Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Penyebab Pengajuan Kartu Kredit BCA Ditolak dan solusinya

Tidak ada yang bisa memastikan kenapa pengajuan kartu kredit bca anda ditolak, karena hal tersebut adalah data internal bank yang tidak akan diberitahukan kepada nasabah atau calon debitur. Tetapi, ada beberapa hal yang biasanya menjadi perhatian team risk management kredit bank, ketika menganalisis pengajuan jenis kredit tertentu.

Pengajuan Kartu Kredit BCA  Ditolak

Berikut ini adalah kemungkinan kenapa aplikasi pengajuan kartu kredit anda ditolak:
  • Slip Gaji Meragukan 
  • Berstatus Karyawan Kontrak dan Tinggal di Rumah Sewa
  • Tidak Bisa dihubungi oleh team analis bank BCA untuk Verifikasi Data
  • BI checking ada Masalah
  • Sudah punya dua Bank Penerbit Kartu Kredit
  • Dokumen Buram atau Tidak Lengkap
  • High Risk atau Status tinggal Dan Pekerjaan yang mungkin berubah-ubah 
  • Gaji dibawah 3 Juta
  • Umur masih dibawah 21 Tahun 

Gambar ilustrasi Seorang Gadis sedih karena BCA menolak kartu Kreditnya

Slip Gaji Meragukan 

Alasan pertama kenapa pengajuan kartu kredit BCA anda ditolak adalah karena slip Gaji anda meragukan. Bank BCA punya team yang sudah sanggat ahli membaca data penghasilan seseorang. Selain itu, pengalaman bertahun-tahun pastilah sangat mudah bagi mereka untuk mengetahui mana slip gaji yang asli dan mana slip gaji yang tempaan.

Yang dimaksud dengan slip gaji meragukan mungkin lebih ke arah slip gaji yang diminta khusus kepada HRD dan dicetak dengan jumlah gaji yang berbeda dengan yang sebenarnya.

Solusinya sebaiknya selalu mengirimkan slip gaji yang benar, bila anda mengajukan kartu kredit di bank BCA. Kecuali bila marketing yang minta info gajinya dibesarkan, yah tidak jadi masalah.

Berstatus Karyawan Kontrak plus Tinggal di Rumah Sewa

Kalau cuma berstatus karyawan kontrak sebenarnya tidak masalah. Karena banyak sekali karyawan kontrak bahkan outsourcing yang kartu kredit-nya disetujui oleh Bank BCA. Yang sering ditolak adalah karyawan kontrak dan tinggal dirumah kontrak. Solusinya, lebih baik mengatakan kalau rumah kontrakan-mu adalah rumah saudara.

Tidak Bisa dihubungi Oleh Analis bank BCA untuk Verifikasi Data

Banyak juga aplikasi kartu kredit yang akhirnya di Tolak karena tidak bisa dihubungi. Bila anda mengajukan Kartu kredit bank BCA. Maka pihak analis akan mencoba menghubungi anda ke nomor handphone, Kantor, rumah, bila ketiga nomor tersebut tidak ada yang tersambung. Maka anda dinyatakan HTC (hard to contact) dan pastilah pengajuan anda akan ditolak.

BI checking ada Masalah

Kalau BI Checking anda sudah bermasalah, maka bukan hanya bank BCA saja yang akan menolak applikasi perbankan anda. Tetapi bank-bank lain juga. Kalau anda merasa tidak punya hutang di bank lain. Jadi dipastikan kartu kredit BCA anda akan ditolak bila anda punya masalah dengan BI checking. Coba lakukan pengecekan BI checking dan segera perbaiki masalahnya. BI checking sering tidak valid karena bank tidak mengirimkan update data terbaru.

Sudah punya dua Bank Penerbit Kartu Kredit

Kalau gaji anda di atas 10 Juta, maka hal ini tentu tidak akan jadi masalah. Tetapi, bila gaji anda masih dibawah sepuluh juta, maka kita harus mengikuti ketentuan yang  berlaku. Ketentuan ini sifatnya mutlak karena berasal dari peraturan bank Indonesia.

Yang dimaksud dengan memiliki dua bank penerbit kartu kredit adalah sudah punya dua bank, misalkan sudah punya kartu kredit dari bank BNI dan BRI. Kalau misalkan punya 2 kartu kredit tapi dari bank yang sama, misalkan anda punya 2 kartu kredit bank mandiri dan tidak punya kartu kredit lagi dari bank manapun. Maka anda masih bisa mengajukan kartu kredit di bank BCA.

Kesimpulannya kartu kredit BCA anda akan ditolak bila anda sudah punya 2 bank penerbit kartu kredit.

Dokumen Buram atau Tidak Lengkap

Sebenarnya sepele yah, tetapi bank BCA akan menolak kartu kredit anda bila dokumen yang dikirimkan tidak bisa terbaca. Apalagi kalau tidak lengkap. Ketika kita menanyakan alasan penolakan kartu kredit BCA, kita tidak akan mendapat informasi apapun. Berbeda untuk kasus penolakan karena dokumen Buram, terkadang kita masih bisa mengajukan proses ulang dengan syarat kita harus mengirimkan dokumen yang jelas atau melengkapi dokumen yang kurang.

