Cara Mengurus atm Mandiri yang Tertelan dan Diganti dengan Kartu Chip [Pengalaman]

Alur mengurus kartu atm mandiri yang tertelan


Bila atm mandiri tertelan, kartu tidak otomatis terblokir. Nasabah pemegang kartu harus menghubungi Mandiri Call dinomor 14000 untuk melakukan pemblokiran kartu atm tersebut. Kemudian, ganti kartu atm yang tertelan di kantor cabang dengan membawa ktp dan buku rekening. 


Beberapa bulan yang lalu, saya juga mengalami kejadian dimana kartu atm bank mandiri saya  tertelan. Saya langsung menghubungi call center dari lokasi kejadian. Mereka menanyakan nomor rekening supaya kartu atm mandiri saya bisa diblokir. Tetapi saya tidak bawa buku rekening dan saya tidak hafal nomor rekening mandiri saya. Akhirnya, CS Mandiri menanyakan nama dan tanggal lahir. Kemudian menanyakan data verifikasi lainnya. Setelah saya menjawab semua data verifikasi, CS menginformasikan kalau kartu atm saya sudah diblokir. Call center bank mandiri juga menginformasikan jumlah saldo terakhir direkening tabungan saya beserta fasilitas ebanking yang tetap bisa saya gunakan.


Atm Mandiri Tertelan

Ilustrasi atm mandiri tertelan

Siapapun kalau kartu atmnya tertelan pasti kesal bangat. Apalagi, kalau kita sama sekali sudah tidak punya uang cash. Rasanya pengen meluapkan kemarahan pada mesin atm tersebut. Tapi, usahakanlah untuk tetap tenang. Bila kamu memerlukan dana, sebaiknya gunakan rekening tabunganmu dulu untuk menarik uang melalui teller.


Bersyukurlah apabila kartu atm kamu tertelannya di hari kerja dan jam kerja. Karena kamu bisa mengurus pergantiannya hari itu juga. Pengalaman saya pas kartu atm tertelan adalah di hari jumat sore. Bayangkan, saya harus menunggu beberapa hari untuk bisa menganti kartunya. Apalagi, saya bukan tipe orang yang langsung mengambil uang satu bulanan. Saya biasanya mengambil uang hanya untuk satu minggu saja.


Mau tidak mau, karena saya sama sekali sudah tidak punya uang cash, saya akhirnya menggunakan kartu kredit untuk tarik tunai dan resikonya adalah biayanya yang sangat mahal. Saya hanya tarik tunai tiga ratus ribu dan biayanya Rp.100.000 plus bunganya langsung berjalan.


Penyebab Kartu ATM Tertelan

Ada dua penyebab kartu atm bisa tertelan. Penyebab yang pertama adalah karena jaringan error dan penyebab kedua adalah karena terlalu lama memasukkan data-data. Biasanya mesin atm akan blank atau menampilkan tulisan error bila jaringan memang sedang error. Tetapi, terkadang layar atm yang terlihat normal-pun ternyata sedang error.


Berikut ini adalah tips supaya kartu atm mandiri kamu tidak tertelan:
  • Pastikan layar atm baik-baik saja, tidak blank dan tidak ada tulisan error.
  • Pastikan tidak ada catatan error tertempel pada mesin atm, baik dilayar atau di samping layar.
  • Masukkan kartu atm dengan posisi yang benar. Posisi memasukkan kartu atm mandiri yang benar adalah mengikuti penulisan nomor kartu. Awal nomor dimasukkan terakhir, tulisan mandiri berada di sebelah kanan. Lihat Gambar berikut!
    • Posisi Memasukkan kartu atm bank mandiri
  • Bila kartu seseorang sudah tertelan pada sebuah mesin atm, jangan mencoba untuk memasukkan kartu atm-mu pada mesin tersebut sebelum pihak bank melakukan perbaikan.
  • Jangan membiarkan mesin atm menunggu responmu terlalu lama. Misalkan bila layar meminta nomor pin, maka segeralah masukkan nomor Pin-nya dan jangan sampai lewat 1 menit hanya untuk memasukkan nomor PIN. Beberapa mesin atm memang akan memberikan konfirmasi bila kamu memasukkan data terlalu lama, tetapi mesin atm yang jadul akan langsung menelan kartu atm-mu.


Dulu, bila kamu memasukkan kartu atm yang sudah terblokir ke mesin, kartu tersebut pasti akan ditelan. Bahkan, bila kamu memasukkan pin salah sampai beberapa kali. Mesin juga akan memakan kartu atm-mu. Sekarang, mesin atm sudah lebih bersahabat. Mesin tidak langsung menelan kartu atm yang terblokir, tetapi merespon dengan tulisan 'invalid card' atau 'invalid pin'.


Ganti ATM Bank Mandiri yang Tertelan

Menurut informasi yang saya dapatkan dari call center bank mandiri. Untuk menganti atm bank mandiri yang tertelan, kita harus mengujungi kantor cabang bank mandiri terdekat. (TIDAK HARUS KANTOR PEMBUKA REKENING). Saya disuruh untuk membawa Buku tabungan bank mandiri dan eKTP.


