KTA DBS - Pinjaman Pakai Kartu Kredit Hingga 300 Juta

Dana Bantuan Sahabat adalah Pinjaman KTA online produk dari bank DBS. Update 2019, debitur bisa mengajukan KTA DBS hingga 300 juta dengan lama angsuran mulai dari 1 tahun hingga 3 tahun. Bunga KTA DBS sangat ringan mulai dari 0.88% flat perbulan hingga 1.49% Flat perbulan (akan dibahas lebih jauh pada poin biaya).

Jenis kta bank DBS ini adalah kredit multiguna. Dana pinjaman bisa dialokasikan untuk memenuhi berbagai kebutuhan seperti biaya renovasi rumah, biaya pendidikan, rumah sakit, pernikahan sampai pemenuhan kebutuhan hidup sehari-hari.



Pinjaman Bank DBS

Pinjaman DBS

KTA DBS Online atau Pinjaman dana bantuan sahabat adalah produk pinjaman dari bank DBS yang bisa diajukan dengan mudah secara online. Hal yang paling menarik mengenai pinjaman ini, selain kemudahan pengajuan pinjamannya, bunganya juga sangat ringan. Dan lebih dari itu, prosedur mengenai pinjaman ini tidak ada yang ditutup-tutupi. Artinya semua debitur bisa dengan mudah mencari informasi mengenai hal-hal yang berkaitan dengan pinjaman Dana bantuan Sahabat. Bank DBS secara terbuka menuliskan semua informasi mengenai besar bunga, cara menghitung bunga, ketentuan grace periode, denda dan hal-hal lainnya.

Menurut saya sebuah produk pinjaman yang bagus adalah produk pinjaman dimana kreditur tidak menutupi hal-hal yang berkaitan dengan biaya-biaya dan prosedur lainnya. Sehingga di lain waktu, tidak terdapat kesalahpahaman atau penyalahgunaan kepercayaan antara kreditur dan debitur.

Selain memiliki kelebihan, produk pinjaman dari bank DBS ini juga memiliki kelemahan, seperti persyaratan yang hanya bisa diajukan oleh mereka yang memiliki kartu kredit. Minimal pinjaman yang bisa diajukan adalah 5 juta rupiah, mungkin hal tersebut ditetapkan karena melihat biaya administrasi nya juga yang mencapai 300 ribuan. Karena tidak lucu juga kalau mengajukan pinjaman 1 juta dan biaya administrasi nya 300 ribuan. Maka, bank DBS memberikan pinjaman dengan plafon minimal 5 juta rupiah.

Syarat KTA DBS - Pinjaman Dana Bantuan Sahabat

Syarat mengajukan KTA DBS berbeda-beda, tergantung profesi calon debitur. Profesi dibagi menjadi 3 yaitu karyawan, wiraswasta dan profesional.


#Syarat Pinjaman KTA DBS untuk Karyawan
Karyawan yang ingin mengajukan pinjaman kta dbs wajib memiliki penghasilan tetap minimal 3 juta per bulan. Karyawan tersebut harus memiliki kartu kredit dengan limit minimal 6 juta dan sudah digunakan minimal selama 9 bulan. Masa kerja karyawan calon debitur KTA DBS adalah minimal sudah bekerja selama 1 tahun di perusahaan terakhir dengan status karyawan tetap.

Berikut ini adalah syarat pinjaman KTA DBS untuk Karyawan:
  • Usia Minimum 21 tahun dan maksimal 55 Tahun 
  • Minimal penghasilan 3 juta 
  • Harus memiliki kartu kredit dengan umur minimal 9 bulan dan limit minimal 6 juta 
  • Lama bekerja  minimal 1 tahun dan sudah pegawai tetap.
  • Pengajuan Pinjaman DBS Online hanya untuk wilayah Jabodetabek, Bandung, Medan dan Surabaya saja. 
  • Melampirkan dokumen Foto-copy eKTP, Foto-copy Kartu Kredit, Foto-copy NPWP atau SPT PPH 21. 

