Cara Bayar Tagihan Kartu Kredit Sebelum Tanggal Cetak Berlaku untuk semua bank




www.kartubank.com
Pembayaran kartu kredit sebelum tanggal cetak

Bayar Tagihan Kartu Kredit Sebelum Tanggal Cetak Adalah Pembayaran yang dilakukan oleh pemegang kartu sebelum semua transaksi dibukukan ke dalam lembar tagihan dengan tujuan untuk mengembalikan limit kartu kredit tersebut.


Dampak Positif dan Negatif pembayaran tagihan kartu kredit sebelum tanggal cetak.

Sebelum melakukan pembayaran perhatikan terlebih dahulu dampak baik dan dampak buruk yang terjadi akibat pembayaran tagihan kartu sebelum tanggal cetak.

Dampak Positif

  • Limit kartu kredit akan bertambah sebesar pembayaran yang dilakukan, jadi bila pemilik kartu kredit bisa melakukan transaksi dengan jumlah limit yang lebih besar. Transaksi sebaiknya dilakukan satu hari setelah pembayaran untuk menghindari biaya overlimit. Tetapi, bila transaksinya mendadak dan harus dilakukan di hari yang sama, transaksi kemungkinan besar akan berhasil.
  • Nominal tagihan yang tercetak pada lembar tagihan berikutnya akan berkurang sebesar yang dibayarkan.


Dampak Negatif

  • Pembayaran tagihan sebelum tanggal cetak kemungkinan akan membuat pemilik kartu berpikir kalau tagihannya sudah lunas. Sehingga ketika lembar tagihan tercetak, pemilik kartu tidak melakukan pembayaran lagi. Kebanyakan kasus, pada lembar tagihan yang cetak akan ada tagihan materai atau pajak pembayaran yang nominalnya Rp.3000 atau Rp.6000, bila tagihan tersebut tidak dibayarkan maka secara otomatis system perbankan akan menghitungkan bunga dari semua transaksi dalam satu periode termasuk transaksi yang sudah dibayarkan sebelum tanggal cetak tersebut. Untuk menghindari hal ini, pemilik kartu kredit yang melakukan pembayaran tagihan kartu sebelum tanggal cetak sebaiknya  tetap memeriksa lembar tagihan setelah cetak untuk memastikan apakan ada tagihan atau tidak?.

Cara mengetahui nominal pemakaian sebelum tanggal cetak

Bila pemegang kartu kredit hendak melakukan pembayaran sebelum tanggal cetak, maka jumlah nominal tagihan atau pemakaian adalah informasi yang penting. Untuk nominal tagihan sebelum tanggal cetak, informasinya bisa diperoleh melalui call center. Informasi yang tersedia di Mesin ATM adalah informasi tagihan bulan sebelumnya.
CATATAN: Walaupun pemegang kartu sudah melakukan pembayaran untuk informasi tagihan yang terdapat di mesin atm adalah informasi tagihan bulan sebelumnya.



Cara Pembayaran Tagihan kartu kredit sebelum tanggal cetak

Setelah  mengetahi nominal tagihan via call center dan sudah memutuskan berapa yang akan dibayarkan. Maka proses pembayaran bisa dilakukan seperti biasa. Contoh untuk pembayaran lewat atm bank mandiri dan untuk kartu kredit bank mandiri.

  • Masukkan kartu ke mesin atm
  • Pilih bahasa
  • Masukkan PIN Kartu ATM
  • Pilih Menu Bayar/Beli
  • Pilih Pembayaran Kartu Kredit
  • Pembayaran Kartu Kredit Bank Mandiri
  • Masukkan 16 digit Nomor kartu kredit Bank Mandiri
  • Tekan Benar
  • Pastikan Data-data Pribadi anda yang tertulis di ATM
  • Abaikan Nominal tagihan yang tertulis di sana karena itu adalah tagihan bulan sebelumnya
  • Masukkan Nominal yang Ingin anda bayarkan
  • Pilih Benar
  • Selesai
Pertanyaan yang sering diajukan:
  1. Apakah Pembayaran tagihan kartu kredit sebelum tanggal cetak akan mengakibatkan adanya penagihan finalty. Jawabannya: Tidak.
  2. Apakah Pembayaran Tagihan kartu sebelum tanggal cetak akan mengakibatkan adanya finalty dari cicilan tetap. Jawabannya: Tidak.
  3. Apakah Transaksi yang dibayar sebelum tanggal cetak tetap di tuliskan dilembar tagihan. Jawabannya: Ia, rincian transaksi yang dibayarkan sebelum tanggal cetak tetap akan dituliskan dalam lembar tagihan yang akan cetak berikutnya termasuk pembayaran yang dilakukan.
  4. Apakah pembayaran sebelum tanggal cetak akan mempengaruhi kolektibilitas kartu kredit. Jawabannya: Tidak








122 Responses to "Cara Bayar Tagihan Kartu Kredit Sebelum Tanggal Cetak Berlaku untuk semua bank"

Anonymous said...

agak bingung yah buat aku yang belom pernah pegang kartu kredit. pengen bikin..tapi masih mikir-mikir. Takut dikejar debkolektor. serem ih.

