Perbedaan Kartu Debit dan Kartu Kredit Di Indonesia

Perbedaan Utama

Kartu debit

Uang di Kartu debit adalah Uang nasabah jadi tidak ada kewajiban untuk melakukan pembayaran.

Dana di Kartu debit adalah dana yang berasal dari rekening tabungan nasabah. Dana tersebut bisa digunakan baik untuk penarikan tunai di Mesin ATM, transaksi langsung offline dan transaksi online atau untuk keperluan lainnya. Kartu atm terus bisa digunakan sampai dana tersimpan ditabungan habis.
www.kartubank.com
ilustrasi debit dan kredit

Kartu Kredit

Uang di Kartu Kredit adalah Uang Bank yang akan dibayar oleh nasabah bila digunakan.

Dana di Kartu Kredit adalah dana yang dipinjamkan oleh bank. Dana pada kartu kredit dibatasi jumlahnya yang penyesuaiannya berdasarkan besar penghasilan pemilik kartu kredit dan juga mengacu kepada syarat ketentuan dari Bank Indonesia. Kartu kredit bisa digunakan untuk bertransaksi sampai batas limit dana yang diberikan oleh bank.

Perbedaan berdasarkan pengajuan

Kartu Debit

Kartu debit biasanya bisa diajukan oleh semua kalangan. Pada kartu debit dikenal istilah setoran awal pada saat pembukaan rekening tabungan. Rata-rata setoran untuk pembukan rekening tabungan reguler adalah Rp.500.000
Tidak ada batasan jumlah bank penerbit rekening yang bisa dimiliki oleh seorang nasabah.


Kartu Kredit

Untuk bisa memiliki kartu kredit seseorang harus berusia minimal 21 Tahun untuk kartu utama dan minimal 17 tahun untuk menjadi pemegang kartu tambahan,
Untuk bisa memiliki kartu kredit seseorang sudah harus bekerja dan berpenghasilan minimal 3 Juta perbulan.
Pemegang kartu kredit dengan penghasilan tetap di bawah 10 Juta hanya bisa memiliki 2 bank penerbit kartu kredit.

Perbedaan Berdasarkan Fitur dan Fasilitas

Kartu debit

Fitur kartu debit adalah tarik tunai di atm, transaksi di merchant, pembelian dan pembayaran berbagai macam kebutuhan baik secara manual dan otomatis.  Tidak semua kartu debit bisa digunakan untuk transaksi online. 

Fasilitas Kartu debit cukup banyak misalkan atm, internet banking, mobile banking dan kantor cabang sebagai pusat pelayanan nasabah.

Kartu Kredit

Fitur kartu kredit jauh lebih banyak bila dibandingkan dengan kartu debit. Kartu debit bisa digunakan untuk transaksi tarik tunai di atm, pinjaman dana cash melalui proses transfer ke rekening, alat pembeliann atau pembayaran segala bentuk kebutuhan baik offline dan online. Kartu kredit sebagai jaminan applikasi atau membership free trial sebuah applikasi atau keanggotaan lainnya.

Fasilitas kartu kredit adalah atm, asuransi perjalanan, dan call center sebagai pusat pelayanan paling umum.


Perbedaan berdasarkan Biaya-Biaya

Kartu Debit

Pada kartu debit dikenakan istilah bunga. Bunga pada kartu debit adalah sejumlah uang yang dicreditkan oleh bank kepada nasabah.
Pada kartu debit dikenal istilah biaya administrasi yang biasanya ditagihkan atau diambil dari saldo nasabah sekali sebulan.
Pada kartu kredit dikenal istilah biaya transaksi seperti biaya pembayaran, biaya transfer, print mutasi rekening dan yang lainnya.

Kartu Kredit

Ada banyak sekali jenis biaya pada kartu kredit seperti dibawah ini:
Bunga: Bunga adalah dana yang akan ditagihkan oleh bank kepada pemilik kartu kredit apabila tidak melakukan pembayaran penuh sebelum jatuh tempo dengan maksimal persentasi bunga 2.25%/Bulan

Denda Keterlambatan: Selain dikenakan bunga, seseorang yang tidak melakukan pembayarn tepat waktu akan dikenakan denda keterlambatan dengan persentase 3% dari total tagihan maksimal 150 ribu.

Pada kartu kredit dikenal istilah iuran tahunan kartu yang ditagihkan sekali pertahun.

Selain biaya-biaya di atas, masih banyak lagi jenis biaya pada kartu kredit misalkan biaya overlimit, biaya administrasi transfer dana, penalty pembatalan cicilan, biaya materai pembayaran, dan lain-lain.



Lain-Lain
  • Memasukkan dana ke kartu debit berarti menabung
  • Memasukkan dana ke kartu kredit berarti membayar
  • Baik kartu kredit dan kartu debit harus langsung dilaporkan bila hilang, untuk diblokir oleh bank.
  • Baik kartu kredit dan kartu debit sama-sama termasuk didalam kategori kartu pembayaran
  • Baik kartu kredit dan Kartu debit sama-sama harus menggunakan PIN minimal 6 digit
  • Baik kartu kredit dan kartu debit sama-sama memiliki 16 digit nomor kartu.
  • Kartu kredit mengenal yang namanya lembar tagihan yang memuat semua rincian transaksi kartu kredit dalam satu periode percetakan. Lembar tagihan wajib dikirimkan oleh bank setiap bulan.
  • Kartu debit mengenal istilah mutasi rekening yang bisa diprint langsung di atm atau di kantor cabang. 
  • Baik kartu kredit dan kartu debit sama-sama memiliki peluang untuk terkena kasus fraud atau penipuan.