4 Akibat Tidak Bayar Kartu Kredit 1 Bulan

Pada bulan Juli tahun lalu, Kakak saya menikah. Kemudian pada bulan Agustus, saya harus membayar uang sewa rumah yang saya tempati. Karena dana sudah sangat minim, saya memutuskan untuk tidak bayar kartu kredit selama satu bulan.

Awalnya, masih ada niat untuk membayarkan minimum tagihan. Tetapi, sampai tanggal jatuh tempo lewat. Saya belum juga melakukan pembayaran.

Saya Takut uang saku tidak cukup sampai tanggal gajian berikutnya. Anak rantau seperti saya, akan kesulitan bila sudah kehabisan uang. Berbeda kasusnya kalau saya masih tinggal di kampung. Masih tetap bisa makan dari periuk orang tua.

Sebenarnya saya sudah tahu beberapa akibat dari tindakan saya tersebut. Tetapi ada satu yang saya lupakan, yaitu double minimum payment. Dan hal tersebut membuat saya kesulitan keuangan sampai bulan Oktober.


1. Double Minimum Payment


Minimum Tagihan kartu kredit saya di bulan Agustus adalah sekitar 800 ribuan. dan karena saya tidak bayar kartu kredit 1 bulan yaitu pada bulan tersebut, minimum tagihan kartu kredit saya di bulan September menjadi sekitar 1,7 juta.

Minimum payment kartu kredit yang tidak dibayarkan di bulan sebelumnya tidak akan di-10% kan lagi. Melainkan ditambahkan langsung dengan minimum pembayaran terbaru di bulan berikutnya.

Contoh kasus double minimum payment kartu kredit:

  • Limit kartu kredit 10 Juta

  • Tagihan 10 Juta

  • Minimum pembayaran 1 juta

Dan Menunggak..
Berapa minimum payment yang akan ditagih bulan depan?



Minimum payment bulan lalu + minimum payment bulan berjalan + Dana Over-limit
1 Juta + 1.2 jutaan + 200 Ribu
Maka minimum payment di bulan depan adalah sekitar 2.4 Juta.
Ini hanya perkiraan kasar saja, karena kita tidak bisa mendapatkan bunga tanpa rincian transaksi.


2. Selalu Ditelepon Oleh Collection


Pada bulan agustus dimana saya tidak melakukan pembayaran kartu kredit 1 bulan, collection tidak pernah berhenti menghubungi saya.

Bahkan, saya sudah dihubungi 1 hari sebelum jatuh tempo pembayaran. Biasa, untuk mengingatkan.

Saya tahu kalau itu adalah prosedur dari bank dan memang sudah menjadi resiko. Dan saya paham kalau hal tersebut adalah murni karena kesalahan saya.

Walaupun sangat mengganggu, tapi saya tidak melakukan apa-apa terkait hal tersebut. Saya bisa saja menghubungi call center dan meminta permohonan untuk tidak dihubungi collection sampai saya melakukan pembayaran bulan berikutnya.

Tetapi, saya tidak melakukannya. Saya membiarkan Smartphone berbunyi dan terkadang tidak saya angkat.


3. Kartu terblokir sementara dan Auto Released Setelah Pembayaran


Menunggak pembayaran kartu kredit 1 bulan, kartu kredit saya tidak terblokir permanent. Setelah saya gajian pada tanggal 25 September, kalau tidak lupa, di hari selasa, saya langsung melakukan pembayaran dan kartu kredit langsung bisa saya gunakan sekitar 4 jam kemudian.

Pertama kali mencoba transaksi kartu kredit setelah telat 1 bulan, transaksi gagal karena POP UP kode 3d secure tidak muncul. Saya membatalkan transaksi tersebut dan mencoba sekali lagi dan langsung bisa.

Kartu kredit saya langsung bisa digunakan,  karena pada saat itu, kondisi kartu saya tidak overlimit. Mungkin saya perlu menunggu sekitar 1 hari apabila kartu kredit saya sebelumnya dalam kondisi overlimit.

4. Status Kredit nomor 2


Sebenarnya, saya tidak memperhatikan mengenai status kolektibitas pembayaran kartu kredit saya pada saat itu.

Saya check kembali di email dan memang benar pada lembar tagihan di bulan september tertulis status kolektibilitas dengan angka 2.

Saya tidak terlalu memusingkan status kolektibilitas angka 2. Kecuali, saya sedang berencana untuk mengajukan jenis kredit lain dalam jangka waktu 1 tahun ke depan.

Menurut saya status kolektibilitas angka 2 itu, hanya akan berpengaruh pada tahun tersebut. Dan tidak akan terlalu berpengaruh untuk tahun berikutnya.

Kolektibilitas otomatis akan berubah kembali menjadi lancar setelah saya melakukan pembayaran.

Biasanya bank baru akan melaporkan hal tersebut ke SLIT OJK pada tanggal 12 bulan berjalan setelah pembayaran.



Itu dia pengalaman saya telat bayar kartu kredit 1 bulan dan akibat yang harus saya terima. Apakah kamu pernah mengalami hal yang sama. Yuk ceritakan pendapat atau pengalaman mu ketika tidak melakukan pembayaran kartu kredit pada kolom komentar berikut ini! Bagikan tulisan ini pada temanmu yang sering menunggak pembayaran kartu kredit!