Cara Bayar Kartu Kredit Tambahan dan cara kerjanya

Pembayaran kartu kredit tambahan adalah tanggung jawab pemegang kartu kredit utama. Tetapi, walaupun demikian, pemegang kartu kredit tambahan juga bisa melakukan pembayaran dengan ketentuan sebagai berikut.
Gambar kartu kredit tambahan dan kartu kredit utama dalam satu tagihan
Ilustarsi Cara Bayar Kartu Tambahan

Cara Bayar Kartu Kredit Tambahan 


Pembayaran Kartu kredit tambahan bisa dilakukan oleh kartu utama dengan menggunakan nomor kartu utama.

Pemegang kartu tambahan juga bisa melakukan pembayaran dengan memasukkan nomor kartu kredit tambahan. Tetapi, semua pembayaran yang dilakukan oleh kartu kredit tambahan akan masuk ke kartu kredit utama.

Hal itu terjadi karena semua tagihan itu dikumpulkan dalam satu sistem dan ditanggungjawapi satu costumer number yaitu nomor costumer number pemegang kartu utama.

Walapun demikian rincian transaksi tetap bisa dibedakan berdasarkan nomor kartu yang digunakan.

Contoh:
Misalkan Tagihan total yang tercetak dilembar tagihan adalah 10 Juta rupiah
5 Juta pemakaian kartu kredit utama
5 Juta pemakaian kartu kredit Tambahan.
dengan rincian minimum pembayaran masing-masing Rp.500.000

Dilakukan pembayaran sebagai berikut:


  • Bila Kartu kredit tambahan melakukan pembayaran Rp.500,000 maka pembayaran itu akan masuk ke kartu kredit utama dan membayarkan dulu minimum tagihan kartu kredit utama.
  • Bila kartu kredit utama ternyata tidak melakukan pembayaran sampai jatuh tempo maka kartu kredit tambahan akan dianggap telat dan ditagihkan denda keterlambatan.
  • Tetapi bila kartu tambahan melakukan pembayaran kembali sebesar Rp.500.000 maka itu akan membayarkan minimum tagihan di kartu kredit utama.

Kesimpulan pembayaran kartu kredit tambahan


Siapapun yang melakukan pembayaran terlebih dahulu, baik itu kartu utama atau kartu tambahan maka pembayaran itu akan membayarkan minimum tagihan di kartu kredit utama dulu, sisanya akan membayarkan minimum tagihan di kartu kredit utama. 

Bila masih ada sisa, maka dana itu akan mencoba membayar total tagihan kartu utama dan bila masih sisa baru akan membayarkan lunas tagihan kartu kredit tambahan.

Karena itulah kartu kredit tambahan hanya bisa diajukan oleh anggota keluarga inti. Bukan untuk saudara apalagi untuk teman.




Cara Kerja Kartu Kredit Tambahan 


Seperti kita ketahui, kalau kartu kredit tambahan itu sebenarnya adalah fasilitas dari kartu kredit utama.

Kartu kredit tambahan dan kartu kredit utama adalah satu. Itu sama seperti buku tabungan yang punya dua Kartu debit (misalkan).

Jadi Semua peristiwa yang terjadi di kartu kredit tambahan adalah tanggung jawab pemengang kartu utama.


Limit Kartu Kredit Tambahan

Pemberian limit pada kartu kredit tambahan itu prosedurnya berbeda-beda. Beberapa bank tidak membatasi limit kartu kredit tambahan.

Artinya berapapun limit kartu kredit utama maka sebesar itu pula limit kartu kredit tambahan. 

Tetapi, beberapa bank memiliki prosedur yang berbeda dimana limit besar limit kartu kredit tambahan adalah ditentukan oleh kartu kredit utama.

Bila ada pertanyaan seputar kartu kredit tambahan silahkan tanyakan di komentar!