Mengenal Asuransi Kartu Kredit BCA Credit Life

Asuransi kartu kredit BCA credit life adalah asuransi yang melindungi tagihan kartu kredit.

Semua bank penerbit kartu kredit memiliki produk asuransi perlindungan tagihan kartu kredit. Nah, di bank BCA produk ini disebut dengan nama BCA Credit life.

Gambar Ilustrasi asuransi BCA Credit Life
Jenis asuransi yang melindungi tagihan kartu kredit


BCA Credit life sesungguhnya adalah produk dari anak perusahaan BCA yang bergerak dibidang asuransi yaitu BCA Life.

Target pemasaran asuransi ini utamanya adalah Nasabah KPR BCA. Tetapi, ada perbedaannya. Program asuransi BCA Credit Life Protection untuk KPR hanya dibayarkan sekali, di awal. Sementara, Asuransi Kartu Kredit BCA Credit Life dibayarkan sekali sebulan dan jaminan perlindungannya pun bulanan juga.

Premi Asuransi Kartu Kredit BCA Credit Life



Premi yang harus dibayarkan oleh nasabah setiap bulannya dihitung dari nominal tagihan yang cetak.

Bila nominal tagihan adalah 0 maka premi asuransi credit Life BCA juga pasti O.

Perhitungan premi asuransi BCA Credit life adalah 0.4% dari Tagihan yang cetak. Jauh lebih kecil dari bunga.

Misalkan Tagihan kartu kredit Bank BCA pak Tono yang cetak dibulan juli adalah Rp. 1.000.000 Maka premi asuransi BCA Credit Life yang harus dibayarkan oleh Pak Tono adalah 1 juta x 0.4% atau sama dengan Rp. 4000.
Nominal Preminya bahkan lebih kecil dari Biaya Materai yang harus dibayarkan nasabah yaitu Rp.6000 untuk pembayaran 1 juta.

Kalau tagihan Pak Tono adalah Rp. 30.000.000. Maka premi asuransi BCA Credit life yang harus dibayarkan oleh Pak Tono adalah 30 juta x 0.4% atau sama dengan Rp. 120.000.

Nah, kalau tagihannya besar, preminya juga semakin besar dan berlaku sebaliknya. Demikian juga mamfaat perlindungannya. Semakin besar tagihan maka semakin besar pula mamfaat perlindungan yang ditawarkan Oleh asuransi ini.


Keuntungan BCA Credit Life

Keuntungan yang pertama adalah Asuransi ini memastikan kalau nasabah yang terkena musibah dan meninggal dunia tidak meninggalkan hutang kartu kredit kepada ahli waris atau sanak keluarga. Karena semua hutang kartu kreditnya akan dibayarkan oleh asuransi.

Karena itulah ketika tagihan 0 maka premi asuransi yang harus dibayarkan juga 0 karena pada saat itu dianggap tidak ada yang harus dilindungi.

Apakah BCA Credit Life wajib diikuti Oleh Nasabah

Bukan hanya nasabah bank BCA saja yang sering mengeluhkan ulah marketing untuk produk asuransi kartu kredit. Tapi dibank-bank lain juga banyak keluhan yang sama.

Jurus yang paling sering digunakan oleh marketing untuk menawarkan asuransi ini adalah dengan mengatakan kalau bca credit life adalah produk wajib untuk pemegang kartu kredit BCA.

Sebenarnya tidak. BCA Credit Life adalah jenis produk optional. Hanya saja, mungkin banyak nasabah yang tidak mengerti ketika mengisi formulir applikasi dan main cek list saja.

Atau sebagian calon pemegang kartu kredit sengaja memberikan Check list dengan harapan supaya kartu kreditnya disetujui. entahlah apakah itu ada pengaruhnya atau tidak.

Jadi kesimpulannya adalah BCA Credit Life adalah asuransi yang tidak wajib diikuti oleh pemegang kartu.

Namun, menurut saya sendiri, tidak ada salahnya mengikuti jenis asuransi yang seperti ini. Bisa membuat kita lebih nyaman menggunakan kartu kreditnya.

Apakah Asuransi BCA Credit Life ada fitur No Claim Bonusnya?


Sejauh yang saya tahu, ini bukan tipe asuransi yang punya fitur seperti itu. Karena premi bulanan yang kita bayar adalah benar-benar untuk melindungi tagihan yang cetak di bulan itu. Saat cycle atau periode satu bulan tagihan sudah berganti maka kita membeli premi asuransi lagi yang disesuaikan dengan besar tagihan kita.

Istilahnya setiap bulan kita membeli asuransi, hanya saja pembeliaannya dilakukan otomatis setiap bulan.


Bagaimana Cara Klaim asuransi BCA Credit Life?

Proses klaim akan dilakukan oleh ahli waris dengan melaporkan klaim melalui call center kartu kredit BCA atau Halo BCA di nomor 1500888.

Setelah itu, CS BCA akan menyampaikan syarat dan ketentuannya. Biasanya akan disuruh mengirimkan dokumen-dokumen seperti surat keterangan ahli waris, surat kematian dan lain-lain.

Pokoknya untuk klaim tinggal telepon ke 1500888 dan nanti akan dipandu.


Bagaimana Cara Membatalkan BCA Credit Life

Karena ini bukan asuransi wajib, jadi nasabah berhak dong untuk membatalkan jenis asuransi yang satu ini.

Proses pembatalan jenis asuransi perlindungan kartu kredit sangatlah mudah. Tinggal menghubungi Halo BCA di nomor 1500888 dan infokan kalau anda mau membatalkan asuransi BCA credit life.

Kalau anda kurang yakin karena banyak yang komplain tentang sulitnya berhenti dari asuransi jenis yang seperti ini, saat menghubungi call center coba minta nomor laporannya.

Kalau masih tertagih dibulan berikutnya anda sudah punya nomor pelaporan jadi bisa dihapuskan.

Proses pembatalan harusnya sudah fixed sekitar 3 hari kerja. Jadi kalau anda minta dibatalkan satu hari sebelum tanggal cetak, kemungkinan masih tertagih sekali lagi itu sangat besar, dan itu tidak usah dikomplain.


Case by Case BCA Credit Life

Terdaftar Otomatis tanpa persetujuan. Bila anda merasa ini pernah terjadi kepada anda. Silahkan buat keluhan dan minta pengembalian premi. Hubungi Halo BCA 1500888. Pastikan anda memang tidak pernah mendaftar atau memberikan check list di applikasi. Komplain harus disampaikan secepatnya. Jangan komplain dibulan desember padahal asuransi sudah ada ditagihan dari januari tahun kemarin. Kalau begitu pengembalian premi sudah tidak bisa dilakuakan.

Merasa dibohongi Marketing dengan info Produk wajib. Anda bisa Komplain dan mengajukan Pengembalian premi bila anda merasa dibohongi. Ini pun hasilnnya tidak bisa dipastikan akan berhasil, yah paling tidak dicoba dulu.


Cari tahu semua hal mengenai kartu Kredit BCA di sini. 




0 Komentar "Mengenal Asuransi Kartu Kredit BCA Credit Life "