Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bayar Pakai Virtual Account - Harus daftar Dulu Kah?

Masih ada yang bingung nga dengan istilah Virtual Account BRI, BNI, Mandiri, BCA dan bank lainnya? Sampai-sampai query "Cara daftar virtual account"  sempat menjadi Trending di google trends.

Harus daftar dulu baru bisa pakai virtual account?


Nah Bagi yang masih bingung, mungkin penjelasan singkat ini bisa membantu anda.

Jadi, ketika beli sesuatu dari toko online, anda tidak ragu lagi untuk memilih metode pembayaran Virtual account. Misalnya bayar pakai BRIVA di Tokopedia, shopee, Lazada atau Olshop poluler lainnya.

Virtual Account Tidak sama seperti Rekening Ponsel.

Untuk menggunakan rekening ponsel atau uang elektronik lainnya anda harus daftar dulu. Beda dengan virtual account. Metode pembayaran dengan virtual account itu sama seperti sebuah fitur rekening.

Kalau dulu kita mengenal metode pembayaran dengan pilihan Transfer. Sekarang kita mengenal metode pembayaran dengan virtual account.

Dulu Nih, Kalau misalkan kita mau bayar Tokopedia pakai metode pembayaran Transfer bank. Kita kan nga harus daftar dulu.

Kita tidak menelepon call center bank BRI untuk infoin kalau kita mau daftar Transfer.

Jadi selama kita memiliki rekening bank, kita bisa memilih metode pembayaran dengan virtual account. 

Apa yang membedakan metode pembayaran transfer dengan Virtual account?

Cara Daftar Virtual Account


Metode pembayaran dengan transfer bank itu sangat ribet. Karena setiap kali kita belanja, kemudian bayar, kemudian kita harus konfirmasi pembayaran lagi di Olshop tersebut.

Nah, berhubung karena toko online sudah semakin ramai peminatnya.

Maka, cara bayar dengan metode transfer dan konfirmasi sepertinya kurang efisien. Maka muncullah istilah Bayar Pakai Virtual account.

Dimana pembayaran dengan menggunakan metode virtual account tidak perlu melakukan konfirmasi pembayaran lagi.

Kenapa Bayar Pakai Virtual Account tidak perlu Konfirmasi

Karena setiap nomor virtual account itu pasti berbeda-beda tiap nasabah. Atau pada nomor virtual account yang kita terima dari sebuah toko pasti memiliki nomor spesifik yang berhubungan dengan kita.

Misalkan nomor virtual account bri yang kita terima dari Tokopedia adalah 5 Kode perusahaan + Nomor handphone kita. 

Jadi ketika kita melakukan pembayaran, secara otomatis sistem akan mengetahui kalau pembayaran itu adalah pembayaran kita.

Siapa yang harus mendaftar Virtual Account!

Tidak ada. Yang harus mendaftar adalah pemilik usaha atau toko online supaya toko onlinenya support dengan metode pembayaran Virtual account.


Itu dia penjelasan singkat mengenai virtual account. Tuliskan komentar kamu di kolom komentar di bawah ini!



Roy Passenger
Roy Passenger Selamat datang di Kartu Bank! Saya Roy Passenger. Baca Novelku di Google play Book, Yah! Klik Di Sini (Khusus Dewasa)