Transaksi Kartu kredit Mandiri BNI BRI BCA di Luar Negeri - Syarat dan Ketentuan?

Transaksi Kartu kredit Mandiri BNI BRI BCA bisa dilakukan asalkan negara tersebut memiliki jaringan visa atau master. Dan sepertinya, jaringan itu sudah ada di semua negara. Tetapi ada hal penting yang harus anda ketahui sebelum berangkat begitu saja bermodalkan uang di kartu kredit.

www.kartubank.com
Transaksi Kartu Kredit di Luar Negeri
kartu ilustrasi By Pixabay

Transaksi Kartu kredit di Luar Negeri

Bank Mandiri bca bri bni dan bank penerbit kartu kredit lainnya mengharapkan pelaporan pra kunjungan ke luar negeri apabila anda hendak menggunakan kartu di sana. Imbasnya bila anda tidak melaporkan akan ada kemungkinan transaksi kartu kredit anda di Tolak.

Penolakan transaksi kartu kredit yang dilakukan secara tiba-tiba di luar negeri di atur di dalam surat bank Indonesia mengenai penggunaan kartu sebagai alat pembayaran pada poin alert transaksi. 

Jadi ketentuannya, ketika anda mencoba melakukan transaksi di luar negeri atau secara mendadak melakukan transaksi di dua lokasi yang berbeda. Maka bank akan mencoba mengirimkan Alert. dan biasanya untuk anda yang berada di luar negeri akan dicoba dihubungi. Ketika alert gagal atau anda tidak bisa dihubungi maka transaksi akan ditolak.

Jadi sebelum berangkat ke luar negeri anda harus menghubungi call center bank mandiri untuk pelaporan.

Kemungkinan transaksi berhasil tanpa pelaporan tetap ada, apalagi kalau anda memang sudah sering traveling dengan menggunakan kartu kredit tersebut. Tetapi, untuk lebih amanya, sebaiknya laporkan terlebih dahulu.


Syarat dan Ketentuan Menggunakan kartu Kredit Di Luar Negeri

  • Untuk setiap transaksi di Luar Negeri, kemungkinan besar anda akan dikenakan biaya sebesar 1%. Biaya tersebut bukan untuk bank tetapi untuk merchant. istilah kasarnya adalah biaya perawatan mesin EDC.
  • Kurs yang berlaku untuk transaksi di Luar negeri menggunakan kartu kredit adalah kurs saat transaksi terposting. Jadi Ketika anda melakukan transaksi, status transaksi masih menggantung atau istilahnya Merchant belum melakukan proses settlement.  
  • Beberapa bank penerbit kartu kredit memiliki special offers atau program khusus untuk transaksi di Luar negeri, pada umumnya berbentuk cicilan 0% atau penambahan poin reward. Untuk informasi yang lebih lengkap mengenai program apa saja yang sedang berlaku silahkan hubungi call center bank anda.


Tips dan Trick menggunakan kartu Kredit di Luar Negeri

  • Daripada membeli tiket dengan cash atau dengan cara lainnya. Pertimbangkan untuk pembelian tiket dengan menggunakan kartu kredit. Karena kartu kredit di Indonesia pada umumnya memiliki asuransi perjalanan Non-premi. Mamfaatnya biasanya sudah cukup untuk mengantikan asuransi traveling bila anda tidak mau membeli asuransi traveling tambahan, misalkankan mamfaat delay yang pada umumnya berkisar 4 sampai 6 jam, tergantung kartu kredit apa yang anda gunakan. Dan Mamfaat kemalangan lainnya.
  • Gunakan promo kartu kredit anda untuk mendapatkan fasilitas diskon hotel di berbagai negara. Informasi kerja sama bank anda dengan merchant di luar negeri bisa anda peroleh melalui call center atau melalui special offer pada website resmi penerbit kartu kredit anda.
  • Untuk mengenai hal lainnya, seperti menyediakan uang cash, mungkin anda sudah lebih tahu dari saya. :)