Cara Bayar Kartu Kredit Yang Hilang atau yang diblokir

Keraguan pasti dirasakan oleh orang yang kehilangan kartu kredit saat hendak melakukan pembayaran. Apakah harus menunggu kartu kredit pergantian baru bisa melakukan pembayaran?

Ilustrasi ketakutan bayar kartu kredit yang hilang

Pembayaran Kartu Kredit yang Hilang/Blokir

Pembayaran kartu kredit yang hilang tetap dilakukan ke nomor kartu kredit yang sudah hilang dan diblokir tersebut. Dengan kondisi, kartu pergantian belum sampai di tangan pemegang kartu.

Bila kartu kredit pergantian sudah tercetak tetapi masih dalam pengiriman, pembayaran tetap masih dilakukan di kartu kredit yang lama.

Tetapi, setelah kartu pergantian sampai, maka pembayaran sudah bisa dilakukan dengan menggunakan nomor kartu kredit yang baru.


Tagihan di kartu kredit yang hilang

Tagihan ataupun cicilan di kartu kredit yang hilang akan otomatis berpindah ke kartu kredit yang baru. Saat kartu kredit yang baru di-cetak, secara otomatis sistem telah mengoneksikan kedua kartu tersebut. Jadi pemegang kartu tidak perlu kwatir kalau dana yang dibayarkan akan hilang, dana tetap masuk walupun kartu sudah diblokir. Yang penting jangan sampai salah memasukkan nomor kartu kredit saja.

Bill Payment atau asuransi di Kartu Kredit yang hilang

Bila pemegang kartu kredit yang hilang memiliki tagihan tetap yang biasanya dibayarkan secara otomatis melalui kartu kredit. 

Sebaiknya, pemegang kartu membuat laporang mengenai hal tersebut kepada call center bank. 

Tetapi, tidak semua bill payment bisa dipindahkan oleh bank, pembayaran tagihan produk/perusahaan yang tidak bekerja sama dengan bank harus dilakukan oleh perusahaan tersebut.

Misalkan asuransi yang tidak bekerja sama, pemegang kartu kredit harus menghubungi asuransi tersebut untuk melaporkan data kartu kredit yang baru supaya mereka bisa melakukan pendebetan.

Point Reward di Kartu Kredit  yang Hilang

Point reward yang dikumpulkan oleh pemegang kartu kredit tidak akan hangus apabila kartu diganti. Poin reward biasanya diakumulasi berdasarkan nomor consumer bukan nomor kartu kredit. Jadi Point reward kartu kredit anda dipastikan tidak ada masalah apabila anda kehilangan kartu kredit.

Demikian beberapa poin penting tentang pembayaran dan tagihan pada kartu kredit yang hilang. Apabila anda punya pertanyaan lain silahkan tuliskan di kolom komentar atau hubungi bank anda.

0 Komentar "Cara Bayar Kartu Kredit Yang Hilang atau yang diblokir"