Cara dan Syarat Tarik Tunai di Teller Kantor Cabang Mandiri

Cara dan syarat tarik tunai di teller mandiri yang perlu kamu ketahui adalah wajib membawa buku tabungan, ktp dan kartu atm. Biaya tarik tunai di kantor cabang bank mandiri dibedakan berdasarkan jumlah penarikan dan lokasi penarikan - baca selengkapnya di bawah!

Syarat dan biaya tarik tunai di teller mandiri


Sumber Tarif Mandiri

Kenapa Tarik Tunai di Cabang bukan Di ATM?

Alasan nasabah tarik tunai di teller mandiri biasanya adalah karena mau menarik uang lebih dari Rp.10.000.000. Karena di mesin ATM, maksimal penarikan hanya 10 juta perhari, tidak peduli jenis kartu atau jenis tabungan yang kamu miliki.

Sementara maksimal tarik tunai di kantor cabang bank mandiri tidak dibatasi, tetapi untuk penarikan jumlah besar kamu harus konfirmasi dulu. Karena bank harus mempersiapkan uang tersebut. Bila kamu hendak melakukan penarikan tunai yang jumlahnya sangat besar, hubungi kantor cabang terdekat atau coba konfirmasi terlebih dahulu via call center.

Alasan kedua kenapa orang memilih tarik tunai di kantor cabang via teller bank mandiri adalah karena ingin menghabiskan saldo dan menutup tabungan-nya.Sebagian dari saldo tabungan-mu akan dikurangi sebagai biaya penutupan rekening. Biaya penutupan rekening di bank mandiri umumnya Rp.50.000 untuk jenis tabungan rupiah dan bisnis. Rp.20.000 untuk penutupan rekening mandiri tabunganku.


Apakah Tarik Tunai di Teller Mandiri harus Pakai Kartu ATM?

Saya pernah mengunjungi kantor cabang Menara Mandiri (Bapindo) dan hendak tarik tunai via teller karena kartu atm saya tertinggal di rumah. Dan ternyata saya tidak bisa melakukan hal tersebut. Karena  untuk tarik tunai, kamu memerlukan kartu atm. Misalkan kamu mencari informasi ini karena berniat untuk tartun via teller karena atm tertelan, hilang atau tertinggal, maka kamu salah. Kamu tidak bisa tarik tunai via teller karena alasan seperti itu. 

Bila karena kartu atm-mu hilang, atau tertelan, langsung saja lakukan pergantian. Saya rasa kamu sudah tahu prosedur-nya. Untuk alasan kartu tertinggal, maka kamu tidak bisa berbuat apa-apa. Pinjam duit dulu dari temanmu. Bila urgent, misalkan tertinggal saat kamu sudah sampai di Bali untuk liburan, dan tidak memungkinkan untuk meminjam uang dari siapapun juga. Mungkin kamu bisa infokan kalau kartu atm-mu tertelan di atm yang jaraknya cukup jauh dari cabang tersebut, Hal ini tentunya hanya bisa kamu lakukan bila kamu membawa buku tabungan.  Dan segala resiko akan hal itu menjadi tanggung jawabmu. Apa resikonya? saya pun tidak tahu, mungkin berdosa karena telah berbohong, tapi Tuhan-pun mungkin akan maklum karena kamu butuh makan.


Syarat Tarik Tunai Di Teller Mandiri

Seperti yang sudah saya sampaikan sebelumnya, untuk uang dengan nominal yang cukup besar misalkan penarikan tunai 100 juta ke atas, silahkan konfirmasi dulu ke kantor cabang terdekat paling tidak 2 hari sebelum hari H. 

Berikut ini syarat tarik tunai via teller mandiri:
  • eKTP
  • Kartu ATM
  • Buku Tabungan
Hanya ketiga dokumen itu saja yang perlu dibawa ke kantor cabang bank mandiri. Dalam kondisi tertentu, dimana kamu tidak bisa mengakses buku tabungan, coba konfirmasi dulu ke kantor cabang.  Setelah sampai di Kantor cabang langsung ambil slip penarikan dan ambil nomor antrian. warna slip penarikan via teller biasanya adalah warna merah marun, bila tidak tahu tanya saja Bapak security. 


Cara Mengisi Formulir Penarikan via Teller Mandiri

Gambar contoh slip penarikan tunai via teller bank mandiri di bawah ini bukanlah slip penarikan asli, tetapi bentuk dan posisinya sama. Saya buat mirip supaya kamu lebih yakin untuk mengisinya saat di kantor cabang. Kamu hanya perlu mengisi 5 data di bawah kolom validasi. Kemudian berikan tanda tangan dan nama pada kotak tanda tangan penarik. 

Contoh slip penarikan tunai di teller Mandiri



Berikut ini cara pengisian slip penarikan tunai di teller mandiri:
  • Nama Pemilik Rekening : Nama Lengkap
  • Nomor rekening : Kamu pasti sudah tahu
  • Jumlah : Rp.1.000.000
  • Terbilang : Satu Juta Rupiah
  • Berita : Misalkan "Uang Jajan"
Setelah mengisi data tersebut silahkan tanda-tangan pada kotak 'tanda tangan penarik' dan tuliskan nama kamu di bawah tanda tangan tersebut. Yang di isi adalah tanda tangan penarik bukan penerima. Selanjutnya tinggal menunggu antrian, tunggu sampai nomor antrian kamu dipanggil. Jangan sungkan untuk mengganti slip apabila ter-coret.


Faq Tarik Tunai Di Teller Mandiri

Berikut ini adalah beberapa pertanyaan dan jawaban mengenai tarik tunai di teller mandiri. 

Berapa Batas penarikan tunai di teller mandiri?
Batas penarikan tunai di teller tidak ditentukan, untuk penarikan di atas Rp.100.000.000 silahkan konfirmasi terlebih dahulu ke kantor cabang terkait, paling tidak 2 hari sebelum hari H.

Berapa biaya tarik tunai di teller mandiri?
Biaya Penarikan tunai di teller mandiri apabila hanya dibawah Rp.10.000.000 dikenakan Rp.10.000
Penarikan beda cabang (diluar kota domisili rekening) Rp.2500

Apakah penarikan tunai di kantor cabang bank mandiri bisa diwakilkan?
Konfirmasi terlebih dahulu ke kantor cabang, biasanya bisa. Pemilik rekening harus membuat surat kuasa.  perwakilan mengunjungi cabang untuk mengambil slip penarikan. Perwakilan membawa slip penarikan ke pemilik rekening. Pemilik rekening mengisi data dan menandatanggani slip penarikan. Perwakilan membawa surat kuasa, slip yang sudah di isi ke kantor cabang bank mandiri lengkap dengan buku tabungan, kartu atm, ktp penarik dan ktp perwakilan (penerima uang).

Demikian informasi mengenai syarat dan cara tarik tunai di teller mandiri. Informasi lebih lengkap silahkan hubungi mandiri call di nomor 14000. Tuliskan komentar mu di bawah ini!