Cara Cek Rekening BNI Masih Aktif atau Sudah Diblokir - Kartu Bank

Latest

Personal Blog Roy Passenger @kartu_bank|Tips Seputar Kartu Kredit dan Produk Perbankan Lainnya! Senang Bisa Berbagi Pengalaman!

Kamis, 24 Januari 2019

Cara Cek Rekening BNI Masih Aktif atau Sudah Diblokir

Saya pernah memiliki rekening bank BNI. Rekening tersebut kebetulan adalah rekening payroll saya. Setelah saya pindah kerja, perusahaan baru memberikan rekening payroll dari bank lain. Akhirnya, rekening BNI tersebut terbengkalai sampai beberapa bulan. Daripada mengaktifkan kembali, saya lebih memilih untuk membuka rekening BNI yang baru.

Dormant adalah kata dalam bahasa inggris yang artinya 'Terbengkalai'. Rekening Dormant adalah rekening yang memiliki saldo Rp.0 selama tiga bulan berturut-turut atau tidak melakukan transaksi/aktivitas apapun direkening tersebut selama 6 bulan berturut-turut dengan kondisi saldo dibawah minimum atau saldo Rp.0. Disederhanakan sebagai rekening yang terbengkalai.

Ketentuan Rekening BNI Dormant

Cara paling mudah untuk mengetahui status rekening bni masih aktif adalah dengan menanyakan langsung ke BNI Call di Nomor 1500046. Tetapi bila kamu malas menghubungi CS, gunakan ketentuan rekening bni berikut ini! Kamu tidak perlu melakukan apa-apa untuk memastikan apakah rekening BNImu masih aktif atau sudah diblokir. Cukup dengan mengetahui syarat dan ketentuan rekening dibank BNI, kamu bisa memastikan status rekeningmu sekarang. 

Berikut ini cara memastikan status rekening BNI aktif atau Tidak:
  • Rekening BNI Masih Aktif - Rekening BNI yang masih aktif adalah rekening yang masih membayarkan biaya adminisrasi bulanan rekening dan biaya administrasi kartu atm. Kata lainnya, selama saldo tidak dibawah minimum dan  masih membayar biaya administrasi maka rekening akan aktif.
  • Rekening BNI Dormant dan Masih Bisa diaktifkan - Apabila selama tiga bulan berturut-turut saldo Rp.0 rupiah. Rekening akan otomatis aktif kembali apabila nasabah melakukan transaksi melalui atm atau ebanking.
  • Rekening Pasif 6 bulan - Bila saldo Rp.0 dan tidak melakukan transaksi apapun selama 6 bulan berturut-turut maka rekening tabungan BNI akan terblokir.

Mengaktifkan Kembali Rekening BNI Yang Diblokir karena Dormant

Seperti ketentuan rekening dormant di atas. Apabila rekening baru dormant selama 3 bulan, kamu masih bisa mengaktifkannya dengan cara melakukan transaksi di atm atau ebanking (SMS Banking, Internet banking, BNI Mobile). 

Tetapi, bila sudah dormant selama 6 bulan dengan saldo Rp.0 dan tanpa aktifitas apapun. Rekening BNI Kamu sudah diblokir. Untuk pengaktifan kembali, silahkan kunjungi kantor cabang BNI. Mengaktifkan kembali rekening BNI yang sudah diblokir tentu memiliki biaya, Bank akan menghitung biaya administrasi bulanan rekening dan kartu, plus denda dibawah saldo minimum dan plus denda keterlambatan pembayaran biaya administrasi. Artinya semakin lama rekening dormant maka biaya pengaktifannya kembali akan semakin mahal. Menurut saya, daripada mengaktifkan rekening yang sudah lama dormant, lebih baik membuka rekening yang baru. 

Biaya Mengaktifkan kembali Rekening BNI yang Diblokir karena Dormant

Biaya mengaktifkan rekening BNI yang dormant

Biaya yang ditagihkan tergantung jenis rekening BNI yang kamu gunakan dan lama rekening kamu dalam kondisi Dormat. Misalkan untuk rekening BNI Taplus dengan Kartu debit Silver. Biaya administrasi bulanannya adalah Rp.11.000 dan Biaya Administrasi debitnya adalah Rp.4000 perbulan. Biaya saldo dibawah minimum adalah Rp.5000 perbulan. Denda keterlambatan biaya administrasi adalah Rp.10.000 Perbulan. Apabila saldo rekening Rp.0 selama 3 bulan, maka akan ditagihkan (11.000 + 4000 + 5000 + 10.000) x 3 = Rp. 90.000.

Cara lain untuk mengetahui status rekening BNI anda masih aktif atau tidak adalah dengan menghubungi BNI Call di Nomor 1500046 atau kunjungi kantor cabang bank BNI terdekat.

Tidak ada komentar: