi adalah pemanfaatan fasilitas bill payment. Bila kamu masih menggunakan listrik non-token. Atau kamu memiliki jenis tagihan tetap setiap bulan, misalkan air, tv, handphone. Pertimbangkan untuk menggunakan fasilitas bill payment. Misalkan untuk pembayaran air manual dari mesin atm, kamu membayarkan biaya pembayarannya Rp.6500 yang diambil langsung dari rekening tabungan mu. Kalau kartu kredit bisa melakukan hal tersebut tanpa biaya secara otomatis, kenapa tidak?

Ada juga jenis bill payment yang punya biaya, biasanya sekitar 3500 hingga 5000. Tetapi, itu masih lebih untung Rp.1500 daripada bayar manual. Sebelum, mendaftarkan bill payment, coba tanyakan ke CS apakah ada biaya pendebitan-nya setiap bulan. Bila lebih besar dari biaya pembayaran manual, maka bayar manual saja. Tetapi bila gratis, silahkan alihkan pembayaran ke kartu kredit.

Evaluasi penggunaan Direct Debit

Menggunakan fasilitas kartu kredit Direct debit adalah pembayaran otomatis kartu kredit setiap bulan. Biasanya, kamu bisa memilih apakah auto bayar minimum atau full payment. Penggunaan Direct debit bisa merugikan tetapi bisa juga menguntungkan. Penggunaan direct debit bertujuan untuk mengurangi resiko telat bayar karena lupa atau karena sudah kehabisan uang.

Direct debit juga punya resiko lain, kamu akan dikenakan biaya yang cukup besar apabila terjadi kegagalan pendebitan. Selain itu, pastikan kembali berapa biaya pendebitan yang diambil oleh bank setiap kali mereka men-debit otomatis pembayaran tagihan kartu kredit mu.

Kesimpulan

Bila kamu bisa mengikuti cara menggunakan kartu kredit ini, maka dipastikan kartu kredit akan menguntungkan. Tetapi bila tidak, kartu kredit akan terasa seperti mempermudah segala sesuatu untuk sementara waktu, tetapi lama kelamaan akan merugikan. Oleh karena itu, evaluasi kembali cara menggunakan kartu kredit mu. Ubah kebiasaan jelek yang sepertinya telah banyak merugikan, dan lakukan hal-hal di atas. Kecuali uang Rp.6500 tidak terlalu masalah buat mu.