11 Kelebihan Kartu Kredit dibadingkan Metode Pembayaran lainnya

Apa saja yah kelebihan kartu kredit bila dibandingkan dengan metode pembayaran lainnya, temukan jawabannya di sini!

Kelebihan  Kartu Kredit

Ini dia 11 Kelebihan pembayaran dengan menggunakan kartu kredit bila dibandingkan dengan metode pembayaran lainnya:

Gambar 1 kelebihan kartu Kredit dan ilustrasi anak melakukan transaksi online dengan kartu kredit
Ilustrasi Kelebihan Kartu Kredit - Transaksi Online

1. Transaksi Online Sangat Mudah

Kelebihan pertama kartu kredit adalah kemudahan transaksi online yang ditawarkan. Hanya dengan memasukkan nomor kartu, masa berlaku dan cvc transaksi sudah langsung selesai dan tinggal menunggu kiriman produk.

Selain karena prosesnya yang mudah, transaksi online dengan kartu kredit bisa dilakukan di merchant-merchant luar negeri. Berbeda dengan metode transfer bank yang biasanya hanya bisa dilakukan di merchant lokal.


Gambar 2 kelebihan kartu Kredit dan ilustrasi transaksi online
Ilustrasi Kelebihan Kartu Kredit - Transaksi Online di Gunung


2. Transaksi Offline Tidak perlu Uang Cash

Pembayaran dengan kartu kredit ditoko offline, cukup dengan memberikan kartu,  memasukkan pin dan transaksi sudah selesai. Bandingkan dengan pembayaran pakai uang cash. 

Terkadang kita harus menunggu uang kembalian cukup lama, apalagi kalau uang kembaliannya ternyata adalah uang recehan, seratus perak atau 2 ratus perak, akan beresiko hilang entah kemana.

Transaksi offline dengan metode transfer bank sangat jarang ada programnya. Program tersebut biasanya hanya berlaku untuk beli barang bekas dari teman aja. Karena aneh, bila kita berbelanja di Indomaret dan bilang ke kasirnya, Mbak bisa bayar dengan transfer bank nga?

Gambar 3 kelebihan kartu Kredit dengan tarik tunai
Ilustrasi Kelebihan Kartu Kredit - Tarik tunai dengan kartu kredit

3. Dana Mendadak saat Krisis Financial

Kita tidak tahu apa yang akan terjadi di masa depan. Bisa saja sekarang berkecukupan tiba-tiba sejam ke depan tidak punya uang lagi, banyak kemungkinan yang bisa mengakibatkan krisis financial.

Saat krisis financial, pemilik kartu kredit bisa meminta dana cash dengan bunga cicilan ringan. Uang cash tersebut akan ditransfer dari kartu kredit ke rekening pemegang kartu kredit. Prosesnya bisa dilakukan dengan menghubungi call center.

4. Bayar Tagihan Bulanan Otomatis

Hanya Bayar tagihan  listrik manual setiap bulan mungkin masih gampang. Tetapi, bagaimana kalau anda punya tiga atau empat tagihan tetap, misalkan PLN, PAM, Televisi  berbayar dan Telkom, pasti ribet dan menyusahkan, bukan?

Nah dengan kartu kredit, anda tidak perlu memikirkan tagihan-tagihan tersbut. Biarkan kartu kredit mengambil alih tugas tersebut. Kartu kredit akan membayarkan tagihan rutin anda otomatis setiap bulan. 
Simpelnya, anda cukup melakukan pembayarn tagihan kartu kredit saja.

5. Transaksi Tiket Pejalanan dicover Asuransi

Kebanyakan kartu kredit akan memberikan asuransi  jiwa jaminan perlindungan perjalanan, dengan mamfaat pertanggungan yang cukup besar bahkan sampai miliaran.

Tidak hanya itu, beberapa kartu kredit juga memberikan jaminan perlindungan kenyamanan perjalanan dengan memberikan mamfaat apabila pesawat delay 4 atau 6 Jam sesuai dengan ketentuan bank masing-masing.

Selain itu, kartu kredit kelas tertentu juga memiliki fasilitas free airport lounge. Memasuki lounge tanpa bayar selama menunggu jadwal penerbangan. Ada juga yang menambahkan mamfaat gratis satu minuman.

6. Bisa digunakan di Luar Negeri

Berlibur ke luar negeri tidak perlu membawa uang cash satu koper. Selain karena harus menukar uang, resiko membawa uang cash masih jauh lebih banyak daripada membawa kartu kredit.

Uang Cash kalau hilang akan langsung lenyap, kalau kartu kredit, masih lebih aman karena dilindungi pin dan juga bisa  diblokir sehingga yang menemukan atau yang mencuri dipastikan tidak akan bisa menggunakan.

Gambar 4 kelebihan kartu Kredit dan dan ilustrasi diskon dimana-mana
Ilustrasi Kelebihan Kartu Kredit - Diskon dimana-mana

7. Promo Diskon banyak 

Bukan rahasia lagi, kalau kartu kredit punya banyak  promo setiap bulan, baik promo wisata, makanan, groceries, dan perbelanjaan lainnya. Apalagi promo barang-barang yang baru release seperti Promo pre-order samsung S9 yang mencapai diskon hingga 1 Juta rupiah atau sekitar 8% - 10%.


8. Pembayaran Ringan dengan cicilan Tetap

Walaupun saat ini sudah banyak program yang menawarkan cicilan tanpa kartu kredit, tapi setelah dihitung-hitung, prosesnya jauh lebih ribet. Selain itu, ternyata biaya dan bunga cicilan tanpa kartu kredit masih lebih besar dari bunga cicilan dengan kartu kredit.

9. Perbelanjaan  terdata 

Menggunakan kartu kredit untuk berbelanja akan membuat anda lebih mudah mengarsipkan data perbelanjaan. Anda bisa mengetahui transaksi-transaksi apa saja yang sudah anda lakukan. Informasi tersebut bisa anda dapatkan melalui lembar tagihan yang akan dikirimkan oleh bank setiap bulan. Selain itu anda juga bisa meminta rincian transaksi tahunan perbelanjaan anda kepada bank.


10. Tiap transaksi dapat Poin 

Belanja dengan uang cash, sudah tidak dapat diskon juga tidak dapat poin! Berbeda dengan perbelanjaan menggunakan kartu kredit, anda selain karena anda bisa mendapatkan diskon, anda juga akan mendapatkan poin untuk semua perbelanjaan dengan kartu kredit anda. 

Poin-poin itu selanjutnya bisa anda tukarkan dengan hadiah-hadiah menarik atau digunakan untuk transaksi berbelanja lagi.

Gambar 5 kelebihan kartu Kredit dan -gaya hidup
Ilustrasi Kelebihan Kartu Kredit - Lifestyle

11. Lifestyle 

Kalau anda berpikir dengan memiliki kartu kredit anda akan terlihat seperti orang berutang, Anda salah besar.

Kebanyakan pengguna kartu kredit mengajukan kartu kredit bukan karena mereka mau ngutang atau tidak punya uang untuk bayar dengan cash. Meskipun ada beberapa yang memang begitu, tetapi jumlahnya cuma sedikit.

Yah, selain karena kemudahan transaksi yang ditawarkan kartu kredit, mayoritas pemilik kartu kredit mengajukan kartu adalah karena gaya hidup.

Rasanya kurang nyaman bila makan di restoran bersama gebetan dan membongkar-bongkar dompet saat hendak melakukan pembayaran. Itulah alasan anak muda mengajukan kartu kredit.



0 Response to "11 Kelebihan Kartu Kredit dibadingkan Metode Pembayaran lainnya"