10 Alasan Pengajuan Kartu Kredit BCA Ditolak dan solusinya

10 Alasan Kartu Kredit BCA Di Tolak

  • Slip Gaji Meragukan 
  • Berstatus Karyawan Kontrak dan Tinggal di Rumah Sewa
  • Tidak Bisa dihubungi oleh team analis bank BCA untuk Verifikasi Data
  • BI checking ada Masalah
  • Sudah punya dua Bank Penerbit Kartu Kredit
  • Dokumen Buram atau Tidak Lengkap
  • High Risk atau Status tinggal Dan Pekerjaan yang mungkin berubah-ubah 
  • Gaji dibawah 3 Juta
  • Umur masih dibawah 21 Tahun 
  • Punya banyak Kredit (Pinjaman, KPR, Kredit Kendaraan) di Bank Lain
Gambar ilustrasi Seorang Gadis sedih karena BCA menolak kartu Kreditnya
Ilustrasi : Seorang Gadis Cantik Bersedih setelah Kartu Kredit BCA Di Tolak



Marilah kita bahas lebih detail, satu persatu alasan tersebut di atas.

Slip Gaji Meragukan 

Alasan pertama kenapa pengajuan kartu kredit BCA anda ditolak adalah karena slip Gaji anda meragukan. Bank BCA punya team yang sudah sanggat ahli membaca data penghasilan seseorang. Selain itu, pengalaman bertahun-tahun pastilah sangat mudah bagi mereka untuk mengetahui mana slip gaji yang asli dan mana slip gaji yang tempaan.

Yang dimaksud dengan slip gaji meragukan mungkin lebih ke arah slip gaji yang diminta khusus kepada HRD dan dicetak dengan jumlah gaji yang berbeda dengan yang sebenarnya.

Solusinya sebaiknya selalu mengirimkan slip gaji yang benar, bila anda mengajukan kartu kredit dibank BCA. Kecuali bila marketing yang minta info gajinya dibesarin, Yah tidak jadi masalah.

Berstatus Karyawan Kontrak dan Tinggal di Rumah Sewa


Kalau cuma berstatus karyawan kontrak sebenarnya tidak masalah. Karena banyak sekali karyawan kontrak bahkan outsourcing yang kartu kreditnya disetujui oleh Bank BCA. Yang sering ditolak adalah karyawan kontrak dan tinggal dirumah kontrak.

Solusinya, Saya sendiri sebenarnya masih ngontrak. Tapi ketika saya mengajukan applikasi kartu kredit saya tidak menuliskan status tempat tinggal saya sebagai rumah kontrakan. tetapi, saya selalu menuliskan kalau saya tinggal dirumah saudara. Karena  yang punya rumah ini sudah saya anggap saudara saya sendiri.


Tidak Bisa dihubungi Oleh Analis bank BCA untuk Verifikasi Data


Banyak juga applikasi kartu kredit yang akhirnya di Tolak karena tidak bisa dihubungi. Bila anda mengajukan Kartu kredit bank BCA. Maka pihak analis akan mencoba menghubungi anda ke nomor handphone, Kantor, rumah, bila ketiga nomor tersebut tidak ada yang tersambung. Maka anda dinyatakan HTC (hard to contact) dan pastilah pengajuan anda akan ditolak.


BI checking ada Masalah


Kalau BI Checking anda sudah bermasalah, maka bukan hanya bank BCA saja yang akan menolak applikasi perbankan anda. Tetapi bank-bank lain juga. Kalau anda merasa tidak punya hutang di bank lain. Jadi dipastikan kartu kredit BCA anda akan ditolak bila anda punya masalah dengan BI checking.

Coba lakukan pengecekan BI checking dan segera perbaiki masalahnya. BI checking sering tidak valid karena bank tidak mengirimkan update data terbaru.



Sudah punya dua Bank Penerbit Kartu Kredit

Kalau gaji anda di atas 10 Juta, maka hal ini tentu tidak akan jadi masalah. Tetapi, bila gaji anda masih dibawah sepuluh juta, maka kita harus mengikuti ketentuan yang  berlaku. Ketentuan ini sifatnya mutlak karena berasal dari peraturan bank Indonesia.

Yang dimaksud dengan memiliki dua bank penerbit kartu kredit adalah sudah punya dua bank, misalkan sudah punya kartu kredit dari bank BNI dan BRI. Kalau misalkan punya 2 kartu kredit tapi dari bank yang sama, misalkan anda punya 2 kartu kredit bank mandiri dan tidak punya kartu kredit lagi dari bank manapun. Maka anda masih bisa mengajukan kartu kredit di bank BCA.

Kesimpulannya kartu kredit BCA anda akan ditolak bila anda sudah punya 2 bank penerbit kartu kredit.


Dokumen Buram atau Tidak Lengkap


Sebenarnya sepele yah, Tetapi bank BCA akan menolak kartu kredit anda bila dokumen yang anda kirimkan tidak bisa terbaca. Apalagi kalau tidak lengkap.

