Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Transaksi Kartu Kredit Tidak Berhasil Karena Parameter - Pemahaman

Ilustrasi seorang pria menelepon bank untuk buka blokir parameter transaksi kartu kredit
Solusi masalah transaksi gagal karena parameter adalah dengan melaporkan
transaksi kepada Bank



Sesuai dengan surat edaran Bank Indonesia mengenai kartu sebagai alat pembayaran. Penerbit kartu diwajibkan untuk memberikan keamanan semaksimal mungkin kepada setiap nasabah yang memiliki kartu kredit.

Pada surat edaran tersebut juga tertulis, Bank di wajibkan untuk mengirimkan alert atau notifikasi kepada pemegang kartu kredit apabila:

Terdapat transaksi yang sama pada satu merchant berulang-ulang sampai beberapa kali dalam waktu yang relative singkat.
Terdapat dua atau lebih transaksi di tempat yang berjauhan dan dilakuakan di waktu yang relative singkat. Transaksi yang dilakukan pada toko online dimana sering terjadi kasus fraud atau cloning data kartu kredit. Dan Termasuk juga transaksi-transaksi yang dicurigai sebagai transaksi Fraud oleh Bank.


Berdasarkan surat edaran tersebut, beberapa Bank Membuat ketentuan mengenai Parameter transaksi kartu kredit.  Karena itulah, setiap kali anda transaksi berulang-ulang pada merchant yang sama anda akan mendapat sms pemberitahuan atau pertanyaan mengenai transaksi tersebut.  Guna dari sms tersebut sebenarnya adalah untuk memastikan kalau transaksi itu adalah benar-benar transaksi anda.


Cara membuka blokir parameter transaksi Kartu kredit

Bila transaksi yang di alert adalah benar-benar transaksi anda. Maka anda tetap bisa melakukan transaksi tersebut, (Kecuali untuk transaksi kategori Toko Yang sering Fraud). Caranya cukup dengan menghubungi call center bank anda dan minta dibukakan Parameter transaksi online.

Untuk transaksi kategory Merchant sering Fraud, sebaiknya urungkan niat anda untuk tetap mencoba transaksi pada merchant tersebut dan cara toko online/offline yang menjual barang/jasa yang sama. 
Roy Passenger
Roy Passenger Selamat datang di Kartu Bank! Saya Roy Passenger. Baca Novelku di Google play Book, Yah! Klik Di Sini (Khusus Dewasa)