Lama Pengiriman Kartu Kredit dan Solusinya

Berapa lama Pengiriman kartu kredit? Jawaban untuk pertanyaan ini tergantung dari Lokasi pengiriman. Untuk Daerah Jakarta pengiriman kartu kredit adalah sekitar 2 sampai 7 Hari Kerja. Kemudian, untuk pengiriman kartu kredit ke luar Jakarta sekitar 7 sampai 14 Hari Kerja.

www.kartubank.com
Skema pengiriman kartu kredit menurut Lokasi


Pengiriman Kartu Kredit

Pengiriman kartu kredit biasanya menggunakan jasa kurir atau jasa pengiriman paket seperti JNE, POS, dan yang lainnya. Hal ini berlaku untuk semua kartu kredit di Indonesia, baik itu bank mega, mandiri, bca, bni, danamon, permata, bri dan bank-bank lainnya.

Pengiriman kartu kredit biasanya tidak bersamaan dengan PIN. Tetapi, Pin dikirim satu hari setelah kartu kredit dikirim. Hal ini untuk menghindari kesalahan pengiriman yang bisa mengakibatkan penggunaan kartu kredit oleh orang yang tidak berhak.

Kartu kredit harus dikirim dalam keadaan tertutup dan terbungkus rapi oleh amplop. Nasabah yang menerima kartu kredit dengan kondisi amplop yang tidak biasa, atau mencurigakan harus segera melaporkan hal tersebut ke pihak bank melalui Call center.

Alamat Pengiriman Kartu Kredit

Kartu kredit hanya bisa dikirimkan ke alamat surat menyurat yang terdaftar di Bank, baik itu alamat rumah atau alamat kantor. Dan Orang yang berhak untuk menerima kartu kredit hanyalah nasabah sendiri, atau bisa diterima oleh keluarga kalau pengiriman ke rumah.

Penerimaan pengiriman kartu kredit oleh orang lain, baik itu rekan kerja, harus menggunakan surat kuasa. Nasabah harus menuliskan surat kuasa di selembar kertas, menandatangani surat tersebut dan melampirkan foto copy ktp nasabah dan foto copy ktp penerima yang dikuasakan.

Lama Pengiriman Kartu Kredit

Pengiriman kartu kredit ke Jakakrta harusnya bisa lebih cepat. Target pengiriman hanya membutuhkan 2 Hari kerja sampai 7 Hari kerja. Sementara, pengiriman kartu kredit ke kota lain di luar jakarta, memerlukan waktu 7 Hari kerja sampai 14 Hari Kerja. 

Walaupun informasinya seperti itu, kenyataan yang terjadi di lapanga, pengiriman kartu kredit bisa jauh lebih cepat atau malah jauh lebih lama dari estimasi pengiriman kartu yang seharusnya.

Kendala Pengiriman Kartu Kredit

Kendala pengiriman kartu kredit yang paling sering adalah:

  • Rumah/kantor Tutup
  • Alamat Tidak Jelas
  • Nasabah Tidak dikenal
  • Nasabah tidak di tempat
  • Tidak ada yang mau menerima kartu
  • Alamat pengiriman kartu kredit tidak terjangkau

Dan masih banyak lagi kendala yang mengakibatkan pengiriman kartu kredit tidak berhasil. 

www.kartubank.com
Ilusrasi kendala pengiriman kartu kredit

Solusi pengiriman kartu kredit yang lama.

Ada beberapa solusi yang anda bisa lakukan apabila sudah sampai 14 hari tetapi anda belum juga menerima kartu kredit.

Hubungi Call Center

Hubungi call center Bank anda dan tanyakan status pengiriman kartu kredit sudah sampai dimana? Apabila call center menginformasikan masih dalam proses atau tidak ada laporan terbaru, maka minta dibuatkan laporan permintaan percepatan pengiriman kartu.

Lengkapi Keterangan Alamat

Apabila alasan pengiriman kartu kredit tidak berhasil karena alamat tidak jelas, maka silahkan melengkapi alamat anda. Anda juga bisa membantu dengan mengarahkan pengiriman dengan mengimformasikan details lokasi anda kepada call center, Misalkan rumah anda dekat indomaret, atau masuk dari gang disebelah kiri SPBU.

Untuk kendala nasabah tidak di kenal, Infokan nama akrab anda di kantor kepada call center.

Minta dihubungi 

Anda juga bisa mengimformasikan kapan anda bisa ditemui ditempat tujuan, hari apa, jam berapa saja. Minta dihubungi ke nomor handphone anda apabila kurir mengalami kendala pengiriman.

Buat surat kuasa

Atau anda bisa menggunakan surat kuasa penerimaan kartu kredit apabila anda sering tidak berada di lokasi pengiriman. Buat surat kuasa diselembar kertas dan tanda tanggani, lampirkan foto copy ktp anda dan foto copy ktp penerima.

Minta dikirim ke Kantor Cabang

Solusi untuk alamat pengiriman kartu kredit yang tidak terjangkau oleh kurir adalah mendatangi kantor cabang terdekat. 

Datangi kantor cabang terdekat, minta disambungkan ke call center kartu kredit dari kantor cabang dan minta supaya kantor cabang membuat laporan pengiriman kartu ke kantor cabang tersebut.

Dalam hal ini, yang membuat laporan atau yang melaporkan ke pusat adalah kantor cabang.
Silahkan berdiskusi dengan CS di kantor Cabang. Ini hanya berlaku untuk alasan pengiriman tidak terjangkau.