Biasa-kan untuk mengirimkan dokumen dalam bentuk pdf supaya format-nya tidak rusak. Foto dokumen pakai handphone tidak masalah, yang penting dokumen tetap bisa terbaca.

High Risk atau Status tinggal Dan Pekerjaan yang mungkin berubah-ubah 

Kategori yang satu ini biasanya banyak dialami oleh applicant bule. Orang asing yang bekerja untuk sementara di Indonesia. tetapi tidak menutup juga, kalau kartu kredit orang Indonesia ditolak dengan alasan seperti ini. Pertimbangannya lebih kepada status perusahaan anda bekerja dan jenis pekerjaan anda.

Penolakan seperti ini bisa diakali dengan mengikuti deposito di bank BCA. Bila anda punya deposito maka pengajuan kartu kredit anda akan sangat mudah untuk disetujui.

Gaji dibawah 3 Juta

Penolakan dengan alasan yang satu ini mungkin sudah cukup jelas. Seperti kita ketahui bawah syarat utama untuk bisa memiliki kartu kredit di Indonesia adalah harus memiliki penghasilan tetap minimal 3 juta rupiah.

Bila penghasilan anda masih dibawah 3 juta rupiah maka aplikasi kartu kredit BCA anda pasti akan ditolak.

Umur masih dibawah 21 Tahun 

Sama halnya dengan umur. Bank Indonesia menetapkan ketentuan, bawah yang bisa mengajukan kartu kredit adalah mereka yang sudah berumur 21 Tahun keatas. Bila anda masih berumur dibawah 21 Tahun walaupun kurang sebulan saja, maka kartu kredit BCA anda akan ditolak. Hal ini bisa diakali dengan mengajukan kartu tambahan saja. Anda bisa menjadi pemegang kartu tambahan dari ayah atau Ibu anda.


Bila anda punya banyak limit kredit di bank lain itu sangat bagus. Tetapi sebaliknya, bila anda punya banyak kredit di bank lain maka itu cukup buruk. Limit kredit adalah fasilitas dana yang diberikan bank untuk anda gunakan tetapi belum digunakan. Sementara kredit adalah pinjaman dana yang sudah anda gunakan . Jadi kedua hal tersebut berbeda. Kesimpulannya bila anda punya terlalu banyak cicilan di bank lain atau di perusahaan lain, maka ada kemungkinan kartu kredit bank BCA anda akan ditolak. Bagaimana menurut anda. Apakah alasan penolakan kartu kredit BCA di sini cukup masuk di akal. Karena sejatinya tidak ada seorangpun yang tahu mengenai hal tersebut. Karena itu biasanya tidak akan di-infokan ke Masyarakat. Jadi yang kita bahas di sini adalah kemungkinan alasan kenapa pengajuan kartu kredit BCA anda ditolak.


FAQ Pengajuan Kartu Kredit Bank BCA 

Apakah saya bisa mengajukan kembali apabila aplikasi kartu kredit BCA saya baru ditolak?
Iya. Anda bisa mengajukan kembali 6 bulan kedepan kecuali bila alasan penolakannya adalah karena anda sudah punya lebih dari dua bank maka anda harus punya gaji di atas 10 juta dulu baru bisa mengajukan. Sama halnya dengan masalah umur.Tetapi bila alasan penolakannya adalah karena dokumen atau tidak bisa dihubungi mungkin anda bisa meminta proses ulang. Apakah saya langsung bisa mengajukan kartu kredit di Bank lain kalau aplikasi kartu kredit BCA baru ditolak? Prosedur-nya sama. Anda tetap harus mengikuti jawaban di atas yaitu menunggu paling tidak 6 bulan dulu.

Apakah kartu kredit BCA akan ditolak bila saudara tidak serumah tidak bisa dihubungi?
Bila hp dan nomor kantor anda bisa dihubungi, untuk emergency contact mungkin bisa disetujui kalaupun tidak tersambung. Walaupun kemungkinannya bisa juga ditolak karena hal tersebut.

Berapa lama proses aplikasi kartu kredit BCA?
Paling lama 14 Hari, dihitung dari tanggal kapan anda melengkapi dokumen. Prosesnya juga bisa lebih lama apabila ada kendala untuk menghubungi anda.

Berapa lama proses pengiriman kartu kredit BCA bila disetujui?
Ke Jakarta sekitar 7 hari. Tetapi ketentuannya paling lama 14 Hari kerja ke seluruh wilayah Indonesia.


Roy Passenger
Roy Passenger Selamat datang di Kartu Bank! Saya Roy Passenger. Baca Novelku di Google play Book, Yah! Klik Di Sini (Khusus Dewasa)