Senin, 18 Februari 2019

Sistem Protokol Keamanan Belanja Pakai Kartu Kredit di Tokopedia

Amankah belanja di Tokopedia dengan kartu kredit? Sudah cukup lama saya menjadi pelanggan tokopedia. Dan, saya selalu menggunakan kartu kredit untuk berbelanja di sana. Saya tidak pernah menghapus data kartu kredit -ku dari akun tokopedia, karena menurut saya, protokol keamanan transaksi menggunakan kartu kredit di Tokopedia sudah bagus. Apalagi akhir-akhir ini, setelah tokopedia menambahkan fitur otentikasi login akun, dimana sistem secara otomatis meminta kode yang dikirimkan melalui sms atau panggilan suara ke nomor handphone yang kita daftarkan di tokopedia setiap kali kita melakukan login.

Jadi amankah? pengamanan yang diberikan oleh pihak tokopedia sudah bagus. Tetapi menurut saya, tidak ada yang bisa menjamin keamananan berbelanja online pakai kartu kredit. Bahkan di merchant sebesar amazon-pun bisa saja terjadi pencurian data kartu kredit atau jenis fraud lainnya.

Protokol Keamanan Belanja di Tokopedia 

Tokopedia sudah memaksimalkan sistem protokol keamanan berbelanja di merchant mereka. Tingkat pengamanan yang berlipat-lipat diterapkan untuk meminimalkan kemungkinan terjadinya fraud. Fraud pada kartu kredit adalah penyalahgunaan data kartu kredit oleh orang yang tidak berwenang. Jadi apa saja sistem keamanan yang sudah diterapkan oleh tokopedia?

Berikut ini adalah sistem protokol keamanan menggunakan kartu kredit di tokopedia:

I. https - Komunikasi ke server Terenskripsi 

URL Tokopedia menggunakan https

Protokol komunikasi internet dienskripsi menggunakan TLS (Transport Layer Security). Pengertian enskripsi menurut wikipedia adalah data yang tidak bisa dibaca tanpa pengetahuan khusus. Hal pertama yang harus kamu perhatikan ketika berbelanja online adalah memastikan alamat website mereka ditandai dengan gambar gembok dan diawali dengan https bukan http (ada huruf 's' di belakang). Dengan begitu semua data yang anda masukkan dan kirimkan ke server tidak akan terbaca oleh pihak ketiga.

II. Login memerlukan Email dan Kata Sandi
Sistem keamanan yang kedua adalah email dan kata sandi akun. Ini adalah sistem keamanan paling standard yang biasanya kita gunakan untuk login di berbagai aplikasi atau keanggotaan di sebuah website. Untuk bisa berbelanja di tokopedia, syarat pertama adalah harus bisa login dengan memasukkan alamat email dan password akun kita.

III. Otentikasi Login melalui nomor Handphone yang Terdaftar
Pengguna kartu kredit yang memiliki data kartu kredit pada akun-nya ditokopedia wajib memilih metode otentikasi login melalui sms atau panggilan telepon. Jadi setiap kali kita login, tokopedia akan mengirimkan 6 digit angka ke nomor handphone yang kita daftarkan di akun. 6 Digit angka tersebut harus dimasukkan dalam beberapa menit dan kita baru bisa masuk ke akun bila nomor dinyatakan valid atau otentikasi berhasil.

IV. CVC/CVV [Data kartu kredit]
CVV adalah 3 angka yang terdapat pada bagian belakang kartu kredit visa dan CVC adalah 3 angka yang terdapat pada bagian belakang kartu kredit master. Setiap kali kita transaksi menggunakan kartu kredit ditokopedia untuk data kartu kredit yang sudah terdaftar, kita wajib meng-input ulang nomor cvv atau cvc kartu kredit kita. Sedangkan, untuk transaksi pertama menggunakan kartu kredit di tokopedia wajib memasukkan data kartu kredit yang lengkap mulai dari nomor, masa berlaku dan 3 angka dibelakang kartu kredit.

V. 3D secure Code (OTP)
One Time Password adalah kode yang terkirim secara otomatis ke nomor handphone kita yang terdaftar di bank setiap kali kita transaksi online. Ketika kamu menggunakan kartu kredit ditokopedia, kamu akan diminta untuk memasukkan kode OTP pada saat checkout. Terkadang kamu tidak perlu memasukkan kode OTP untuk nominal transaksi yang kecil.

Dilihat dari kelima protokol keamanan transaksi menggunakan kartu kredit di tokopedia tersebut, saya menyimpulkan bahwa menggunakan kartu kredit di tokopedia sangat aman. Tetapi, saya tidak berani menjamin kalau kamu akan selalu aman saat transaksi di tokopedia. Karena seperti yang saya sampaikan sebelumnya, tidak ada yang bisa menjamin 100% keamanan berbelanja pakai kartu kredit di website mana-pun.

Tidak ada komentar: