Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Biaya - Biaya Kartu Kredit Bank Mandiri 2019

Biaya kartu kredit mandiri seperti denda keterlambatan, bunga dan overlimit. Sebagai pengguna kartu kredit bank mandiri. Anda wajib mengetahui apa saja biaya dan berapa biaya kartu mu.


Biaya Kartu Kredit Bank Mandiri 2019

Bunga kartu kredit bank Mandiri

Bunga kartu kredit di Bank Mandiri sedikit lebih murah dibanding bunga kartu kredit di Bank Lain Yaitu sebesar 2.245%/Bulan. Bunga transaksi retail dan bunga transaksi pada tarik tunai memiliki persentasi yang sama yaitu 2.245%.

Selama covid-19, atau sampai akhir desember 2020, bunga kartu kredit bank mandiri adalah 2%.

Yang membedakan bunga retail dan bunga tarik tunai adalah:
Bunga retail muncul bila pemegang kartu hanya bayar minimun tagihan atau pembayaran terlambat. Sementara bunga tarik tunai akan langsung berjalan perhari transaksi dilakukan - Meskipun pemegang kartu bayar penuh tagihan, bunga tarik tunai akan tetap muncul di lembar tagihan berikutnya.

Berbeda lagi dengan bunga cicilan tetap dan bunga transfer dana. Bunga cicilan tetap jauh lebih ringan dari bunga reguler yaitu mulai dari 0% sampai sekitar 1% saja. Sama halnya dengan bunga transfer dana.

Denda Keterlambatan kartu kredit bank Mandiri


Denda keterlambatan kartu kredit bank mandiri adalah 3% dari total tagihan maksimal Rp. 150,000
Selama covid-19 sampai akhir desember denda keterlambatan adalah 1% maksimal Rp.100.000

Contoh 1:Perhitungan denda keterlambatan kartu kredit bank Mandiri

Misalkan tagihan sebesar Rp.1,000,000
Maka denda keterlambatannya adalah 3% x 1,000,000 = Rp.30,000
Maka denda keterlambatan yang muncul bila tagihan kartu kredit bank mandiri Rp.1,000,000 adalah Rp. 30,000

Contoh 2: Perhitungan denda keterlambatan kartu kredit bank Mandiri

Misalkan tagihan sebesar Rp.10,000,000
Maka denda keterlambatannya adalah 3% x 10,000,000 = Rp.300,000
Maka denda keterlambatan yang muncul bila tagihan kartu kredit bank mandiri Rp.10,000,000 adalah Rp. 150,000. Karena maksimal denda keterlambatan kartu kredit di indonesia adalah Rp.150,000/bulan.

Biaya Tarik Tunai kartu kredit bank Mandiri

Selain ditagihkan bunga, Melakukan transaksi tarik tunai di atm dengan menggunakan kartu kredit bank mandiri juga akan dikenakan Biaya Administrasi sebesar 6% dari dana yang ditarik dan minimal Rp.100.000

Contoh 1: Cara Hitung Biaya Tarik Tunai Kartu Kredit Mandiri

Bila anda melakukan tarik tunai sebesar Rp.500,000
Maka 6% x 500,000 = Rp. 30,000
Biaya tarik tunai adalah Rp.100,000 Karena minimal biaya tarik tunai adalah Rp. 100,000

Contoh 2:Cara Hitung Biaya Tarik Tunai Kartu Kredit Mandiri

Bila anda melakukan tarik tunai sebesar Rp.5000,000
Maka 6% x 5000,000 = Rp. 300,000
Biaya tarik tunai adalah Rp.300,000

Biaya Overlimit kartu kredit bank Mandiri

Di Bank mandiri biaya overlimit juga disebut dengan biaya pelampauan batas limit kartu kredit. Biaya overlimit kartu kredit di Bank Mandiri adalah Rp.150,000

Jadi bila anda overlimit Rp.1000 rupiah pun akan langsung ditagihkan biaya overlimit sebesar Rp.150,000

Tetapi bila anda pemegang kartu kredit bank mandiri, anda tidak perlu terlalu khawatir dengan biaya overlimit asalkan anda langsung membayarkan kelebihan pemakaian tersebut sebelum tanggal cetak. Usahakan melakukan kelebihan pembayaran sebelum tanggal cetak maka ada kemungkinan kartu kredit anda tidak akan dikenakan biaya overlimit.

Ini sedikit berbeda dengan beberapa bank penerbit kartu kredit di Indonesia. Kalau anda sudah overlimit satu jam saja, maka biaya overlimit pasti ditagihkan walaupun overlimit tersebut langsung anda bayarkan.

