Tapcash BNI: Kegunaan, Mitra dan Solusi Saldo Yang Tidak Update

Kartu tapcash bni

Apa itu Tapcash BNI? Tapcash adalah uang elektronik berbentuk kartu yang saldonya dapat diisi ulang dan berfungsi sebagai kartu pembayaran. Produk yang menyerupai tapcash dari penerbit lainnya adalah emoney dari bank mandiri, brizzi dari bri dan flazz dari bank BCA. Saat ini, tapcash bni bisa kamu gunakan untuk membayar tiket perjalanan, tiket masuk sebuah fasilitas dan juga untuk membayar transaksi perbelanjaan di merchant yang bekerja sama.

Kenapa harus pakai tapcash atau uang elektronik lainnya? Baik pemegang kartu tapcash dan merchant yang menerima pembayaran pakai tapcash sama-sama diuntungkan. Keuntungan merchant yang menerima pembayaran tapcash adalah proses pembayaran lebih mudah. Bisa kamu bayangkan betapa ribetnya pekerjaan seorang kasir tol apabila semua pengendara menggunakan uang cash. Mereka harus memastikan keaslian uang kertas, memastikan uang tersebut masih layak, menghitung dan memberikan kembalian. Pokoknya uang elekronik cukup membantu melancarkan jalan tol. Karena itulah pemerintah dari beberapa tahun yang lalu sudah gencar mempromosikan penggunaan uang elekronik di Indonesia.

Kegunaan tapcash atau uang elekronik lainnya adalah untuk menghindari uang palsu, uang lecek atau rusak. mengurangi antrian pada kasir, pokoknya mempermudah transaksi bayar beli di merchant-merchant yang kerja sama. Satu lagi, tapcash bukan produk yang memerlukan pendaftaran. Artinya tapcash bebas dipindahtangankan dan bisa diberikan sebagai hadiah kepada saudara atau teman.

Kegunaan Tapcash BNI

Intinya tapcash digunakan untuk transaksi bayar beli. Transaksi bayar beli dengan tapcash hanya bisa dilakukan dimerchant yang kerja sama. Saat ini, tapcash lebih sering digunakan untuk pembayaran tiket commuter line Jakarta dan Trans Jakarta. Tapcash sebagai alat pembayaran tiket transportasi tidak hanya di Jabodetabek saja. Tapcash juga bisa digunakan untuk pembayaran Trans Semarang dan Trans Jogja, termasuk pembayaran tiket kereta di Bandara Kualanamu Medan.

Tapcash BNI untuk pembayaran Tol berlaku di Tol dalam Kota Jakarta, Jakarat - Tangerang dan gerbang tol lainnya. Bisa juga untuk pembayaran Tol di daerah lain, misalkan tol Makasar, Semarang Surabaya dan lain-lain. Tapcash BNI untuk pembayaran perbelanjaan bisa digunakan di Indomaret. Alfamart, Lawson dan beberapa kantin yang bekerja sama. Untuk pembayaran tiket masuk fasilitas lainnya, tapcash bni bisa digunakan untuk pembayaran terminal parkir dan spot wisata. Untuk lebih lengkapnya lihat mitra kerja sama tapcash di bawah ini!

Berikut ini adalah daftar mitra Tapcash BNI:

  • Bus Transjakarta
  • Commuter Line Jakarta
  • Kereta Bandara medan Kualanamu
  • Tol Jabodetabek untuk Ruas tol dalam kota, jakarta - tangerang, meruya - ulujami, Jorr dan borr. 
  • Tol Luar Jabodetabek yaitu Makasar, Bali - Mandara, Semarang, Surabaya, Medan, Paliman - Brebes Timur, Paliman -Parbaleunyi, Cikarang - Paliman. 
  • Indomaret 
  • Alfamart 
  • Lawson
  • Snowbay Waterpark
  • The Jungle Waterpark dan Jungle fest
  • Taman Legenda Wisata Keong Mas
  • Area Parkir terminal 3 Bandara Soekarno Hatta
  • Kantin Universitas Indonesia
  • Kantin UGM Foodpark
  • Mobil Listrik Institut pertanian Bogor
  • Bojonegoro Funtasy
  • Pesona Waterboom Banjarmasin
  • Dan semua Merchant BNI yang punya reader Tapcash


Kamu juga bisa menggunakan tapcash untuk membayar perbelanjaan di semua merchant yang memiliki mesin pembaca kartu tapcash BNI.

Saldo Tapcash BNI

Berapa Maksimal Saldo Tapcash BNI? Kamu hanya bisa mengisi tapcash maksimal Rp.1.000.000. Mengisi saldo tapcash sebaiknya jangan besar-besar. Karena kelemahan tapcash atau uang elekronik lainnya adalah tidak dilindungi PIN atau secure code apapun. Bila kartu tapcash hilang maka sama seperti kehilangan uang cash dan sudah pasti saldonya akan raup bila ditemukan orang. Kecuali bila kamu menempelkan ktp pada tapcash tersebut.

Top up Tapcash atau isi ulang tapcash ada dua metode yaitu direct top up dan Pending Top Up. Perbedaan direct top up dan pending top up pada tapcash bni adalah direct top up adalah pengisian saldo tapcash online tanpa konfirmasi ulang. Sementara Pending top up adalah pengisian saldo tap cash yang memerlukan konfirmasi dengan cara update balance yang bisa dilakukan di atm bni dan channel bni lainnya.

Penyebab Saldo Tapcash BNI Tidak Masuk

Bila kamu melakukan pengisian ulang dengan metode pending Top Up. Maka saldo baru akan masuk setelah kamu melakukan update balance. Yang termasuk metode pending top up adalah mengisi saldoo di atm bni dengan menu BNI Tapcash - kirim saldo dan pengisian melalui mesin edc dengan menu pending Top Up. Bila kedua jenis metode ini yang kamu gunakan untuk isi saldo, maka silahkan update balance tapcash terlebih dahulu.

Cara Update Balance Tapcash BNI adalah dengan menginstal aplikasi yang bernama TapCash Go di android atau smartphone kamu. Download aplikasinya dari google play store, install dan buka. Pilih Menu Update Balance dan tempelkan kartu tapcash kamu dibelakang smartphone yang kamu gunakan. Pastikan smartphonemu sudah mendukung fitur NFC. Cari digoogle Fitur NFC smartphone, bila kamu tidak yakin apakah smartphonemu support atau tidak.

Kenapa tapcash tidak bisa update balance? Bila kamu mengupdate balance melalui mesin atm bni. Pastikan sudah menempelkan/meletakkan kartu direader dengan benar. Pastikan kartu kamu belum rusak dan magnetic stripenya masih bisa terbaca. Bila kamu update balance pakai aplikasi, pastikan handphonemu sudah punya fitur NFC.

Belum ada Komentar untuk "Tapcash BNI: Kegunaan, Mitra dan Solusi Saldo Yang Tidak Update"

Iklan Bawah Artikel