Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Tips Menabung Buat Orang Yang Boros

Apakah anda adalah tipe orang yang boros dan sulit menabung. Jangan Khawatir! Coba tips menabung di rumah dan di bank berikut ini!

1. Menabung Di Rumah

Beberapa orang memilih untuk menabung di rumah daripada menabung di bank.  Hal ini sangat bisa dimaklumi.

Selain karena alasan tidak mau report mengurus hal-hal yang berhubungan dengan administrasi perbankan, beberapa orang merasa lebih aman untuk menabung uang di rumah.

Apapun alasan anda, menabung di rumah adalah pilihan yang cukup baik daripada tidak menabung sama sekali.

Komitmen sangat diperlukan bila anda serius untuk bisa manabung di rumah, karena kendala terbesar seseorang tidak bisa menabung adalah 'ketidakmampuan untuk mengontrol keinginan berbelanja lagi dan lagi.'

Ketidakmampuan untuk mengontrol keinginan untuk membeli sesuatu yang sebenarnya tidak terlalu diperlukan.
Kenyataan ini sebenarnya dialami oleh hampir semua orang, kecenderungan berbelanja tanpa perencanaan adalah penyebab hal ini berlanjut terus-menerus. 

 Seorang pakar financial berkata, "Cara terbaik untuk berhemat adalah menuliskan daftar belanja bulanan jauh hari sebelum anda berbelanja." Beliau Mengatakan, belanja mendadak bisa membuat uang anda habis lebih cepat tanpa disadari.

2. Menabung di Rumah dengan Brankas atau Celengan

Menabung di rumah dengan menggunakana brankas

Brankas adalah pilihan terbaik, anda bisa memesan brankas melalui berbagai toko online dengan sangat mudah.

Untuk anak sekolah atau mereka yang belum bekerja, bisa menggunakan celengan, pilihlah celengan yang tidak murahan, yang terbuat dari kayu bukan dari plastik, karena penampilan celengan anda juga bisa mempengaruhi semangat menabung anda.

Setelah anda menentukan dimana tabungan anda akan disimpan, maka selanjutnya adalah memikirkan ide cara menabung yang menarik atau yang membuat anda menjadi termotivasi, berikut beberapa ide yang menarik untuk dicoba.

3. Menabung di Rumah Ala Pecahan Rp.20.000


Menabung di Rumah ala Rp.20.000

Terdengar sedikit aneh bukan?

Namun kenyataannya, banyak orang tertarik dan berhasil melakukan hal tersebut. Begini ketentuan menabung di rumah ala pecahan 20 Ribuan:

Setiap uang pecahan 20 Ribuan yang anda dapatkan baik dari kembalian belanja atau bayar jasa harus anda simpan dan tidak bisa digunakan. 

Kebetulan uang pecahan 20 ribuan adalah pecahan uang yang paling jarang kita temui sehingga bisa dipastikan, hanya sekitar 5- 10 % dari penghasilan bulanan anda yang anda tabung bila mengikuti ketentuan tersebut.


4. Langsung Menabung Setelah Gajian


Yang harus anda lakukan terlebih dahulu adalah memastikan berapa uang yang bisa anda tabung dari penghasilan anda sebulan. 

Setelah menafsirkan berapa rata-rata pengeluaran anda setiap bulan. Pastikan persenan dana atau uang yang bisa ditabung. Langsung simpan dalam brankas atau dimasukkan ke dalam celengan.

5. Hemat 50% Kebutuhan yang tidak penting

Biaya-biaya yang bisa anda perhitungkan untuk dipotong 50% adalah:
  • Rokok 
  • Pulsa 
  • TV Berbayar 
  • Hangout/Nonton dkk 

Pokoknya hal-hal yang sebenarnya bisa dikurangi dan mengeluarkan biaya cukup besar setiap bulan harus anda potong sebesar 50%.

Bila biasanya anda menghabiskan satu bungkus rokok maka cobalah menghabiskan hanya setengah bungkus rokok saja perhari.

Atau bila anda biasanya harus menonton atau karaokean 2 kali dalam sebulan maka berniatlah untuk melakukannya sekali saja. 

Hentikan atau downgrade layanan tv berbayar anda dengan yang lebih murah.

6. Join Tabungan Rencana di Bank


Bila anda tidak sanggup melakukan salah satu dari ketiga cara menabung di rumah tersebut, maka sangat disarankan untuk anda mengambil keputusan mengikuti program tabungan Rencana di bank pilihan anda.

 Apa itu program Tabungan rencana?

Program tabungan rencana adalah proses menabung dengan jangka waktu yang sudah ditentukan sebelumnya. 

Jadi anda tidak bisa mencairkan dana tabungan sampai habis masa perjanjian menabung dengan bank.

Anda bisa memilih jangka waktunya mulai dari 1 tahun hingga beberapa tahun, dan biasanya dana akan otomatis ditarik dari rekening payroll anda.

Anda bisa membuka tabungan rencana di kantor cabang bank mandiri, BCA, BRI, BNI dan Bank-bank lainnya.

Roy Passenger
Roy Passenger Selamat datang di Kartu Bank! Saya Roy Passenger. Baca Novelku di Google play Book, Yah! Klik Di Sini (Khusus Dewasa)