Masalahnya waktu itu, saya belum punya ektp, saya hanya punya ktp lama. Bahkan, saya belum rekam data. Akhirnya, saya langsung ke kantor kecamatan untuk merekam data. Dan ternyata Resi KTP baru bisa keluar 7 hari setelahnya. Dengan sangat terpaksa saya menggunakan kartu kredit selama seminggu itu.


Setelah Resi KTP saya selesai, saya langsung mengunjungi kantor cabang bank Mandiri. Saat itu, tidak ada antrian. Jadi saya langsung disuruh untuk mengisi formulir. Data-data yang di-isi biasa-biasa saja, tidak ada yang sesulit soal CPNS, hanya data pribadi.


Setelah saya mengisi data, saya langsung ke meja CS dan memberikan formulir permohonan pergantian kartu atm mandiri yang tertelan tersebut, dilampirkan dengan Resi ektp dan buku tabungan.


Berikut ini adalah langkah-langkah mengurus atm Mandiri yang tertelan:
  • Hubungi call center bank mandiri di nomor 14000 untuk pemblokiran
  • Bawa KTP dan buku rekening ke kantor cabang
  • Sediakan biaya ganti atm mandiri yang tertelan Rp. 15000 dan materai Rp. 6000
  • Isi Formulir di kantor cabang
  • Berikan formulir kepada CS
  • Cs akan memberikan kartu atm baru
  • Buat PIN kartu atm baru tersebut di teller
  • Selesai


Atm Magnetic stripe diganti dengan atm CHIP


Saat proses pergantian kartu sudah selesai. Saya lihat CS-nya mengambil kartu dan memberikan kartu dengan design batik. Beda dengan design kartu atm saya yang lama. Dibagian depan seperti ada CHIPnya, bentuknya seperti kartu Hp dari Simpati atau Indosat. Dan ternyata benar, Mbak CS Mandiri menginformasikan kalau kartu atm baru saya sudah menggunakan teknologi CHIP.


Biaya Ganti Kartu ATM Mandiri Yang tertelan - Waktu itu saya dikenakan biaya Rp.15.000 dan Materai Rp.6000. Tetapi saya sudah lupa apakah waktu itu biayanya diambil dari rekening saya atau saya bayar pakai cash, saya lupa.

Buat PIN atm pergantian di Teller

Buat Pin Kartu atm Mandiri yang baru Di Teller - Setelah kartu atm mandiri yang tertelan diganti oleh CS. Saya disuruh menghadap ke meja Teller untuk pembuatan PIN. Proses mengurus atm mandiri yang tertelan tidak lama kalau tidak ada antrian. 


Tarik Tunai gagal setelah ganti atm Mandiri - Setelah keluar dari kantor cabang, saya sudah tidak sabar lagi ingin menarik uang. Maklum selama seminggu hidup saya bergantung kepada kartu kredit yang biaya tarik tunainya jauh lebih mahal. Saya coba melakukan penarikan tunai, tetapi transaksi saya malah gagal.  Saya masuk lagi ke kantor cabang dan saya tanya CS-nya.
Saya Bertanya, "Mbak kok belum bisa ya tarik tunai?"
CS Mandiri menjawab, "Oh ditunggu saja Pak, nanti sekitar 2 jam lagi baru dicoba."
Dan ternyata benar, 2 jam kemudian saya coba untuk tarik tunai dan akhirnya berhasil. 


FAQ Kartu ATM Mandiri Tertelan



Apakah Kartu ATM Mandiri otomatis terblokir bila tertelan?
Selalu disarankan untuk menghubungi call center untuk pemblokiran. Karena tidak ada yang tahu pasti akan hal itu. Hubungi call center bank mandiri 14000.


Apakah Internet Banking dan SMS banking bank mandiri tidak bisa digunakan setelah atm diblokir karena tertelan?
Semua echannel diluar yang menggunakan kartu atm masih berfungsi, seperti internet banking dan sms banking bank mandiri.


ATM Mandiri tertelan KTP Hilang, Bagaimana itu?< br /> Urus resi KTP atau Minta surat kehilangan KTP dari Kepolisian.


ATM Mandiri tertelan Buku Rekening Hilang?
Bila buku rekening hilang, minta surat kehilangan dari kantor kepolisian dan kunjungi kantor mandiri pembuka rekening tersebut.


Cara mengambil Uang bila atm mandiri tertelan?
Kunjungi kantor cabang bank mandiri dengan membawa buku rekening dan KTP. Sama saja, mending sekalian urus atm yang hilang saja.


Berapa lama mengurus atm mandiri yang tertelan?
Sekitar 15 menit semenjak kamu duduk di kursi CS bank mandiri.


Apa penyebab kartu ATM Mandiri Tertelan?
Ada dua penyebab kartu atm mandiri tertelan yaitu kegagalan koneksi atau gagal jaringan dan keterlambatan respon dari pengguna seperti membiarkan kartu atm di dalam mesin terlalu lama tanpa melakukan transaksi apapun.


0 Response to "Cara Mengurus atm Mandiri yang Tertelan dan Diganti dengan Kartu Chip [Pengalaman]"