9 Tips Aman Transaksi di ATM Supaya Tidak Kena Skimming

Tips aman bertransaksi di mesin atm untuk menghindari kamu dari skimming. Skimming adalah pengandaan data kartu atm atau data perbankan kamu untuk disalahgunakan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab.

Skimming dilakukan dengan meletakkan alat perekam atau skimmer pada mesin atm. Skimming bukanlah satu-satunya hal negative yang bisa terjadi padamu di mesin atm. Modus kejahatan seperti penipuan, perampokan bisa saja terjadi saat kamu berada di mesin atm. Baca 9 Tips aman bertransaksi di mesin atm berikut ini!

1. Perhatikan! Apakah ada yang mencurigakan pada mesin atm?


Contoh skimmer - Tips aman bertransaksi di mesin atm
Pastikan tidak ada hal-hal yang mencurigakan di mesin atm
Adalah tips aman yang paling utama saat bertransaksi di mesin atm

Tahukah kamu, kalau skimming atau pencurian data kartu atm bisa dilakukan oleh oknum-oknum jahat. Mereka memasang sejenis alat skimmer pada mulut atm atau tempat memasukkan kartu di mesin atm. Alat tersebut berguna untuk merekan data chip kartu atm kamu untuk digandakan.

Untuk itu, pastikan untuk melihat kondisi mesin atm terlebih dahulu. Pastikan semuanya normal-normal saja. Ini adalah tips aman paling penting saat bertransaksi di mesin atm.

Artinya, tidak ada benda-benda elektronik mencurigakan yang menempel pada mesin atm tersebut. Kalau bisa, gunakan mesin atm yang keypadnya memiliki kubah penutup, supaya Pin kartu atm kamu tidak bisa dilihat atau direkam.

2. Tips Aman Bertransaksi di atm, Pastikan Nomor Call Center yang tertulis pada mesin atm 

Sticker penipuan pada mesin atm
Pastikan Nomor call center pada mesin atm tertulis dengan benar

Nomor Call center bank biasanya tertulis atau terinformasi pada mesin atm. Pastikan nomor telepon yang tertulis di sana adalah nomor telepone bank pemilik atm tersebut.

Pasalnya, bila yang tertulis di sana adalah nomor yang lain, itu sangat mencurigakan.

Bisa saja, sudah ada alat skimming atau oknum jahat yang sedang merencanakan sesuatu.

Bila kamu menemukan sebuah mesin atm dengan nomor call center yang berbeda, segera laporkan kepada bank pemilik atm tersebut.

3. Supaya aman Biasakan untuk menutup keypad dengan Tangan

Tips aman transaksi di atm dengan melindungi pin
Lindungi pin atm kamu dengan tangan supaya tetap aman 

Menutup Pin dengan tangan adalah hal yang sangat berguna untuk membantu mengamankan kartu atm kamu dari serangan skimmer. Bila data kartu atm kamu bisa digandakan, paling tidak PIN atm kamu kemungkinan masih aman.

Hal ini memang terdengar sepele, tetapi membiasakan diri untuk menutup keypad saat memasukkan PIN terbukti bisa mengurangi resiko data perbankan kamu dicuri oleh skimmer.

4. Tips aman di atm, Jangan Minta tolong atau Menolong Orang di Atm

Bila kamu mengalami kesulitan saat bertransaksi, jangan sesekali meminta orang lain yang sedang mengantri atau berada di sana untuk menolong kamu. Jangan biarkan mereka mengambil kendali mesin atm untuk melakukan transaksimu.

Selain itu, sebaiknya jangan mau menolong seseorang yang meminta bantuanmu untuk melakukan transaksi dengan kartu atm mereka di mesin atm.

Banyak kejadian dimana orang melakukan kejahatan dengan pura-pura meminta pertolongan di mesin atm.

Banyak modus yang mereka jalankan, misalnya mengaku telah dirampok, mengaku telah dipaksa dan lain-lain.

Bila memungkinkan dimana mesin atm berada di kantor cabang, silahkan bertanya langsung kepada CS bagaimana melakukan transaksimu.

5. Jangan Pernah melupakan kartu atm setelah transaksi selesai

Banyak sekali kejadian dimana orang lupa mengambil kembali kartu atm mereka dari mesin atm. Hal ini sangat beresiko, bisa saja orang lain menggunakan kartu atm kamu.

Bahkan kartu atm kamu juga bisa ditelan oleh mesin atm dan tentunya hal itu akan menyita waktumu untuk mengurus kartu atm yang baru.

Jadi pastikan mengambil kembali kartu atm kamu sebelum keluar dari ruangan atm yang kamu gunakan.

6. Jangan Pernah meminjamkan Kartu ATM kamu

Bisa saja kamu terlalu percaya dengan seseorang yang baru kamu kenal, seorang teman misalkan. Kemudian, karena kamu malas ke mesin atm, kamu menyuruhnya untuk sekalian mengambilkan uang untukmu.

Hal ini sangat beresiko, selain data perbankan kamu adalah hal yang harusnya privacymu, tidak semua orang terlihat seperti bentuk luarnya.

Atau bahkan, bila orang tersebut adalah orang yang benar-benar baik, meminjakan atm kepada orang lain bisa mengakibatkan atm kamu terblokir apabila salah pin sampai tiga kali.

Jadi Tips aman bertransaksi di mesin atm ke enam adalah jangan meminjamkan kartu atm kamu kepada orang lain, siapapun itu.

7. Tips aman atm, Biasakan untuk sering menganti Pin atm Kamu.

Rajin menganti pin atm adalah tips aman bertransaksi di mesin atm. Hal ini akan mengurangi resiko skimming atau pencurian data perbankan kamu.

8. Jangan mudah percaya dengan Hadiah mendadak 

Kebanyakan kasus penipuan yang terjadi adalah seseorang diinformasikan telah mendapatkan hadiah mendadak.

Hadiah mendadak ini biasanya memiliki syarat seperti harus mengirimkan pajak, ongkos kirim dan lainnya.

Bila kamu mendapatkan sebuah hadiah dan memintamu untuk transfer pajak atau biaya lainnya melalui mesin atm, sebaiknya pastikan terlebih dahulu mengenai informasi hadiah tersebut.


9. Jangan Mudah percaya dengan Penelepon yang mengaku telah mengamankan saudaramu

Modus paling sering yang mereka lakukan adalah meneleponmu dan berkata kalau anakmu atau saudaramu sedang ada di kantor polisi karena telah kedapatan melakukan kejahatan.

Modus lainnya adalah mengakatan kalau saudaramu atau temanmu telah kecelakaan dan meminta dana untuk rumah sakit.

Biasakan untuk memastikan segala sesuatuanya kepada orang-orang yang diinfokan telah bermasalah atau sakit sebelum memutuskan untuk transfer dana dari mesin atm.

Nah, itu dia 9 Tips aman bertransaksi di mesin atm yang wajib kamu ketahui. Amankan data-data perbankan kamu dari skimmer dengan mengikuti arahan-arahan di atas.

Bila kamu ada pertanyaan atau masukan silahkan tuliskan di kolom komentar!

0 Response to "9 Tips Aman Transaksi di ATM Supaya Tidak Kena Skimming"