Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Nomor Referensi pada saat Transfer

Nomor Referensi pada perbankan berasal dari bahasa Inggris yaitu refference yang artinya Acuan atau petunjuk. Jadi nomor referensi artinya adalah nomor acuan atau nomor petunjuk

Nomor referensi adalah nomor unik yang menjelaskan tujuan spesifik transfer dana tersebut. Biasanya diperlukan bila proses transfer adalah untuk pembayaran sebuah produk atau jasa yang memiliki kode unik tertentu. Menurut Investopedia Nomor Referensi saat transfer adalah kode unik per transaksi yang bisa digunakan oleh customer service untuk mengidentifikasi transaksi apabila nasabah menghubungi CS untuk konfirmasi sesuatu hal terkait transaksi tersebut

Nomor Referensi di ATM atau Internet Banking

Bila penerima uang adalah keluarga atau teman atau bukan untuk melakukan pembayaran suatu produk yang menyediakan nomor referensi khusus, Nomor Referensi pada saat transfer di ATM bisa diskip atau tidak usah diisi atau diisi dengan nomor asal-asalan.

Tetapi di Internet banking bri harus di isi.

Nah, apa kode unik yang harus kamu masukkan apabila kamu hanya transfer uang ke orang tua atau teman?

Kalau dari atm skip saja!. Tidak perlu di Isi. Tapi kalau dari internet banking, misalkan kode referensi saat transfer via internet banking bri kamu buat kode sendiri saja. Karang sendiri nomor referensi berupa 3 atau 4 digit atau 5 digit angka misalkan (0, 009, 9976, 78654, 12786). 

Kode referensi itu berbeda dengan kode transfer bank yang tiga digit. Misalkan kode transfer ke BNI 009 bukan itu yang dimaksud sebagai nomor referensi BNi. Kembalikan saja pada pengertiannya, nomor referensi itu digunakan untuk mempermudah mengenal transaksi, atau bila tujuan transfer adalah untuk pembayaran maka digunakan untuk mempermudah mengidentifikasi pembayaran. Jadi karang-karang saja nomor-nya - sesuka hati. Sama halnya dengan nomor referensi BCA atau nomor referensi Mandiri. 

Kuncinya, apakah penerima uang memerlukan nomor referensi? 

Bila tidak maka isi saja sesuka hati atau skip (tidak perlu di-isi).

Roy Passenger
Roy Passenger Selamat datang di Kartu Bank! Saya Roy Passenger. Baca Novelku di Google play Book, Yah! Klik Di Sini (Khusus Dewasa)

Iklan