Kenapa Bank Mengirimkan dua Kartu Kredit? BCA, Mandiri, BNI dan Lainnya

Saya hanya mengajukan satu kartu kredit, Tetapi bank mengirimkan dua, kenapa begitu? Sebenarnya, Hal tersebut tidak hanya terjadi di Bank Mandiri, Tetapi bank lain juga  melakukan hal tersebut, misalkan bank BCA, BNI, BRI, Bank Mega dan bank-bank Penerbit Kartu Kredit lainnya.

Bank BCA mengirimkan 2 kartu Kredit Visa dan BCA Card

Kalau bank lain biasanya mengirimkan dua kartu kredit berupa visa dan mastercard, agak berbeda dengan bank BCA. Kalau bank BCA biasanya akan mengirimkan kartu kredit BCA everyday Card dengan kartu Visa lainnya seperti Visa Batman.

Dan ketentuannya, Kartu kredit utama adalah yang menggunakan jaringan BCA Card dan Visanya sebagai pendamping.

Kartu Kredit BCA Card tidak bisa digunakan untuk transaksi online, sedangkan kartu Visa bisa. Kartu kredit BCA Card adalah kartu kredit double fungsi yaitu sebagai kartu kredit dan juga sebagai kartu flazz.

Fitur kartu Flazz pada kartu kredit BCA Card baru bisa digunakan setelah saldo Flazz-nya di isi atau istilahnya Top Up Flazz Card.

Dalam Hal aktivasi, Pemegang kartu bisa memilih aktivasi kedua-duanya yaitu BCA Card Flazz dan Visa atau hanya mengaktifkan satu saja yaitu BCA Card.

Bank Lain Mengirim 2 Kartu Kredit Visa dan MasterCard


Untuk lebih mudah dipahami, artikel ini akan ditulis dengan format FAQ, sebagai berikut!

Mengapa Bank Mengirimkan 2 Kartu Kredit?

Jawab
Kebanyakan Bank memiliki 2 atau lebih jaringan kartu kredit. Di Indonesia jaringan kartu kredit yang paling umum adalah Layanan Jaringan MasterCard dan Layanan Jaringan Visa.

Jadi Bank Mandiri atau Bank Lainnya memberikan anda dua kartu kredit sekaligus adalah supaya anda memiliki kedua fasilitas berbeda dari kedua jaringan tersebut. Dengan kata lain, supaya anda punya visa card dan punya MasterCard juga.

Bagaimana dengan ketentuan Iuran Tahunan kartu Kredit yang dikirimkan 2 Sekaligus. 

Jawab
Di Bank mandiri, bila anda menerima 2 kartu kredit sekaligus, Yaitu satu Visa dan Satu masterCard, Maka dipastikan salah satu dari kartu tersebut adalah free seumur hidup dengan ketentuan satu kartu lainnya harus aktif.

Contoh
Kartu Visa Gratis seumur hidup
Kartu Master Gratis 1 Tahun
Supaya visa tetap Gratis maka kartu Master harus tetap aktif, tidak masalah bila tidak digunakan.


 Bagaimana ketentuan Limit kartu tersebut?

Jawab
Jadi karena salah satu kartu tersebut adalah free seumur hidup, maka limit kedua kartu tersebut adalah limit gabungan. Limit gabungan berarti limit kartu kredit akan dipakai bersama, misalkan total limit kartu kredit anda adalah 10 Juta, maka 10 Juta tersebut dipakai di kedua kartu, misalkan bila anda sudah menggunakan 10 Juta di Visa maka sisa limit di kartu master sudah habis dan tidak bisa digunakan lagi.

Apakah kadua kartu tersebut wajib diaktifkan?

Jawab
Tidak. Anda tidak wajib untuk mengaktifkan kedua kartu tersebut, anda bisa memilih salah satu yang mau diaktifkan. Bahkan anda bisa menyimpan kartunya dan jangan diaktifkan bila anda memang masih ragu untuk menggunakan kartu kredit.


Apakah masalah bila kartu kredit tidak diaktifkan?

Jawab
Tidak. Anda bisa menyimpan dulu, kalau sudah diperlukan silahkan diaktifkan. Kartu kredit yang tidak diaktifasi sekalipun akan tertagih Iuran kartu. Jadi bila masa free Iuran kartu anda sudah habis dan anda masih tetap belum berniat menggunakan kartu kredit maka sebaiknya hubungi call center pernerbit kartu kredit anda untuk penutupan.


Kartu mana sebaiknya yang saya aktifkan, yang free seumur hidup atau yang free satu tahun?

Jawab
Keduanya sama saja, karena saling terhubung. Ingat! bila salah satu kartu ditutup maka fasilitas free iuran kartu yang satu lagi akan hilang. Jadi bila anda mau memilih, mungkin option yang harus dipertimbangkan adalah, apakah anda lebih suka MasterCard atau Visa?

Gambar beda design visa dan mastercard
Bank Mengirimkan 2 kartu kredit visa dan mastercard

Apa Beda MasterCard dan Visa Card?

Okey. saya tidak akan membahas perbedaan secara mendalam, yang akan saya tekankan adalah sesuai pengalaman.
Visa dan masterCard di Indonesia umumnya memiliki Fitur yang sama karena sudah berada dibawah penerbit bank yang sama. Ada program cicilan tetap, penambahan limit, pembayaran otomatis, dan lain-lain.
Bedanya, Visa card lebih mudah di upgrade jenis kartunya misalkan dari Gold menjadi Platinum.
Visa dan masterCard adalah dua Raksasa jaringan kartu kredit yang sudah beredar di lebih dari 200 Negara. Jadi untuk keperluan transaksi luar negeri keduanya sama saja.
MasterCard memiliki layanan MasterCard Concierge untuk layanan perjalanan International yang lebih terkenal di Indonesia.





0 Response to "Kenapa Bank Mengirimkan dua Kartu Kredit? BCA, Mandiri, BNI dan Lainnya"