Pentingnya menjaga kerahasiaan data-data kartu kredit

www.kartubank.com
Tidak ada info data kartu kredit yang bisa di-informasikan
kepada pihak lain diluar bank penerbit kartu

Bapak/Ibu ada beberapa data kartu kredit yang harus anda jaga dan jangan sampai di-Informasikan kepada siapapun. Apalagi menuliskannya di Kolom komentar website tertentu. 

Mungkin kebanyakan pemilik kartu kredit sudah mengetahui hal ini. Tetapi, ternyata ada beberapa orang yang masih belum paham seberapa pentingnya menjaga data-data kartu kredit tetap rahasia.

Data-data kartu kredit yang harus dirahasiakan


  • Nomor kartu kredit
  • Masa berlaku kartu kredit
  • Tiga angka dibelakang kartu kredit
Ketiga informasi data kartu tersebut harus tetap di jaga kerahasiaanya dan hanya bisa Bapak/Ibu informasikan ke bank penerbit kartu kredit. Atau biasanya bila bank lain meminta foto copy kartu kredit anda untuk pengajuan pinjaman atau pengajuan kartu kredit baru.

Maka pastikan untuk mengirimkan bagian depannya saja dan pastikan mengirimkan data tersebut langsung ke alamat email perusahaan. Hal inipun sebenarnya tidak bisa dijamin keamananya. Jadi untuk menentukan apakah aman mengirimkan foto copy kartu kredit ke bank lain? Itu jawabannya hanya Bapak/Ibu yang tahu.

Yang pasti kebocoran data kartu kredit ke pihak yang tidak bertanggung jawab bisa mengakibatkan kasus fraud atau penyalahgunaan kartu kredit.

Jagalah Kerahasiaan data kartu kredit anda dengan cara berikut!

  • Jangan pernan menginformasikan data-data kartu kredit kepada siapapun kecuali kepada bank penerbit kartu. Dalam hal ini, kepada petugas bank yang anda hubungi atau kunjungi secara resmi dengan menggunakan nomor contact center resmi atau kantor pelayanan bank penerbit.
  • Bila bank menghubungi anda dan meminta data kartu kredit, pastikan nomor yang mereka gunakan adalah nomor resmi bank penerbit kartu kredit anda.
  • Jangan memindah tangan-kan kartu kredit anda kepada siapapun juga, Bahkan kepada keluarga, teman, atau orang yang mendatangi anda dan mengaku orang bank.
  • Ketika berbelanja, jangan ijinkan kasir membawa kartu kredit anda ke ruangan yang berbeda. 
  • jangan sampai kartu kredit anda tertinggal di Mesin ATM
  • Jangan memberikan informasi nomor, masa berlaku, tiga angka dibelakang kartu, ketika mengomentari atau menanyakan sesuatu via email.

Bagaimana kalau Bapak/Ibu sudah terlanjur menginformasikan data kartu kredit? 

Sekali lagi, yang bisa memastikan kartu kredit tetap aman adalah pemilik kartu kredit itu sendiri. Bila anda merasa tidak nyaman karena sudah terlanjur menginformasikan data-data kartu kredit anda maka pertimbangkan untuk meminta pergantian kartu kredit ke bank penerbit kartu kredit anda.

Saat ini kebanyakan transaksi memang sudah menggunakan kode pengaman seperti kode 3d secure, tetapi bapak/Ibu perlu tahu bahwa masih ada beberapa merchant online yang tidak perlu menggunakan kode tersebut atau apalagi bila datanya jatuh kepada orang-orang yang ahli dalam kasus penipuan.