Ketika kita menanyakan alasan penolakan kartu kredit BCA, kita tidak akan mendapat informasi apapun. Berbeda untuk kasus penolakan karena dokumen Buram, terkadang kita masih bisa mengajukan proses ulang dengan syarat kita harus mengirimkan dokumen yang jelas atau melengkapi dokumen yang kurang.

Biasakan untuk mengirimkan dokumen dalam bentuk pdf supaya formatnya tidak rusak. Foto dokumen pakai handphone tidak masalah, yang penting dokumen tetap bisa terbaca.


High Risk atau Status tinggal Dan Pekerjaan yang mungkin berubah-ubah 

Kategori yang satu ini biasanya banyak dialami oleh applicant bule. Orang asing yang bekerja untuk sementara di Indonesia. tetapi tidak menutup juga, kalau kartu kredit orang Indonesia ditolak dengan alasan sepeti ini. Pertimbangganya lebih kepada status perusahaan anda bekerja dan jenis pekerjaan anda.

Penolakan seperti ini bisa diakali dengan mengikuti deposito di bank BCA. Bila anda punya deposito maka pengajuan kartu kredit anda akan sangat mudah untuk disetujui.



Gaji dibawah 3 Juta


Penolakan dengan alasan yang satu ini mungkin sudah cukup jelas. Seperti kita ketahui bawah syarat utama untuk bisa memiliki kartu kredit di Indonesia adalah harus memiliki penghasilan tetap minimal 3 juta rupiah.

Bila penghasilan anda masih dibawah 3 juta rupiah maka applikasi kartu kredit BCA anda pasti akan ditolak.


Umur masih dibawah 21 Tahun 


Sama halnya dengan umur. Bank Indonesia menetapkan ketentuan, bawah yang bisa mengajukan kartu kredit adalah mereka yang sudah berumur 21 Tahun keatas. Bila anda masih berumur dibawah 21 Tahun walaupun kurang sebulan saja, maka kartu kredit BCA anda akan ditolak.

Hal ini bisa diakali dengan mengajukan kartu tambahan saja. Anda bisa menjadi pemegang kartu tambahan dari ayah atau Ibu anda.


Punya banyak Kredit (Pinjaman, KPR, Kredit Kendaraan) di Bank Lain


Bila anda punya banyak limit kredit di bank lain itu sangat bagus. Tetapi sebaliknya, bila anda punya banyak kredit di bank lain maka itu cukup buruk.

Limit kredit adalah fasilitas dana yang diberikan bank untuk anda gunakan tetapi belum digunakan. Sementara kredit adalah pinjaman dana yang sudah anda gunakan . Jadi kedua hal tersebut berbeda. Kesimpulannya bila anda punya terlalu banyak cicilan di bank lain atau diperusahaan lain, maka ada kemungkinan kartu kredit bank BCA anda akan ditolak.


Bagaimana menurut anda. Apakah alasan penolakan kartu kredit BCA di sini cukup masuk di akal. Karena sejatinya tidak ada seorangpun yang tahu mengenai hal tersebut. Karena itu biasanya tidak akan diinfokan ke Masyarakat. Jadi yang kita bahas di sini adalah kemungkinan alasan kenapa pengajuan kartu kredit BCA anda ditolak.

Bila anda punya pendapat lain, silahkan tuliskan di kolom komentar.


FAQ Pengajuan Kartu Kredit Bank BCA 

Tanya Jawab seputar Penolakan kartu Kredit BCA
FAQ Seputar Pengajuan Kartu Kredit BCA

Apakah saya bisa mengajukan kembali apabila applikasi kartu kredit BCA saya baru ditolak
Jawab
Iya. Anda bisa mengajukan kembali 6 bulan kedepan kecuali bila alasan penolakannya adalah karena anda sudah punya lebih dari dua bank maka anda harus punya gaji di atas 10 juta dulu baru bisa mengajukan. Sama halnya dengan masalah umur.

Tetapi bila alasan penolakannya adalah karena dokumen atau tidak bisa dihubungi mungkin anda bisa meminta proses ulang.

Apakah saya langsung bisa mengajukan kartu kredit di Bank lain kalau appliaksi kartu kredit BCA baru ditolak?

Jawab
Prosedurnya sama. Anda tetap harus mengikuti jawaban di atas yaitu menunggu paling tidak 6 bulan dulu.

Apakah kartu kredit BCA akan ditolak bila saudara tidak serumah tidak bisa dihubungi?

Jawab
Bila hp dan nomor kantor anda bisa dihubungi, untuk emergency contact mungkin bisa disetujui kalaupun tidak tersambung. Walaupun kemungkinannya bisa juga ditolak karena hal tersebut.

FAQ Tambahan bila kartu kredit BCA disetujui
Berapa lama proses applikasi kartu kredit BCA?
Jawab
Paling lama 14 Hari, dihitung dari tanggal kapan anda melengkapi dokumen. Prosesnya juga bisa lebih lama apabila ada kendala untuk menghubungi anda.

Berapa lama proses pengiriman kartu kredit BCA bila disetujui?
Jawab

Ke Jakarta sekitar 7 hari. Tetapi ketentuannya paling lama 14 Hari kerja ke seluruh wilayah Indonesia.