5 Cara Mengetahui Nomor Kartu Kredit Sendiri Bila Hilang atau Tertinggal

Kalau kamu menghubungi call center untuk meminta nomor kartu kredit yang masih aktif. Sampai mulut berbusa-pun mereka tidak akan berani menyebutkan nomor kartu kredit lewat telephone. Jadi bagaimana caranya supaya kamu bisa mengetahui nomor kartu kreditmu sendiri saat kartu kredit hilang, tercecer atau mungkin tertinggal di rumah.

Kalau kartu kredit tercecer dan kamu hanya minta diblokir sementara. Maka call center tidak akan mau menyebutkan nomor kartu kreditmu. Kecuali, kamu sudah pasrah dan meminta kartu kredit diblokir permanent baru mereka akan memberitahukan nomor kartu kreditmu. Lantas bagaimana caranya?

Berikut ini adalah 5 Cara untuk mengetahui nomor kartu kredit:
  1. Lihat di lembar Tagihan
  2. Lihat di struk pembayaran
  3. Tanya Call Center bila kartu sudah diblokir permanen
  4. Cek di surat kuasa pendebetan
  5. Cek di e channel Kartu Kredit

Cara Mengetahui Nomor Kartu Kredit Sendiri

#Demi Bapak Google yang menyarankan untuk selalu memberikan definisi.
Nomor Kartu Kredit adalah 16 digit angka yang biasanya tertulis di bagian depan kartu kredit. Umum-nya nomor kartu kredit terdiri dari 6 digit BIN dan 10 Nomor unik. 6 digit pertama adalah nomor BIN yang pasti sama untuk semua jenis kartu kredit yang sama dan sisanya nomor Unik. Nomor kartu kredit MasterCard umumnya dimulai dengan angka 5 dan Nomor kartu kredit Visa umumnya dimulai dengan angka 4.

Lihat Nomor Kartu Kredit di Lembar Tagihan

Bila kamu menggunakan jasa pengiriman tagihan hard copy kartu kredit. Kamu bisa melihat nomor kartu kreditmu di sana. Sesuai dengan surat edaran bank Indonesia, Nomor Kartu kredit adalah salah satu informasi yang harus dituliskan oleh bank pada lembar tagihan.

Hal ini bertujuan, supaya kamu tidak salah bayar bila punya lebih dari satu kartu kredit di bank yang sama. Cara pertama untuk mengetahui nomor kartu kredit adalah dengan melihatnya di lembar tagihan hard copy.

#Bila kamu pakai e-statement atau e-billing 

Inilah salah satu keuntungan menggunakan e-billing, selain gratis, juga sangat mudah diakses. Kamu tinggal buka email melalui hp atau pc di kantor kamu.
Umunya email akan meminta password untuk membuka e-billing - Dan umumnya passwordnya adalah 2 digit tanggal lahir + 2 digit bulan lahir + 2 digit Tahun lahir + 4 digit terakhir nomor kartu kredit, contohnya 0101881234.

Pada tagihan kartu kredit yang dikirimkan via email, pasti terdapat informasi mengenai 16 digit nomor kartu kreditmu. Bila kamu punya lebih dari 1 kartu kredit dan ragu menentukan yang mana nomor yang mana, lihat rincian transaksi pada lembar tagihan tersebut, mungkin itu bisa membantu.

Coba Cek di Struk Pembayaran yang lama

Letak nomor kartu kredit pada struk pembayaran

Mungkin ada di struk pembayaran yang terselip di Laci mejamu atau di Tasmu atau bahkan di dompetmu. Struk pembayaran kartu kredit jangan dibuang, karena biasanya pada struk tersebut terdapat juga informasi 16 digit nomor kartu kredit. 

Walaupun, saya tidak bisa memastikan apakah semua atm bank menuliskan nomor kartu kredit di struk pembayaran. 

Tetapi, bila kamu biasanya menggunakan nomor pelanggan untuk bayar tagihan kartu kredit, maka yang tertulis di struk juga adalah informasi nomor pelanggan.

In Case Kartu Kredit Hilang - Tanya Call Center!

Seperti yang sudah saya sampaikan sebelumnya, bila kartu kredit masih diblokir sementara. Call Center tidak akan mau menginformasikan nomor kartu kredit kita.

Mungkin kamu memerlukan nomor kartu kredit tersebut untuk pembayaran. Sebaiknya, minta diblokir permanent saja dan minta diganti langsung. Dengan begitu mereka baru bisa memberitahukan 16 digit nomor kartu kredit.

