Cara Membatalkan Shopee yang Sudah Dibayar Pakai Kartu Kredit

Semua konsumen berhak meminta pembatalan perbelanjaan di Shopee. Termasuk transaksi yang dibayar pakai kartu kredit. Tetapi, tidak semua permintaan pembatalan pasti disetujui. Bila pembatalan dilakukan 1 jam sebelum pembayaran dan kamu belum mendapat nomor resi pengiriman maka pembatalan pasti disetujui. Shopee menyebut istilah pembatalan tersebut dengan 'Pembatalan Instan'. Sebaliknya pembatalan yang dilakukan di atas 1 jam setelah pembayaran atau kamu sudah menerima nomor resi pengiriman, maka yang menentukan apakah pembatalan bisa diproses adalah penjual atau pemilik lapak, shopee menyebutnya dengan istilah 'pembatalan non-instant'.

Pembatalan instan (wajib dibatalkan oleh shopee) bila dilakukan kurang dari 1 jam setelah pembayaran dan penjual belum input nomor resi.
Pembatalan non-instan (tergantung penjual) bila dilakukan lebih dari 1 jam setelah pembayaran atau penjual sudah input nomor resi. 


Cara Membatalkan Perbelanjaan di Shopee


Alur permintaan pembatalan transaksi perbelanjaan di shopee

Berikut ini adalah alur pembatalan transaksi perbelanjaan di shopee: Masuk ke AkunRincian PesananBatalkan Pesanan - Konfirmasi.

Setelah melakukan tahapan pembatalan tersebut, kamu akan langsung melihat 2 kemungkinan. Bila jenis pembatalan yang kamu lakukan adalah instan maka shopee akan menginformasikan kalau uang-mu akan dikembalikan. Tetapi, bila jenis pembatalan adalah non-instan, maka shopee akan menyuruh-mu untuk menunggu persetujuan dari penjual. Lihat gambar berikut ini!


Alur pembatalan transaksi shopee


Bila pembatalan sudah disetujui, maka kamu tinggal menunggu proses refund (pengembalian dana). Refund dari shopee ke kartu kredit memerlukan waktu mulai dari 7 hingga 14 hari. Apakah bisa lebih cepat? SLA-nya adalah 7-14 artinya kamu baru bisa komplain apabila pengembalian dana belum diproses sampai 14 hari. Kalau lebih cepat dari 7 hari bisa saja ada kemungkinan. Biasanya kalau transaksi belum di-settle proses pengembalian-nya bisa lebih cepat dan transaksi tidak akan ter-cetak di lembar tagihan walaupun sudah tanggal cetak. Tapi, kalau shopee sudah settle berarti kamu harus menunggu lebih lama dan ada kemungkinan akan ter-tagih di lembar tagihan kartu kredit yang akan cetak berikutnya.

Bagaimana cara mengetahui status refund dari shopee ke kartu kredit? Kamu bisa melihatnya di lembar tagihan yang akan cetak berikutnya. Atau kamu juga bisa menghubungi call center penerbit kartu kredit-mu.

Bagaimana kalau transaksi shopee yang sudah dibatalkan masih ter-tagih di lembar tagihan? Bila nominal belanja-nya cukup kecil dan kamu tidak keberatan untuk bayar. Sebaiknya bayar saja! Nanti refund dana dari shopee akan mengurangi tagihan bulan berikutnya. Tetapi, bila nominal belanja-nya besar dan kamu keberatan untuk membayar- Saya sarankan untuk menghubungi call center dan pastikan apakan refund sudah dilakukan. Apabila refund sudah dilakukan, maka info-kan kepada call center kalau kamu akan mengurangi nominal perbelanjaan di shopee dari tagihan-mu dan kamu tidak mau hal itu mempengaruhi status pembayaran-mu. Apabila refund belum dilakukan dan sudah lewat dari SLA, silahkan hubungi shopee dan minta speed up refund!

Untuk Pembayaran Minimum - Saya sarankan supaya kamu bayar saja sesuai minimum yang tertulis di lembar tagihan. Info-kan kepada call center kalau kamu tidak mau tagihan yang dari shopee dibungakan juga.  Bagaimana kalau transaksi shopee yang sudah dibatalkan ternyata Cicilan Pertama sudah ditagih-kan - Sama saja, bila nominal-nya kecil dan kamu tidak keberatan, silahkan dibayarkan dulu. Tetapi, bila nominal-nya besar silahkan diskusikan dengan call center bank penerbit kartu kredit-mu. Pokoknya transaksi yang sudah dibatalkan tersebut jangan sampai mengakibatkan munculnya bunga atau denda keterlambatan. Bila muncul, silahkan ajukan penghapusan!

Daftar Istilah

  • SLA - Jangka Waktu Untuk Menyelesaikan permintaan (service Level Agreement)
  • Settle/settlement - Proses pengiriman daftar transaksi yang sudah fixed ke penerbit kartu kredit untuk diposting di sistem sebelum dibukukan.
  • Refund - Pengembalian dana ke sumber pendebitan

Komentar