Bisakah Menabung di Kartu Kredit - Pembayaran Berlebih

Melakukan pembayaran yang berlebihan di kartu kredit akan mengakibatkan adalahnya saldo credit atau sering ditulis dengan tanda cr. 

Misalkan tagihan hanya 1 juta tetapi pemegang kartu melakuakan pembayaran sebesar 10 Juta.

Ada beberapa alasan kenapa pemegang kartu kredit menumpuk dana atau menabung di kartu kredit, alasan yang paling sering adalah supaya tidak report melakukan pembayaran cicilan bulanan.

Pemegang kartu tentu saja tidak mau membayarkan cicilan langsung lunas, karena biasanya percepatan pelunasan cicilan akan dikenakan penalty.

Bolehkan menabung di Kartu Kredit


Melakukan pembayaran berlebih pada kartu kredit sebenarnya boleh-boleh saja asalkan nonimalnya jangan terlalu besar.

Setahu saya beberapa bank membatasi maksimal saldo credit sebesar 100 juta, apabila sudah melebih dana tersebut maka dana akan dikembalikan ke rekening tabungan.

Apa Untungnya menabung di kartu kredit


Sepertinya tidak ada, karena nasabah pemegang kartu kredit bisa saja mendaftar Direct Payment atau pembayaran otomatis di kantor cabang.

Jadi nasabah tidak perlu menimbun dana di kartu kredit.

Kecuali mungkin ada beberapa nasabah pemegang kartu kredit yang sengaja menimbun dana di kartu kredit karena mau bertransaksi di atas limit.

Dalam hal ini, transaksi biasanya akan berhasil (meskipun tidak ada jaminan, karena pihak otorisasi bank bisa saja sewaktu-waktu me-reject transaksi) Dan satu lagi, transaksi yang dilakukan di atas batas limit tidak akan bisa dijadikan cicilan.

Solusi untuk melakukan transaksi di atas limit, bila transaksinya adalah transaksi Offline adalah dengan membayarkan sebagian nominal transaksi dengan cash.

Kebanyakan toko tidak masalah dengan hal itu.

Apakah ada Sanksi bila nasabah menimbun dana di kartu kredit

Sejauh yang saya ketahui, tidak ada sanksi untuk nasabah yang menabung di kartu kredit. Sanksi satu-satunya adalah kemungkinan dana akan dikembalikan ke rekening bila nominalnya sudah terlalu besar.

0 Response to "Bisakah Menabung di Kartu Kredit - Pembayaran Berlebih"