Beda Kartu ATM Chip dan Magnetic Stripe Bank Mandiri

Kebetulan beberapa hari yang lalu saya sudah mendapatkan kartu ATM Chip bank Mandiri. Kartu yang saya terima design-nya sangat bagus dan saya sangat suka sekali.

Bank Mandiri akan melakukan proses pergantian kartu atm Magnetic Stripe dengan Kartu ATM CHIP. Proses pergantian ini sebelumnya sudah terlebih dahulu dilakukan di Amerika serikat oleh hampir seluruh bank di sana. Dan rencananya semua Perbankan wajib mengganti kartu ATM Magnetic stripe dengan Teknologi Chip paling lama Tahun 2021.

Ide penggunaan kartu CHIP bermula dari maraknya kasus Cloning kartu atau Pemalsuan Kartu dengan teknik skimming. Kartu CHIP sudah terlebih dahulu digunakan di Indonesia pada produk kartu kredit dan kini menyusul ke kartu ATM.

Beda Atm Chip dan ATM Magnetic dilihat dari Keamanan

Dalam Bahasa sederhana perbedaan paling menonjol antara kartu chip dan magnetic adalah kartu chip lebih sulit di Clone atau dipalsukan karena data yang tersimpan pada kartu CHIP adalah dalam bentuk enskripsi bukan data yang bisa terbaca.

Beda ATM CHIP dan ATM Magnetic dilihat dari Design Kartu

Beda Kartu Chip dan Magnetic Stripe Bank Mandiri
Beda Design Kartu ATM Chip dan Magnetic Stripe bank Mandiri

Kalau ATM Magnetic bagian depan kartunya adalah Polos, hanya ada informasi Nomor kartu atau Nama. Sementara untuk Kartu ATM Chip hampir sama seperti Kartu Kredit, dimana pada bagian depan kartu terdapat CHIP bentuknya sama persis seperti kartu Telkomsel atau Indosat atau yang lainnya. 

Kalau yang saya terima dari bank mandiri, bentuknya bagus bangat dan memang terlihat jauh lebih meyakinkan dari kartu atm magnetic sebelumnya.



Roy Passenger Selamat datang di Kartu Bank! Saya Roy Passenger. Baca Novelku di Google play Book, Yah! Klik Di Sini (Khusus Dewasa)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel