Jenis Interest Pada Lembar Tagihan kartu Kredit - Semua bank

Interest pada lembar tagihan kartu kredit dalam bahasa Indonesia lebih sering dikenal dengan istilah Bunga. Interest pada kartu kredit ada beberapa jenis. Dalam pembahasan ini, interest selanjutnya akan kita sebut dengan Bunga.

Jenis Interest Pada Lembar Tagihan kartu Kredit 

Interest atau Bunga pada kartu kredit bisa muncul karena hal-hal berikut ini:

  • Bunga Karena pembayaran Minimum
  • Bunga Karena Pembayaran Telat
  • Bunga Karena Transaksi Tarik Tunai
  • Bunga dari cicilan tetap



Bunga Karena pembayaran Minimum

Pembayaran minimum kartu kredit adalah 10% dari total tagihan minimum Rp.50.000 sampai Rp.100.000 sesuai dengan ketentuan bank yang anda gunakan.

Bunga atau Interest akan dihitungkan ketika anda melakukan pembayaran minimum. Tetapi denda keterlambatan tidak akan tertagih apabila pembayaran minimum dilakukan sebelum jatuh tempo. 

Cara paling mudah untuk mengetahui berapa pembayaran minimum kartu kredit anda adalah dengan mengecek via call center atau via atm.

Pengecekan via atm bisa dilakukan dengan menu pembayaran. Lakukan tahapan seolah hendak melakukan pembayaran. Di Layar atm akan tertuli berapa minimum dan tagihan full kartu kredit anda.

Bunga karena pembayaran Tidak full tetapi di atas minimum

Pembayaran di atas minimum tetapi tidak full juga akan mengakibatkan dihitungkannya bunga atau Interest. Semakin besar pembayaran yang anda lakukan maka semakin kecil bunga yang akan ditagihkan. Secara umum rumus perhitungan bunga adalah:

www.kartubank.com
Rumus Perhitungan Bunga/interest pada Kartu Kredit


Selisih hari* x 12 x 2,25% x nominal transaksi **: 365


  • *selisih hari dihitung dari tanggal posting transaksi sampai tanggal cetak di bulan yang lalu
  • ** Nominal transaksi yang dimaksud adalah Pertransaksi bukan gabungan semua transaksi.

Pembayaran kartu kredit yang kurang Rp.1 Pun dari total tagihan masih masuk dalam kategori ini.

Bunga karena pembayaran Partial full yang telat

Pembayaran Partial full yang telat maksudnya adalah anda melakukan pembayaran separoh sebelum tanggal cetak. Kemudian, sisanya anda bayarkan setelah jatuh tempo. Pembayaran seperti tetap akan mengakibatkan munculnya bunga atau interest pada lembar tagihan kartu kredit anda.

Pembayaran yang seperti ini tidak akan menagihkan denda keterlambatan asalkan pembayaran pertama dilakukan sebesar atau diatas minimum payment.



Bunga Karena Pembayaran Telat

Selain dikenakan denda keterlambatan. Pembayaran telat juga akan mengakibatkan munculnya bunga di lembar tagihan kartu kredit anda.
Pembayaran pada hari Grace Period juga akan mengakibatkan munculnya bunga di beberapa bank.

Yang dimaksud dengan pembayaran grace period adalah pembayaran lewat 1 Hari karena jatuh tempo tagihan kartu kredit anda jatuh di tanggal merah atau di hari libur lainnya.

Bunga Karena Transaksi Tarik Tunai

Walaupun anda melakukan pembayaran tagihan penuh, Bunga tarik tunai tetap akan ditagihkan di kartu kredit anda. Bunga tarik tunai baru akan berhenti setelah anda melakukan pembayaran penuh 2 periode percetakan tagihan berturut-turut.

Bunga dari cicilan tetap

Bunga dari cicilan tetap maksudnya adalah perhitungan bunga ringan dari semua transaksi yang anda ubah menjadi cicilan tetap. 
Bunga cicilan tetap itu flat dan akan berhenti setelah masa cicilan selesai.

0 Response to "Jenis Interest Pada Lembar Tagihan kartu Kredit - Semua bank"