6 Cara Bayar Kartu Kredit Yang Bisa Dilakukan Semua Bank

Masih bingung bagaimana cara bayar kartu kredit dari ATM bank lain. Nama bank Penerbit tidak muncul pada menu pembayaran di ATM Bank Lain. Atau, kesal karena biaya pembayaran kartu kredit antar bank yang bekerja sama ternyata lebih mahal?

Tenang saja, kali ini saya akan membahas 6 trik melakukan pembayaran kartu kredit yang pasti bisa dilakukan untuk semua bank penerbit kartu kredit. 6 Cara bayar kartu  kredit ini sudah saya urutkan mulai dari yang paling secured, hemat dan paling mudah.

Cara Bayar Kartu Kredit dengan Metode Direct Debit


Direct Debit adalah metode pembayaran kartu kredit otomatis setiap bulan. Beberapa bank menyebutnya dengan istilah AUTO PAYMENT. Direct debit sebenarnya adalah metode pembayaran yang paling secured. Mengurangi resiko denda keterlambatan bila lupa bayar.

Pembayaran kartu kredit dengan pendebitan rekening tabungan otomatis setiap bulan, memiliki resiko yang lebih kecil bila dibandingkan dengan pembayaran manual.

Direct debit itu ada dua pilihannya. Kamu bisa memilih full payment direct debit atau minimum payment direct debit. Saya sendiri lebih merekomendasikan untuk full payment bila penghasilan mu setiap bulan cukup stabil.

Tetapi, bila kamu tidak yakin. Kamu bisa memilih minimum payment direct debit. Kamu tetap bisa melakukan pembayaran manual walaupun sudah terdaftar direct debit. Misalkan, kamu bayar otomatis sebesar minimum payment setiap bulan, sisanya bisa kamu tambah dengan pembayaran manual.

Bagaimana Cara mendaftarkan Direct Debit?

Cara yang paling mudah adalah mengunjungi kantor cabang. Dan isi formulir direct debit. Pendaftaran kemungkinan tidak bisa diproses melalui call center. Tetapi, saya juga tidak tahu prosedur semua bank. Jadi, bila kamu menghubungi call center bank mu. Silahkan ditanyakan, apakah bisa mendaftar via telephone. Setahu saya, direct debit wajib menggunakan formulir dan tanda tangan persetujuan.


Pay On Us


Ini adalah cara bayar kartu kredit kedua yang paling saya sarankan. Pay On Us adalah metode pembayaran kartu kredit dengan menggunakan channel bank penerbit kartu kredit tersebut (selain teller). Misalkan pembayaran kartu kredit bank Sinarmas melalui atm Sinarmas, pembayaran kartu kredit BCA melalui mBCA.

Pembayaran Pay On us adalah pembayaran yang benar-benar bisa dijamin gratis dan pembayaran langsung masuk tanpa kliring. Bisa hemat Rp6.500 setiap bulan juga sudah lumayan. Sekalian untuk nabung, punya dua rekening itu bagus menurut saya.

Buat rekening itu sudah tidak susah. Sekarang kamu sudah bisa buka rekening di beberapa bank secara Online. Ke kantor cabang tinggal mengambil buku tabungan dan atm-nya saja.

Jadi, bila kamu belum punya rekening tabungan di bank yang menerbitkan kartu kredit mu. pertimbangkan untuk secepatnya buka rekening di bank tersebut. Supaya kamu bisa bayar kartu kredit dari bank mereka.


Transfer Antar Bank

Tidak semua bank saling bekerja sama untuk urusan pembayaran kartu kredit. Beberapa bank bahkan terlihat bersaing dalam hal ini. Misalkan pembayaran kartu kredit bank Mandiri dari atm bank Lain. Kamu akan kesulitan untuk menemukan nama bank mandiri di menu pembayaran atm bank Lain. Tetapi jangan khawatir. 16 Digit nomor kartu kredit kita bisa berfungsi layaknya nomor rekening tabungan.

Artinya, kamu bisa melakukan pembayaran kartu kredit dengan menggunakan menu transfer antar bank di atm. Misalkan pembayaran kartu kredit bank mandiri dari atm BCA.

Hanya saja, saya sendiri belum bisa memastikan. Apakah biaya transfer antar bank untuk pembayaran kartu kredit sama dengan biaya transfer antar bank tujuan rekening tabungan. Saya sudah melakukan research kecil-kecilan mengenai hal ini.

