Rincian Transaksi di Lembar Tagihan Kartu Kredit Tidak Sesuai

Transaksi Tidak dikenali pada lembar tagihan kartu kredit

Anda kaget ketika menerima tagihan kartu kredit dan melihat ada rincian transaksi yang aneh. Baca solusinya di bawah ini!

Transaksi kartu kredit di kota atau negara yang tidak pernah anda kunjungi


Bila anda pernah melakukan transaksi di kota yang berbeda dengan nominal yang sama dan nama toko yang sama, maka transaksi yang tertagih pada lembar tagihan anda adalah transaksi tersebut.

Hal ini bisa terjadi ketika mesin EDC yang digunakan di Kota Medan (Misalkan) Masih disetting dengan nama kota Jakarta atau nama kota lainnya.

Tetapi bila anda yakin kalau transaksi tersebut bukan transaksi anda, coba hubungi call center kartu kredit bank anda untuk mengajukan penyanggahan transaksi.

Tanggal Transaksi Kartu Kredit berbeda

Bila anda pernah melakukan transaksi yang sama hanya berbeda tanggal saja, kemungkinan besar, transaksi tersebut adalah transaksi anda. 

Hal ini bisa terjadi bila ada perbedaan tanggal transaksi dengan tanggal posting atau proses settlement yang dilakukan antara toko dengan pemilik mesin EDC dan antara pemilik mesin EDC dengan bank penerbit kartu kredit anda.

Tetapi bila anda yakin kalau transaksi tersebut bukan transaksi anda, coba hubungi call center kartu kredit bank anda untuk mengajukan penyanggahan transaksi.


Transaksi kartu Kredit dengan nominal yang berbeda

Coba hubungi toko tempat anda berbelanja dan pastikan kenapa mereka menagihkan lebih besar dari harga produk yang sebenarnya.

Kemungkinan besar ada biaya subcharge yang ditagihkan oleh toko tersebut.


Biaya subcharge adalah biaya penggunaan metode pembayaran dengan kartu kredit. Hal ini sebenarnya dilarang oleh BI dan bukan merupakan kebijakan bank.

Bila biaya-nya sangat besar dan bukan biaya subcharge, coba hubungi call center kartu kredit bank anda untuk mengajukan penyanggahan transaksi.


Tagihan dari asuransi yang sudah anda batalkan di Kartu Kredit

Hubungi Asuransi tersebut dan konfirmasi mengenai hal itu kepada pihak asuransi. 

Terkadang bila anda baru membatalkan asuransi beberapa hari tanggal cetak, kemungkinan besar untuk premi yang sudah posting di bank tetap ditagihkan kepada anda.

Misalkan tanggal cetak setiap tanggal 30 dan anda menghubungi asuransi untuk membatalkan premi tanggal 25 padahal asuransi biasanya sudah menagihkan premi setiap tanggal 10 dan sudah posting dibank. 

Maka pada tanggal 30 bank tetap akan print tagihan anda, berikut dengan premi asuransi tersebut.

Tetapi bila pembatalan asuransi sudah berbulan-bulan tetapi  masih ditagihkan, hubungi atau kunjungi kantor asuransi tersebut untuk meminta pengembalian dana ke kartu kredit.

Bila dipersulit, coba hubungi call center kartu kredit bank anda untuk mengajukan penyanggahan transaksi.

Transaksi kartu kredit double atau lebih dari dua kali di tempat yang sama 


Hal ini disebut dengan double posting transaksi, anda bisa melakukan koreksi dengan menghubungi bank anda. 

Proses tersebut disebut dengan dispute double posting transaksi  kartu kredit. 

Anda harus mengirimkan surat pernyataan, Foto copy kartu kredit dan ktp beserta struk perbelanjaan untuk proses koreksi transaksi tersebut.


Transaksi kartu kredit yang sudah dibatalkan atau sudah dibayar cash masih tertagih


Hal ini bisa saja terjadi ketika mesin EDC error.

Anda harus mengirimkan surat pernyataan, Foto copy kartu kredit dan ktp beserta struk perbelanjaan untuk proses koreksi transaksi tersebut.

Transaksi cicilan Kartu Kredit tertagih penuh


Bila hal ini terjadi, hubungi bank anda untuk koreksi metode pembayaran transaksi. 

Informasikan kepada call center bawah transaksi tersebut harusnya cicilan.

Infokan berapa bulan dan bunga-nya berapa sesuai info yang anda dapatkan dari Toko ketika belanja.

Sama halnya ketika program cicilan tersebut adalah program bank, misalkan tanggal 21 anda sudah menghubungi bank untuk minta cicilan, tetapi masih tertagih penuh.


Untuk Kasus Transkasi Kartu Kredit lainnya klik link di Bawah ini!



0 Komentar "Rincian Transaksi di Lembar Tagihan Kartu Kredit Tidak Sesuai"