Cara Memastikan Status Pengiriman Uang Western Union Online

Informasi status pengiriman uang antar negara melalui western Union sangat diperlukan. Pengirim uang ingin memastikan apakah uang yang dikirimkannya sudah diterima. Dan penerima uang ingin memastikan apakah uang yang dikirim sudah bisa dicairkan. Yah, ini sangat penting sekali, bahkan bisa menjadi tanda pengesahan sebuah transaksi, misalkan untuk transfer keperluan pembayaran sesbuah produk atau jasa.

Lacak Status Pengiriman Western Union!

Cek status pengiriman uang western Union langsung di website official mereka. Kamu memerlukan 10 digit kode MTCN. Bila kamu adalah penerima uang, maka kode MTCN seharusnya sudah dikirimkan oleh sipengirim uang kepadamu. Bila kamu belum menerima, silahkan tanyakan kepada client atau saudara kamu tersebut. 

Laporan Status pengiriman uang western Union

Setelah kamu memasukkan 10 Digit kode western Union, maka kamu akan melihat 4 tahapan dalam pengiriman uang yaitu sent, in progress, available dan received. Tahapan yang sudah diberikan tanda centang warna putih adalah proses yang sudah selesai dilakukan (done). Semetara yang belum mendapatkan tanda centang putih, berarti masih belum dilakukan. Berikut ini adalah penjelasan untuk masing-masing tahapan tersebut:
  • Sent - Transaksi pengiriman uang, penerimaan laporan dan pembayaran biaya transfer serta administrasi lainnya sudah selesai. Uang sudah dalam tahapan ke pengiriman.
  • In Progress - Transaksi pengiriman uang sudah dalam proses pengiriman
  • Available - Uang sudah berhasil di kirim dan sipenerima sudah bisa mencairkan uang dengan membawa kode pelacakan MTCN dan eKTP.
  • Received - Transaksi closed karena uang sudah diambil oleh sipenerima yang sah.


3 Cara Mengetahui Kode MTCN Western Union 

Bila kamu adalah pengirim uang. Kamu bisa mengetahui 10 Digit kode MTCN transaksi western Union-mu. Berikut ini adalah 3 cara mengetahui nomor kode MTCN:
  1. Cek pada Cek di 'Transfer history page' Pada akun Western Union-mu.
  2. Cek di struk transaksi yang kamu dapatkan dari counter western Union
  3. Cek di struk transaksi yang dikirimkan ke email kamu
10 Diigit Kode MTCN tersebut harus kamu kirimkan kepada sipenerima uang. Kode itu akan dipergunakan sebagai password pengambilan uang di negara tujuan. Kode tersebut juga kamu perlukan untuk melakukan pengecekan status pengiriman uang melalui situs western union.

Selain memerlukan kode MTCN untuk mengambil uang. Si penerima uang juga wajib membawa kartu identitas dalam hal ini adalah ektp. Jadi hanya ada dua syarat untuk mengambil kiriman uang western union yaitu 10 digit kode MTCN dan eKTP.


Bila kamu memerlukan informasi lebih lengkap atau kamu menemukan kendala mengenai pengiriman dan pengambilan uang melalui western Union Indonesia. Silahkan hubungi call center western Union Indonesia di Nomor 021 3040 5730 (nomor tersebut hanya valid bila digunakan di Indonesia saja). Kamu juga bisa menghubungi Costumer service western Union Indonesi melalui alamat email CustomerService.Asia@westernunion.com