Minta supaya kartu kredit baru segera dicetak dan dikirim ke alamat surat menyurat. Biasanya kamu akan dikenakan biaya pergantian kartu kredit yang hilang dengan nominal 40 ribu hingga 70 ribu tergantung bank yang kamu gunakan.

Cek di Surat Kuasa Pendebetan Kartu Kredit

Bila kamu membayarkan asuransi dengan metode pembayaran otomatis. Kamu pasti harus membuat surat kuasa pendebetan kartu kredit untuk pembayaran asuransi atau jenis tagihan tetap lainnya secara otomatis.

Pada surat kuasa Pendebetan kartu kredit tersebut dipastikan akan ada informasi 16 digit nomor kartu kreditmu. 

Lihat di E Channel Kartu Kredit

Apakah kamu pengguna mbca, mandiri online, mega card mobile atau jenis e channel bank lainnya yang memang terhubung dengan kartu kredit? Bila Iya. Maka kamu bisa melihat nomor kartu kreditmu dengan mudah di sana.

Saya juga tidak bisa memastikan apakah ada informasi nomor kartu kredit pada aplikasi e channel yang tidak terhubung dengan kartu kredit, misalnya bila kita pernah bayar kartu kredit via internet banking atau jenis e channel pembayaran lainnya.

#Yang tidak bisa saya Pastikan
Saya tidak tahu apakah dimutasi rekening ada nomor kartu kredit, karena saya tidak pernah print mutasi rekening di kantor cabang. Beberapa kali print mutasi rekening di atm yang muncul adalah biaya administrasi rekening dan jenis transaksi tidak penting lainnya.

#Kamu tidak Bisa mengetahui Nomor Kartu Kredit dengan Cara ini

Jangan lakukan hal-hal berikut untuk mengetahui nomor kartu kredit, karena dipastikan tidak akan berhasil, sebagai berikut:
  • Bertanya kepada petugas di kantor Cabang - Saya tidak yakin ada yang bisa melihat nomor kartu kredit di kantor cabang bank, kecuali kantor cabang layanan khusus kartu kredit.
  • Bertanya kepada call center saat kondisi kartu masih aktif.
  • Melihat history pembayaran Toko Online - Biasanya toko online hanya akan menampilkan BIN kartu kreditmu saja.

Letak Nomor Kartu Kredit 

Bagi kamu yang tidak tahu dimana letak nomor kartu kredit pada kartu, lihat penjelasan gambar di bawah ini. Semua kartu kredit sama saja, baik kartu kredit BRI, Mandiri, BCA, BNI, Mega dan Bank Lainnya, Posisi Nomor kartu kreditnya sama saja.

Letak atau Posisi Nomor kartu Kredit

Nomor Kartu Kredit terletak di bagian depan kartu dan terdiri dari 16 digit nomor. Lihat Gambar di atas.

Selain nomor kartu kredit, terdapat juga informasi lain pada bagian depan kartu kredit sebagai berikut:
  • valid Thru Kartu kredit adalah masa berlaku kartu kredit yang terdiri dari 4 digit yaitu 2 digit bulan dan 2 digit tahun. Biasanya diperlukan saat transaksi Online.
  • Nama pemegang kartu kredit- Nama yang tertulis di kartu kredit belum tentu sama dengan nama pada kartu identitas kita. Yang biasa diminta saat transaksi online adalah nama yang tertulis di kartu kredit.
  • Nama Bank Penerbit - adalah nama bank yang memproduksi kartu kredit tersebut
  • Logo Kartu Kredit - umunya ada juga logo kartu kredit di bagian depan kartu, misalkan visa card atau Masteracard.
  • Sedangkan CVC/CVV Terletak dibagian belakang kartu kredit yang terdiri dari 3 digit di atas kertas putih licin.
Saya rasa hanya itulah cara-cara mengetahui nomor kartu kredit. Karena nomor kartu kredit itu adalah hal yang sangat rahasia, memang sedikit sulit untuk mengetahuinya. Bila anda punya cara lain yang lebih gampang, silahkan berbagi dengan kami melalui kotak komentar di bawah.

informasi mengenai cara mengetahui nomor kartu kredit ini, Berlaku untuk bank bca, Bank BNI, Bank Mandiri, Bank Mega, bank mnc, bank permata, citibank, danamon, bank hsbc, maybank, cimb niaga dan bank penerbit kartu kredit lainnya.

0 Response to "5 Cara Mengetahui Nomor Kartu Kredit Sendiri Bila Hilang atau Tertinggal"