Jadi walaupun biaya overlimit kelihatan lebih besar di kartu kredit bank Mandiri tetapi untuk ketentuannya jauh lebih ringan dibanding bank lain pada umumnya.

Biaya Ganti Kartu Hilang kartu kredit bank Mandiri

Biaya Ganti kartu kredit yang hilang langsung akan ditagihkan dari kartu kredit anda. Jadi anda tidak perlu melakukan pembayaran apapun di kantor cabang. Pergantian kartu hanya bisa dilakukan oleh staff call center. Jadi walaupun anda ke kantor cabang, anda akan tetap di arahkan untuk menghubungi call center kartu kredit bank mandiri untuk proses pergantian kartu.

Biaya pergantian kartu kredit yang hilang di bank mandiri adalah Rp. 50,000.

Di Bank mandiri biaya pergantian kartu hanya ditagihkan untuk kartu kredit yang hilang. Untuk kartu kredit yang diganti karena rusak, fraud, upgrade, adalah gratis.

Biaya Naik Limit permanent kartu kredit bank Mandiri

Bank Mandiri sejak awal tahun 2017 mengeluarkan ketentuan baru dimana untuk semua permintaan kenaikan kredit limit tidak akan dikenakan biaya alias gratis.

Jadi pengajuan kenaikan kredit limit baik itu yang disetujui atau tidak disetujui tidak dikenakan biaya.

Anda baru bisa mengajukan kenaikan kredit limit permanent setelah 6 bulan dari kenaikan kredit limit ada yang terakhir.

Biaya Naik Limit sementara kartu kredit bank Mandiri

Sama seperti biaya kenaikan kredit limit permanent. Kenaikan kredit limit sementara di bank mandiri adalah gratis. Anda bisa mengajukan kenaikan kredit limit sementara langsung ke call center tanpa perlu mengirimkan dokumen apapun.

Anda hanya bisa mengajukan kenaikan kredit limit sementara setelah 3 bulan dari kenaikan kredit limit anda yang terakhir.


Biaya Kartu Kredit Bank Mandiri

Biaya Sales draft kartu kredit bank Mandiri

Biaya sales draft pada kartu kredit bank mandiri adalah biaya percetakan ulang struk transaksi anda. Struk transaksi biasanya dicetak ulang apabila anda mengajukan penyanggahan atau dispute transaksi. Jadi biaya yang disebut sebagai biaya dispute adalah biaya sales Draft.

Biaya sales draft pada kartu kredit bank mandiri adalah sebesar Rp. 30,000

Biaya Cetak Lembar Tagihan kartu kredit bank Mandiri

Bank Mandiri pada awal tahun 2017 telah mengubah ketentuan mengenai biaya percetakan lembar tagihan. Dimana sebelumnya percetakan dan pengiriman lembar tagihan digratiskan. Tetapi pertahun 2017 biaya percetakan lembar tagihan diubah menjadi Rp. 12,500/Bulan

Biaya email kartu kredit bank Mandiri

Biaya pengiriman lembar tagihan melalui email atau istilah di bank mandiri disebut ebilling kartu kredit bank mandiri adalah Gratis.
Jadi supaya anda tidak ditagihkan biaya percetakan yang Rp.12,500/Bulan sebaiknya anda alihkan pengiriman tagihan melalui pos menjadi melalui email supaya Gratis.

Pendaftaran ebilling bank mandiri paling mudah bisa dilakukan melalui layanan call center.

Biaya kirim Ulang Tagihan kartu kredit bank Mandiri

Bila anda sudah menerima tagihan dan menghilangkannya. Kemudian, anda menghubungi call center bank mandiri untuk permintaan pengiriman ulang tagihan maka anda akan dikenakan biaya cetak ulang tagihan Rp. 25,000/Bulan.

Beda halnya bila anda sebelumnya memang belum terima. Maka anda tidak akan dikenakan biaya pengiriman ulang lembar tagihan kartu kredit bank mandiri.

Minimum Payment CC Mandiri

Pembayaran minimum di kartu kredit Bank Mandiri ketentuannya jauh lebih ringan dibanding beberapa bank lain.

Rumus perhitungan pembayaran minimum di bank mandiri adalah
10% x Tagihan = (minimum Rp.50,000)
Sementara di beberapa bank lainnya. Rumus perhitungan minimum pembayaran adalah
(10% x Tagihan Retail) + (100% x cicilan tetap)


BACA CARA BAYAR CC MANDIRI DI ATM BERSAMA!
Roy Passenger
Roy Passenger Selamat datang di Kartu Bank! Saya Roy Passenger. Baca Novelku di Google play Book, Yah! Klik Di Sini (Khusus Dewasa)