Cara Bayar Kartu Kredit Sebelum Tanggal Cetak Berlaku untuk semua bank

cara bayar kartu kredit


Yang dimaksud dengan pembayaran tagihan kartu kredit sebelum tanggal cetak adalah kondisi dimana pemegang kartu langsung membayar transaksi perbelanjaannya kartu kreditnya bahkan sebelum bank mengirimkan atau membukukan transaksi tersebut. Umumnya pemegang kartu langsung membayar transaksi dikartu kreditnya karena mau menggunakannya kembali.

Pembayaran Tagihan Kartu Kredit

Tidak ada biaya tambahan atau penalty apabila pemegang kartu langsung membayar transaksi kartu kreditnya. Tetapi, ternyata ada dampak positif dan negatifnya juga loh. Sebelum melakukan pembayaran perhatikan terlebih dahulu dampak baik dan dampak buruk yang terjadi akibat pembayaran tagihan kartu sebelum tanggal cetak.

Dampak Positif

Limit kartu kredit akan bertambah sebesar pembayaran yang dilakukan, jadi pemilik kartu bisa transaksi kembali sebesar yang dibayarkan atau bertambah sebesar yang dibayarkan. Perlu diperhatikan apabila transaksi yang langsung dibayarkan tersebut adalah transaksi cicilan, maka sisa limit tidak akan bertambah dan dana akan mengendap menjadi saldo kredit.

Bila pemegang kartu ingin bertransaksi setelah pembayaran sebaiknya lakukan satu hari setelah pembayaran untuk menghindari biaya overlimit. Tetapi, bila transaksinya mendadak dan harus dilakukan di hari yang sama, transaksi kemungkinan besar akan berhasil. Nominal tagihan yang tercetak pada lembar tagihan berikutnya akan berkurang sebesar yang dibayarkan.


Dampak Negatif

Pembayaran tagihan sebelum tanggal cetak kemungkinan akan membuat pemilik kartu berpikir kalau tagihannya sudah lunas. Sehingga ketika lembar tagihan tercetak, pemilik kartu tidak melakukan pembayaran lagi. Kebanyakan kasus, pada lembar tagihan yang cetak akan ada tagihan materai atau pajak pembayaran yang nominalnya Rp.3000 atau Rp.6000, bila tagihan tersebut tidak dibayarkan maka secara otomatis system perbankan akan menganggapnya sebagai keterlambatan pembayaran dan bisa berakibat buruk pada kolektibilitas kartu kredit kamu.

Selain itu, Sistem akan menghitungkan bunga dari semua transaksi dalam satu periode termasuk transaksi yang sudah dibayarkan sebelum tanggal cetak tersebut. Untuk menghindari hal ini, pemilik kartu kredit yang melakukan pembayaran tagihan kartu sebelum tanggal cetak sebaiknya tetap memeriksa lembar tagihan setelah cetak untuk memastikan apakah masih ada tagihan atau tidak?.

Cara mengetahui tagihan berjalan kartu kredit sebelum tanggal cetak

Tidak ada informasi nominal tagihan berjalan pada mesin atm. Saat kita melakukan pembayaran, nominal tagihan yang muncul di atm adalah tagihan yang cetak terakhir walaupun tagihan tersebut sudah dibayarkan. Jadi kamu harus mengetahui berapa tagihan berjalan kartu kreditmu dulu. Sebenarnya tidak masalah apabila kamu melakukan pembayaran berlebih. Pembayaran berlebih kartu kredit tersebut secara otomatis akan membayarkan tranaksi terbarumu.

Cara yang paling mudah dan paling valid untuk mengetahui tagihan berjalan kartu kredit adalah melalui call center. Selain bisa menanyakan total jumlah tagihannya, kamu juga bisa meminta call center untuk membacakan rincian tagihan berjalan kartu kredit. Bagi kamu yang memiliki ebanking seperti IB, SMS atau Mobile banking yang terhubung dengan kartu kredit, silahkan cek tagihan berjalan anda di sana.

Cara Pembayaran Tagihan kartu kredit sebelum tanggal cetak

Setelah mengetahi nominal tagihan via call center dan sudah memutuskan berapa yang akan dibayarkan. Maka proses pembayaran bisa dilakukan seperti biasa. Contoh untuk pembayaran lewat atm bank mandiri dan untuk kartu kredit bank mandiri.

Berikut ini adalah langkah-langkah pembayaran kartu kredit:

  • Masukkan kartu ke mesin atm
  • Pilih bahasa
  • Masukkan PIN Kartu ATM
  • Pilih Menu Bayar/Beli
  • Pilih Pembayaran Kartu Kredit
  • Pembayaran Kartu Kredit sesuai nama bank penerbit kartu kreditmu.
  • Masukkan 16 digit Nomor kartu kredit kamu dan  Tekan Benar
  • ATM akan memunculkan informasi tagihan beserta nama kamu- Abaikan Nominal tagihan yang tertulis di sana karena itu adalah tagihan bulan sebelumnya
  • Pastikan data yang tertulis di ATM sudah benar.
  • Masukkan Nominal yang Ingin kamu bayarkan
  • Pastikan semua data sudah benar dan Pilih Benar

#Pembayaran Kartu Kredit Antar Bank
Yang dimaksud dengan pembayaran kartu kredit antar bank adalah metode pembayaran kartu kredit dengan menggunakan menu transfer antar bank online baik melalui mesin atm, sms banking atau internet banking. Contoh pembayaran kartu kredit bank BRI pakai atm BCA atau BNI di atm Mandiri.

Berikut adalah cara melakukan pemabayaran dengan menu transfer online melalu atm bank BCA:

  • Masukkan kartu atm
  • Masukkan PIN
  • Pilih Transaksi Lainnya
  • Pilih Transfer 
  • Pilih Transfer ke Bank Lain
  • Masukkan Kode Transfer bank penerbit kartu kreditmu
  • Masukkan Nominal tagihan yang ingin kamu bayarkan. 
  • ATM akan meminta nomor rekening tujuan transfer, masukkan 16 Digit nomor kartu kreditmu. dan ikuti prosesnya sampai selesai.



Pertanyaan yang sering diajukan

Apakah Pembayaran tagihan kartu kredit sebelum tanggal cetak akan mengakibatkan adanya penagihan pinalty. Jawabannya: Tidak.
Apakah Pembayaran Tagihan kartu sebelum tanggal cetak akan mengakibatkan adanya finalty dari cicilan tetap. Jawabannya: Tidak.
Apakah Transaksi yang dibayar sebelum tanggal cetak tetap di tuliskan dilembar tagihan. Jawabannya: Ia, rincian transaksi yang dibayarkan sebelum tanggal cetak tetap akan dituliskan dalam lembar tagihan yang akan cetak berikutnya termasuk pembayaran yang dilakukan.
Apakah pembayaran sebelum tanggal cetak akan mempengaruhi kolektibilitas kartu kredit. Jawabannya: Tidak

Informasi cara bayar tagihan kartu kredit ini, berlaku untuk semua bank termasuk Bank ANZ, bank bca, Bank BNI, bank bri, bank bukopin, Bank Cimb Niaga, bank DBS, Bank Mandiri, Bank Mega, citibank dan bank-bank Lainnya.