Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Review Kartu Kredit DBS Visa Travel Platinum

Kartu Kredit DBS Visa Travel Platinum
Apa yang perlu kamu ketahui mengenai kartu kredit DBS platinum? Mungkin kamu baru menerima kartu ini atau mungkin juga baru mengajukan. Sebagai pemegang kartu kredit yang baru, kamu pasti penasaran dengan jawaban untuk pertanyaan di bawah ini:

  • Berapa limit kartu kredit DBS Platinum yang baru saja kamu terima?
  • Kapan tanggal pencetakan tagihan dan kapan tanggal jatuh temponya? 

Kartu Kredit Digibank Visa Travel Platinum

Untuk mengetahui berapa limit kartu kredit DBS Platinum yang baru kamu terima. Silahkan lihat di selebaran yang dikirim bersamaan dengan kartu kreditmu. Lihat gambar di bawah ini!

Informasi limit Kartu Kredit DBS Visa Travel Platinum di selebaran

Nomor Kartu Kredit Digibank Visa Travel Platinum

Gambar nomor 1 - Berisi informasi 16 digit nomor kartu kredit visa travel platinum-mu. 16 Digit nomor tersebut tentu tertulis juga di-bagian depan kartu kreditmu. Kamu menerima kartu kredit Visa platinum dengan BIN 437450. Nomor Bin kartu kredit adalah 6 digit pertama dari 16 digit nomor kartu tersebut. Semua kartu kredit DBS visa travel platinum akan diawali dengan nomor BIN yang sama.

Nomor kartu kredit haruslah private dan tidak bisa di-informasikan kesembarang orang. Apabila kamu curiga seseorang telah mengetahui nomor kartu kreditmu dan kamu mulai tidak nyaman. Silahkan hubungi CS DBS dan minta pergantian kartu.


Limit Kartu Kredit DBS VISA Platinum

Gambar  nomor 2 - Berisi informasi mengenai limit kartu kredit visa platinum dbs yang baru kamu terima. Limit kartu kredit tidak selalu sama walaupun jenis kartunya sama. Temanmu yang menerima kartu kredit dengan logo yang sama mungkin saja menerima kartu dengan limit yang lebih besar atau lebih kecil.

Informasi limit yang tertulis pada selebaran (seperti gambar di atas) adalah total keseluruhan limit pada kartu tersebut. Total limit tersebut bisa kamu habiskan untuk bayar perbelanjaan. Tetapi, hanya sekian persen dari limit tersebut yang bisa kamu tarik di mesin atm.

Untuk mengetahui berapa sisa limit kartu kredit DBS-mu bisa dicek melalui lembar tagihan, Mobile banking digibank, Internet banking digibank dan melalui Call center digibank. Baca Mobile banking Digibank Kartu Kredit.

Bila kamu menginginkan kenaikan kredit limit permanent atau kenaikan kredit limit sementara, bisa diajukan juga melalui Mobile banking digibank. Baca Kenaikan kredit limit digibank!


Tagihan Kartu Kredit DBS Visa Platinum

Gambar nomor 3 - Berisi informasi mengenai tanggal cetak tagihan kartu kreditmu. Setiap bulan pada tanggal tersebut, tagihanmu akan dicetak dan akan dikirimkan melalui email atau kurir. Tanggal jatuh tempo kartu kredit bank DBS adalah 16 hari kalender dari tanggal cetak. Jadi misalkan tanggal cetak tagihanmu tertulis setiap tanggal 20 setiap bulan, maka jatuh temponya adalah 16 hari setelah tanggal tersebut. Lihat Gambar Bagian atas lembar tagihan kartu kredit DBS berikut!

Baca lembar tagihan Kartu Kredit DBS Visa Travel Platinum

Berikut ini adalah keterangan gambar lembar tagihan kartu kredit dbs:

  1. Tanggal cetak tagihan - Tanggal dimana semua transaksi dalam satu periode dibukukan.
  2. Tanggal Jatuh Tempo - Tanggal pembayaran terakhir tagihanmu.
  3. Total tagihan bulan ini - Bila kamu melunasi semua total tagihan dalam satu bulan, maka bank DBS tidak akan membungakan transaksi retailmu (di luar cicilan tetap dan tarik tunai). 
  4. Minimum Pembayaran - Bila kamu hanya mampu bayar minimum yaitu 10%, kolektibilitas kamu tetap lancar dan tidak masalah. Hanya saja, pembayaran minimum akan mengakibatkan ditagihkannya bunga 2.25% dari keseluruhan transaksimu.
  5. Sisa limit yang masih bisa digunakan untuk perbelanjaan
  6. Sisa limit yang masih bisa ditarik di mesin atm
Bila kamu kurang nyaman dengan tanggal cetak tagihan kartu kredit, silahkan coba mengajukan perubahan melalui call center. Umumnya kartu kredit Non-cobranding memiliki fitur perubahan tanggal cetak.

Aktivasi dan Pembuatan PIN - Kartu kredit DBS Platinum yang kamu terima wajib diaktivasi terlebih dahulu. Kemudian, kamu juga harus membuat 6 digit pin kartu tersebut. Sebelumnya, saya sudah membahas mengenai cara aktivasi kartu kredit bank DBS. Baca Cara Aktivasi Kartu Kredit DBS!