#Syarat Pinjaman DBS untuk Wira-swasta dan Profesional
Wira-swasta dan Profesional yang ingin mengajukan pinjaman KTA DBS wajib memiliki penghasilan tetap minimal 5 juta dan telah bekerja atau berusaha minimal 2 tahun. Wira-swasta atau profesional tersebut wajib memiliki kartu kredit dengan limit minimal 7 juta dan masa keanggotaan minimal 12 bulan terhitung dari tanggal Aktivasi kartu kredit.

Berikut ini adalah syarat pinjaman KTA DBS untuk Wira-swasta dan Profesional:
  • Usia Minimum 21 tahun dan maksimal 55 Tahun 
  • Minimal penghasilan 5 juta 
  • Harus memiliki kartu kredit dengan umur minimal 12 bulan dan limit minimal 7 juta 
  • Lama berkerja atau lama berusaha minimal 2 tahun 
  • Pengajuan Pinjaman DBS Online hanya untuk wilayah Jabodetabek, Bandung, Medan dan Surabaya saja. 
  • Melampirkan dokumen Fotocopy eKTP, Fotocopy Kartu Kredit, Fotocopy NPWP atau SPT PPH 21. 

Plafon dan Tenor Pinjaman DBS

Plafon Pinjaman DBS dimulai dari 5 juta hingga 300 juta. Pemberian Limit pinjaman pastinya berbeda-beda. Beberapa hal yang dipertimbangkan untuk penafsiran limit pinjaman yang layak adalah:
  • Besar penghasilan 
  • Limit Kartu Kredit 
  • Lama bekerja/berusaha 
  • Status kepemilikan tempat tinggal 
  • Mungkin sampai pengecekan BI Checking 
Cara mengetahui besar pinjaman dbs yang disetujui adalah dengan melihat info plafon pada surat lembar persetujuan kredit yang akan dikirimkan kepada alamat surat menyurat debitur. Informasi lain seperti lama angsuran (tenor) juga akan dituliskan pada lembar persetujuan kredit tersebut.

Pilihan tenor KTA DBS adalah mulai dari 12 bulan hingga 36 bulan. Besar plafon dan tenor kredit akan mempengaruhi suku bunga pinjaman. Hal ini sesuai dengan Metode Amortisasi 78, dimana suku bunga bergantung pada pokok pinjaman, suku bunga efektif per tahun dan jangka waktu cicilan. Hal-hal tersebut selanjutnya akan dijelaskan lebih rinci pada surat lembar persetujuan kredit.


Bunga KTA DBS

Bunga pinjaman KTA DBS dipengaruhi oleh plafon pinjaman dan domisili debitur. Suku bunga kta dbs dimulai dari 0.88% flat per bulan hingga 1.49% flat per bulan. Untuk lebih jelasnya mengenai ketentuan pemberian suku bunga pinjaman, silahkan perhatikan data di bawah ini!

Berikut ini adalah Bunga KTA DBS:
  • Debitur Jabodetabek
    • Rp.5.000.000 - Rp.75.000.000 bunga 1.49% Flat Perbulan
    • Rp.76.000.000 - Rp.125.000.000 bunga 1.29% Flat Perbulan
    • Rp.126.000.000 - Rp.200.000.000 bunga 0.95% Flat Perbulan
    • Rp.201.000.000 - Rp.300.000.000 bunga 0.88% Flat Perbulan
  • Debitur Bandung dan Surabaya all Plafon 1.49%
Di lihat dari data di atas, semakin besar plafon pinjaman yang disetujui semakin ringan  suku bunga yang diberikan. Tetapi, hal tersebut tidak berlaku untuk debitur yang berdomisili di Bandung dan Surabaya, dimana semua jenis plafon disamakan dengan suku bunga 1.49%.

