Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Penyebab ada Bunga di Lembar Tagihan Kartu Kreditmu

Interest pada lembar tagihan kartu kredit dalam bahasa Indonesia lebih sering dikenal dengan istilah Bunga. Interest pada kartu kredit ada beberapa jenis. Dalam pembahasan ini, interest selanjutnya akan kita sebut dengan Bunga.

Macam-Macam bunga kartu kredit

Bunga pada kartu kredit bisa muncul karena hal-hal berikut ini:
  • Bunga Karena pembayaran Minimum 
  • Bunga Karena Pembayaran Telat 
  • Bunga Karena Transaksi Tarik Tunai 
  • Bunga dari cicilan tetap 

1. Bunga Kartu Kredit  Karena pembayaran Minimum

Pembayaran minimum kartu kredit adalah 10% dari total tagihan minimum Rp.50.000 sampai Rp.100.000 sesuai dengan ketentuan bank yang anda gunakan.

Bunga atau Interest akan dihitungkan ketika anda melakukan pembayaran minimum. Tetapi denda keterlambatan tidak akan tertagih apabila pembayaran minimum dilakukan sebelum jatuh tempo.

Cara paling mudah untuk mengetahui berapa pembayaran minimum kartu kredit anda adalah dengan mengecek via call center atau via atm.

2. Bunga karena pembayaran Tidak full tetapi di atas minimum

Pembayaran di atas minimum tetapi tidak full juga akan mengakibatkan dihitungkannya bunga atau Interest. Semakin besar pembayaran yang anda lakukan maka semakin kecil bunga yang akan ditagihkan. Secara umum rumus perhitungan bunga adalah:


3. Bunga karena pembayaran Partial full yang telat

Pembayaran Partial full yang telat maksudnya adalah anda melakukan pembayaran separoh sebelum tanggal cetak. Kemudian, sisanya anda bayarkan setelah jatuh tempo. Pembayaran seperti tetap akan mengakibatkan munculnya bunga atau interest pada lembar tagihan kartu kredit anda.

Pembayaran yang seperti ini tidak akan menagihkan denda keterlambatan asalkan pembayaran pertama dilakukan sebesar atau diatas minimum payment.

5. Bunga Karena Pembayaran Telat

Selain dikenakan denda keterlambatan. Pembayaran telat juga akan mengakibatkan munculnya bunga di lembar tagihan kartu kredit anda.

Pembayaran pada hari Grace Period juga akan mengakibatkan munculnya bunga di beberapa bank.
Yang dimaksud dengan pembayaran grace period adalah pembayaran lewat 1 Hari karena jatuh tempo tagihan kartu kredit anda jatuh di tanggal merah atau di hari libur lainnya.


6. Bunga Karena Transaksi Tarik Tunai

Walaupun anda melakukan pembayaran tagihan penuh, Bunga tarik tunai tetap akan ditagihkan di kartu kredit anda. Bunga tarik tunai baru akan berhenti setelah anda melakukan pembayaran penuh 2 periode percetakan tagihan berturut-turut.


7. Bunga dari cicilan tetap

Bunga dari cicilan tetap maksudnya adalah perhitungan bunga ringan dari semua transaksi yang anda ubah menjadi cicilan tetap.
Bunga cicilan tetap itu flat dan akan berhenti setelah masa cicilan selesai.

Nah itu dia 7 penyebab kenapa bunga ditagihkan pada lembar tagihan kartu kredit. Lakukan pembayaran full sebelum jatuh tempo dan jangan lakukan transaksi tarik tunai supaya nominal bunga di kartu kreditmu tidak besar.

Baca Cara Menghitung Bunga Kartu Kredit
Roy Passenger
Roy Passenger Selamat datang di Kartu Bank! Saya Roy Passenger. Baca Novelku di Google play Book, Yah! Klik Di Sini (Khusus Dewasa)