Fitur dan Fasilitas DBS Visa Travel Platinum

Seperti kartu kredit visa pada umumnya, kamu bisa melakukan banyak hal dengan kartu kredit ini. Berikut ini adalah beberapa keuntungan kartu kredit dbs visa Travel Platinum:

  • Transaksi Online - Pembayaran perbelanjaan disemua merchant online yang menerima pembayaran dengan kartu kredit.
  • Transaksi Fisik - Transaksi dengan menempelkan kartu pada mesin edc di semua toko yang punya mesin edc support visa.
  • Tarik Tunai - Transaksi penarikan  uang cash dari sebagian sisa limit di mesin atm.
  • Transfer Dana - Permintaan transfer uang dari kartu kredit ke rekening melalui call center.
  • Bill Payment - Biarkan kartu kreditmu membayar tagihan air, listrik, internet, tv berlangganan, HP, secara otomatis setiap bulan. Daftar melalui call center!
  • Direct Debit - Pembayaran otomatis kartu kreditmu. Bank akan secara otomatis memotong saldo tabunganmu untuk membayar kartu kredit. Kamu bisa memilih bayar otomatis minimum atau full payment.
  • Cicilan - Fitur cicilan promo 0% dari toko diproses langsung saat chechout atau pembayaran di mesin EDC. Cicilan reguler bunga ringan adalah perubahan transaksi minimal 500 ribu diubah menjadi cicilan tetap. Proses melalui Mobile Banking Digibank. Baca Cicilan kartu kredit DBS!
  • Reward Point - Adalah poin appresiasi yang diberikan oleh bank DBS untuk setiap transaksi yang kamu lakukan di kartu kreditmu. Baca Reward Point DBS!
  • Kartu Tambahan - Berikan kartu kredit kepada keluarga inti misalkan istri atau anak (usia minimal 17 Tahun). Kartu kredit tambahan menggunakan limit dari kartu kreditmu.
  • Credit Shield - Adalah fasilitas asuransi perlindungan tagihan kartu kredit dbs dengan premi ringan. Hubungi call center untuk pendaftaran atau pembatalan.
  • Dan masih banyak lagi.


 Masih banyak lagi keuntunggan yang bisa kamu dapatkan dari kartu kredit ini seperti airport lounge dan diskon-diskon menarik lainnya. Umumnya kartu kredit visa travel platinum ini memiliki kelebihan pada program-program traveling seperti airport lounge, mileage, asuransi perjalanan, free Produk Starbucks di airport dan lain-lain.

Iuran Tahunan dan Biaya Lainnya

Iuran tahunan kartu kredit dbs visa travel platinum adalah Rp. 750.000 pertahun. Bila kamu membuat kartu tambahan juga, iurannya adalah Rp.450.000 Pertahun. Umumnya, bank akan memberikan gratis iuran tahunan 1 tahun pertama. Kamu juga bisa membayarkan iuran tahunan kartu kreditmu dengan memotong reward point yang kamu kumpulkan dalam satu tahun. Penagihan iuran tagihan kartu kredit menggunakan sistem bayar dulu baru pakai. Jadi bayar satu tahun iuran tahunan dan pakai selama satu tahun ke-depan.

Berikut ini adalah biaya-biaya kartu kredit DBS visa travel Platinum:


  • Bunga reguler 2.25%
  • Bunga tarik tunai 2.25%
  • Denda keterlambatan 3% maksimal Rp.150.000
  • Biaya Tarik tunai 6% minimal Rp.100.000 Pertransaksi
  • Biaya Overlimit 5% dari dana yang over dan minimal Rp.150.000
  • Biaya permintaan cicilan Rp.15.000 Pertransaksi
  • Biaya percepatan pelunasan cicilan Rp.200.000 Pertransaksi
  • Biaya transfer dana Rp.15.000
  • Biaya cetak dan pengiriman tagihan Rp.15.000 Perbulan

Biaya-biaya kartu kredit di bank DBS umumnya tidak terlalu jauh berbeda dari kebanyakan bank. kalau bunga dan denda keterlambatan dipastikan sama di semua bank karena ditentukan oleh Bank Indonesia.

Berikut ini Tips Menggunakan kartu Kredit DBS platinum supaya tidak boros biaya:


  • Hati-hati menggunakan kartumu, cek limitnya sebelum transaksi dan jangan sampai overlimit. karena biaya overlimit lumayan juga besarnya.
  • Minta percetakan tagihan dan pengiriman via kurir dihentikan. Sebaliknya, minta tagihan dikirimkan via email saja (sistem ebilling gratis).
  • Jangan terlalu sering tarik tunai, bila tidak mendadak pertimbangkan untuk transfer dana. 
  • Jangan bayar tagihan kartu kredit via teller karena biayanya mahal.


Bila kamu punya pertanyaan lain seputar kartu kredit Digibank Visa Travel Platinum silahkan tuliskan pada kolom komentar di bawah!
Roy Passenger
Roy Passenger Selamat datang di Kartu Bank! Saya Roy Passenger. Baca Novelku di Google play Book, Yah! Klik Di Sini (Khusus Dewasa)