#Cara Menghitung besar bunga dan angsuran KTA DBS setiap Bulan
Rumus perhitungan angsuran KTA DBS adalah (Pokok Pinjaman + (Pokok Pinjaman x bunga x Tenor))/Tenor
Contoh
Pokok Pinjaman 5 Juta dan dicicil 12 bulan. Maka Angsuran = (5000000 + (5000000 x 1.49% x 12))/12 = (5000000 + 894000)/12 = 5894000/12 = Rp.491.167 per bulan. Artinya total bunga yang akan ditagih sampai cicilan selesai adalah Rp.894000 atau sekitar Rp.74.000 Per bulan.


Biaya KTA DBS

Seperti jenis KTA Lainnya, terdapat beberapa kewajiban biaya yang harus dibayarkan oleh debitur. Biaya administrasi kta DBS adalah Rp. 399.000 dan biaya tersebut akan langsung diambil dari plafon pinjaman yang disetujui. Artinya bila kamu limit pinjaman kamu yang disetujui adalah Rp.10.000.000 maka dana yang akan ditransfer ke rekening mu sudah akan dikurangi biaya administrasi tersebut.

Selain biaya administrasi ada juga yang disebut biaya tahunan. Biaya tahunan KTA DBS pada tahun pertama adalah 1.75% dari limit pinjaman yang disetujui. Misalkan pinjaman yang disetujui adalah Rp.10.000.000 maka akan dikurangi langsung sebesar Rp.175.000. Sementara untuk jenis tenor lain, misalkan tenor 2 tahun dan 3 tahun, maka pada tahun ke-dua dan ke-tiga biaya tahunan nya adalah Rp.65.000 dan akan ditagih pada cicilan ke-13 untuk iuran ke 2 dan cicilan ke-25 untuk iuran tahun ke-3.

Denda keterlambatan KTA DBS adalah 6% dari angsuran bulanan dan minimal Rp.250.000. Kamu tidak akan dikenakan denda keterlambatan apabila jatuh tempo pas dihari libur dan kamu langsung membayarkan di hari kerja pertama setelah hari libur tersebut.

Biaya-biaya lainnya adalah sebagai berikut:

  • Biaya pencairan atau biaya transfer Rp.30.000
  • Biaya Materai Rp.6000
  • Biaya Percepatan pelunasan cicilan atau pembatalan adalah 8% dasi sisa pokok pinjaman 
  • Premi Asuransi (tidak wajib) 1% dari pokok pinjaman yang disetujui.
  • Biaya penolakan pembayaran Cek/Giro/Autodebet Rp.50.000



FAQ Pinjaman DBS

Berikut ini adalah beberapa pertanyaan dan jawaban mengenai pinjaman dana bantuan sahabat dari bank DBS:

1. Apakah Pinjaman DBS sudah terdaftar di OJK
Jawab
Sudah. Pinjaman DBS terdaftar dan diawasi oleh OJK.

2. Apakah bisa kalau tidak punya kartu kredit?
Jawab
Tidak. Syaratnya harus memiliki kartu kredit.

3. Bagaimana Cara mengetahui status persetujuan pinjaman KTA DBS?
Jawab
Bank DBS akan mengirimkan informasi persetujuan melalui sms ke nomor handphone debitur. Kemudian, bank DBS akan mengirimkan Lembar persetujuan kredit ke alamat surat menyurat debitur.

4. Bagaimana cara mengetahui tagihan dan jatuh tempo angsuran Pinjaman KTA DBS?
Jawab
Informasi mengenai hal-hal yang berhubungan dengan pembayaran bisa dilihat dilembar persetujuan kredit. Sementara informasi tagihan bulanan dan jatuh tempo bisa ditanyakan langsung ke DBSI Costumer Care di nomor 1500327 atau 69 327 (dari handphone).

5. Bagaimana Kalau jatuh tempo pembayaran KTA DBS jatuh dihari libur?
Jawab
Bank DBS memberlakukan sistem grace periode, dimana bila jatuh tempo pembayaran jatuh pada hari libur. Maka, jatuh tempo akan mundur ke hari kerja berikutnya.