Menurut bank BRI, biaya pembayaran kartu kredit bank BRI Melalui atm bank lain dengan menggunakan menu transfer adalah Rp6.500. Sedangkan kebanyakan penerbit kartu kredit lainnya hanya menginformasikan 'sesuai dengan ketentuan bank pemilik mesin atm dan rekening yang digunakan'. Tetapi, kemungkinan besar biayanya adalah sama saja yaitu sekitar Rp6.500. Sedangkan biaya pembayaran kartu kredit Bukopin melalui menu transfer dari atm bersama adalah Rp3.500

Contoh Cara bayar kartu kredit mandiri via atm BCA


Berikut ini adalah cara bayar kartu kredit Mandiri via atm BCA

  • Masukkan kartu dan PIN

  • Pilih Transaksi Lainnya

  • Pilih Transfer

  • Pilih Transfer ke rekening bank lain

  • Masukkan Kode transfer bank Mandiri yaitu 008

  • Masukkan Nominal Yang mau ditransfer (dibayar)

  • Masukkan 16 digit nomor kartu kredit mandiri sebagai rekening tujuan transfer dan klik benar

  • Pastikan semua data sudah benar dan klik Benar

Proses pembayaran kartu kredit bank mandiri via atm bank BCA dengan menggunakan menu transfer antar bank sudah selesai. Metode pembayaran dengan menggunakan transfer antar bank adalah online.


Bayar Via Ecommerce

Jaman sekarang Ecommerce sudah tidak hanya menjual produk fisik saja. Tetapi, ecommerce juga sudah berjualan produk digital. Saat ini, toko online populer juga punya PPOB untuk layanan pembayaran berbagai macam tagihan.

Menariknya, ada beberapa toko yang memberikan cashback apabila kamu melakukan pembayaran kartu kredit di merchant tersebut. Untung juga kan? bukannya terkena biaya tambahan malah dapat cashback.

Hanya saja, perlu digaris bawahi. Bank Indonesia sudah melarang yang namanya kredit bayar kredit. Beberapa tahun lalu masih bisa, kartu kredit ini bayar kartu kredit yang itu, sekarang sudah tidak bisa. Dan sama halnya bila kamu bayar kartu kredit via ecommerce, tidak bisa dibayar pakai kartu kredit. Jadi harus memilih metode pembayaran lain, seperti virtual account atau metode lainnya.


Bayar Via ATM (Kerja sama Bank)


Ada beberapa bank yang menjalin kerja sama untuk pembayaran kartu kredit. Bila nama bank yang kamu miliki muncul di atm bank mandiri, bca, bni atau bri. Maka Bank penerbit kartu kredit mu bekerja sama dengan bank tersebut untuk urusan pembayaran kartu kredit.

Pembayaran kartu kredit antar bank dengan memilih menu pembayaran memang lebih mudah dilakukan. Kita juga bisa sekalian melihat jumlah tagihan dan jatuh tempo pembayaran kartu kredit kita walaupun di atm Bank Lain.

Saya sendiri tidak bisa menyimpulkan apakah biaya pembayaran RP10.000 itu mahal atau tidak. Karena beda orang beda juga kesan nya melihat uang sepuluh ribuan.

Berikut ini contoh biaya pembayaran kartu kredit dari bank lain (kerja sama):

  • Biaya pembayaran Kartu Kredit Bukopin via atm CIMB Niaga, BNI, BII, BTN. Rp.10.000

  • Biaya pembayaran kartu kredit Bank DBS (semua rekanan bank) baik menu pembayaran dan menu transfer Rp12.500. Pembayaran dari atm bersama dan prima Rp2.500.

  • Biaya pembayaran kartu kredit citibank mulai dari Rp5.000 hingga Rp7.500

  • Biaya pembayaran kartu Kredit HSBC Melalui menu transfer gratis 1 kali dalam sebulan, selanjutnya Rp7.500.


Cara Bayar Kartu Kredit Via Teller

Bedakan transfer via atm dan transfer via teller! Jangan transfer pembayaran kartu kredit via teller sebelum tahu berapa biayanya. Setahu saya, ada beberapa bank yang membebankan biaya transfer untuk pembayaran kartu kredit bank lain cukup mahal. Misalkan, biaya transfer untuk pembayaran kartu kredit di teller bni dan mandiri Rp25.000.

Ada beberapa bank yang menyamakan biaya pembayaran kartu kredit  mereka via atm bank dan via teller mereka. Setahu saya, pembayaran kartu kredit bukopin melalui teller bukopin adalah Rp10.000. Dan biaya pembayaran kartu kredit Bukopin dari atm bank lain juga adalah Rp10.000. Tetapi, biaya pembayaran kartu kredit bank lain dari teller bukopin belum bisa saya pastikan.

Oleh karena itu, lakukan pembayaran dari teller bila urgent saja. Atau, selama kamu masih punya kartu atm silahkan bayar melalui mesin atm dengan menggunakan menu transfer.

Itu dia, informasi mengenai 6 cara bayar kartu kredit yang wajib kamu ketahui. Silahkan tinggalkan komentar mu di bawah! Bagikan artikel ini kepada teman-teman mu, supaya mereka juga tahu