OTP Kartu Kredit BCA BNI Mandiri BRI dan bank Lainnya - Apa itu Yah?

OTP kartu kredit - Apa itu dan dimana saya bisa mendapatkannya? OTP itu adalah singkatan dari One Time Password (Bahasa Inggris) yang artinya Sandi sekali Pakai. Penggunaan OTP untuk transaksi Online merujuk kepada sistem keamanan pembayaran menggunakan kartu kredit yang dikembangkan oleh Jaringan Master dan Visa.

Oleh karena itu, Permintaan Kode OTP saat transaski online hanya akan diminta ketika konsumen bertransaksi di merchant yang memiliki tanda Verified by Master and Visa.

Untuk kartu kredit Indonesia, biasanya transaksi di Merchant yang tidak verified by master dan visa akan ditolak. Tetapi walaupun demikian, Pemilik kartu tetap harus berhati-hati dan selalu ingat untuk menjaga data kerahasian kartu kredit anda.

OTP Kartu Kredit BCA BNI Mandiri BRI dan Bank Lainnya

OTP pada semua bank penerbit kartu kredit di Indonesia memiliki syarat dan ketentuan yang hampir sama  - Yaitu Kode OTP hanya akan dikirimkan ke nomor handphone pemilik kartu kredit yang terdaftar di sistem bank.

Bila Nomor handphone yang terdaftar di Sistem bank sudah tidak valid, Maka nasabah harus menghubungi call center bank masing-masing untuk update nomor handphone yang terbaru.

Kode OTP atau One time password itu dikirimkan dengan metode Pop Up. Jadi Bukan dalam bentuk sms, Pop Up akan hilang dalam beberapa menit.

Ada perbedaan jangka waktu pengisian kode OTP sebelum transaksi dinyatakan gagal karena missing OTP.  Untuk Bank BCA BNI Mandiri BRI dan yang lainnya adalah sekitar 5 sampai 8 Menit dengan ketentuan 3 Kali percobaan maka transaksi dinyatakan gagal dan harus menggulang kembali dari awal.

Apa Itu Yah?

Apa Itu Yah?
Ilustrasi Kartu oleh Pixabay 

Di sini kita akan membahas sedikit lebih dalam mengenai syarat dan ketentuan Kode OTP secara umum, apa itu persyaratannya? Kita jelaskan melalui sesi tanya jawab di Bawah Ini.


Apa Beda PIN dan OTP?


PIN adalah sistem keamanan transaksi offline yang biasa digunakan untuk perbelanjaan langsung ke toko fisik atau atm. Sementara Kode OTP adalah password sekali pakai atau penganti PIN untuk transaksi Online. Dua-duanya terdiri dari 6 digit angka, bedanya Pin dipakai berulang-ulang, sementara OTP hanya satu kali saja.
Lebih lengkap mengenai PIN Baca di Sini.


Cara Mendapatkan OTP kartu Kredit Tambahan?


Kode OTP kartu kredit tambahan akan dikirimkan ke Nomor Handphone kartu tambahan yang terdaftar di Bank. Tetapi apabila Nomor handphone kartu tambahan belum terdaftar maka kode OTP akan dikirimkan ke Nomor Handphone Utama.

Bila anda sebagai pemegang kartu kredi tambahan mau transaksi urgent dan ternyata nomor hanphone anda belum terdaftar di Bank. Maka anda bisa menghubungi kartu utama tepat sebelum ke proses pembayaran, telephon jangan dimatikan sampai permintaan kode otp muncul. Atau untuk lebih mudahnya, suruh saja kartu utama yang melakukan transaksi.

Kode OTP salah 3 Kali, bagaimana ITU?

Karena kode OTP adalah hanya sekali Pakai, jadi proses refresh kode OTP tidak sesulit refresh Kode PIN. Coba saja transaksi Kembali dari proses awal, bila masih gagal hubungi call center bank anda untuk refresh kode OTP karena salah tiga kali.

Nomor Handphone sudah terdaftar tetapi kode OTP tidak diterima, Apa yang salah?

Tidak ada yang salah. Hanya saja terkadang nomor handphone yang baru ada update tidak langsung terdaftara sebagai penerima kode OTP. Tidak perlu kwatir, anda cukup menghubungi call center bank anda dan minta untuk Refresh OTP karena baru Update nomor handphone.

Kode OTP kartu kredit terkirim ke nomor handphone lama yang sudah dicuri Orang. Amankah?
Aman. Karena OTP itu hanya sekali pakai. Tetapi sebaiknya anda langsung menghubungi bank anda untuk Update Nomor handphone.

Saya Transaksi Online berhasil tanpa Kode OTP, Kok Bisa?

Ada beberapa pengecualian untuk transaksi yang kesekian kali di aplikasi yang terdaftar di hanphone anda. Misalkan applikasi Lazada. Bila anda transaksi yang ke 2 dengan nominal transaksi yang kecil ada kemungkinan anda tidak memerlukan kode OTP. karena itu, jagalah Handphone anda supaya jangan sampai hilang. Dan jangan pernah menuliskan catatan data kartu kredit di Handphone apalagi fotonya disimpan di Galeri. Bisa Kacau.

Kalau kejadian. Handphone anda hilang, dimana ada applikasi yang sinkron dengan kartu kredit anda, misalkan google pay, lazada, atau yang lainnya, maka langsung hubungi call center dan minta kartu kredit anda di Blokir dulu. 

Bisakah saya Transaksi Online tanpa Kode OTP?

Seperti Poin di Atas, ada pengecualian untuk transaksi di Aplikasi yang terinstall langsung di Hanphone anda. Itupun hanya untuk transaksi yang kesekian kali dengan nominal yang kecil. Ketentuan ini tidak berlaku untuk semua bank, karena ada juga bank yang benar-benar 100% harus pakai kode OTP setiap kali transaksi.

Jadi Transaksi Online tanpa kode OTP tidak bisa pada umumnya.


Kemana saya bertanya apabila ada pertanyaan lain tentang OTP?
Hubungi call center bank anda!