Roy Passenger said...

Tapi banyak untungnya juga Ibu kalau punya, apalagi program diskonnya byk dr kartu kredit.

andrsyd said...

Kalo byr tagihan dengan cara di angsur setelah tanggal cetak s/d tanggal jatuh tempo bisa ga?

Roy Passenger said...

tagihan yang sudah cetak sudah tidak bisa dijadikan cicilan lagi pak. Proses pengajuan cicilan transaksi adalah 7 hari sebelum tanggal cetak

RUDY TEGUH KURNIAWAN said...

Apakah limit kartu kredit yang sudah bertambah setelah kita melakukan pembayaran sebelum tanggal cetak bisa digunakan belanja yang menggunakan program cicilan ?
Contoh kasus;
Limit 4 juta, bulan berjalan terpakai 3 juta. Sebelum tanggal cetak kita lakukan pembayaran 2,5 juta. Limit kan bertambah menjadi 3,5 juta. Lalu kita pakai beli HP seharga 3 juta menggunakan program cicilan 6 bulan. Apakah bisa kita melakukan seperti contoh kasus tersebut ?
Terima kasih.

Roy Passenger said...

Bisa pak, Tetapi transaksi sebaiknya dilakukan 7 hari sebelum tanggal cetak kalau mau dicicil, supaya sempat terproses. kecuali untuk cicilan yg 0% bisa kapan saja, karena prosesnya langsung di toko.

Anonymous said...

Saya baru pertama kali punya kartu kredit. Iseng" saya coba isi pulsa pakai kartu kredit, besoknya langsung saya bayar lewat atm. Setelah beberapa hari saya cek lagi ternyata masih ada lembar tagihan sebesar yg telah saya bayarkan ditambah nominal 12500 kalo gak salah. Apakah saya harus membayarnya lagi? Saya harus bagaimana?? Saya benar"bingung. Mohon petunjuknya.
Terima kasih.

Roy Passenger said...

Ia Harus dibayarkan, pada lembar tagihan tersebut ada informasi tagihan itu berasal dari mana. Mungkin itu adalah biaya cetak tagihan, saya sarankan supaya pengiriman tagihan via email saja supaya gratis

deni Bagas said...

Jika pembayaran kartu di lakukan saat tanggal cetak bagaimana pak???apa terkena over limit

deni Bagas said...

Jika pembayaran kartu di lakukan saat tanggal cetak bagaimana pak??

Roy Passenger said...

Pembayaran tidak akan Menyebabkan kartu overlimit pak. Pembayaran akan menambahkan sisa credit limit sebesar yang Bpak lakukan. Tapi sebaiknya pembayaran dilkukan setelh tanggal cetak dan sebelum jtuh tempo supaya lebih terkontrol saja.

budi lintasarta said...

Ok

ThePratama Maker said...

Kalo pembelanjaan secara cicilan tanggal 5 mei bulan berapa tanggal jatuh tempo ny mas ??

Roy Passenger said...

Selamat malam. Jatuh tempo pembayaran tdk ditentukan tgl transaksi, tetapi tgl cetak tagihan. Pastikan tanggal cetak tagihan Bpk/Ibu ke call center atau ada infonya ditagihan yg akan dikirimkan. Tanggal jatuh tempo adalah 20 hari dr tanggal cetak.

Riko said...

Masih bingung, sorry baru banget mengenai CC begini.

Jadi misal limit kartu saya 5jt, terus saya beli HP 4jt, dan 3hari kemudian saya bayar lunas, limit kartu saya bulan itu langsung balik lagi ke 5jt kan ya? tanpa harus nunggu bulan depannya?

Jadi saya bisa pakai CC dalam sebulan sampai nominal tidak terbatas asal langsung dibayarkan besok harinya, karena limit balik lagi ke awal?

Thanks.

Roy Passenger said...

Ia Benar sekali bapak Riko, limit akan langsung kembali sebesar pembayaran.

Anonymous said...

Pak Roy:
1. Bagaimana menentukan jumlah pembayaran cicilan cc saat kita transaksi misal akan di jadikan 3 atau 6 kali pembayaran, saya memakai cc mandiri.
Dan bagaimana jika ada promo 0% itu? apakah memang tdk ada bunga nya sama sekali ya..pak.
terimakasih atas share ilmunya.salam

Roy Passenger said...

Siang Pak/Ibu
Misalkan transaksi 1000000 dicicil 6 bulan dengan bunga 0.5%. Cara hitungnya 1 juta dibagi 6 dulu. Kemudian 1 juta dikali 0.5% kemudian keduanya ditambahkan.

Iya Pak untuk promo bunga 0% itu benar2 nga pakai bunga.

Putra said...

Malam pak,mau tanya misalnya tgl cetak tagihan sy tgl 10 dan jatuh tempo tgl 25 bln berjalan.apabila sy melakukan pembayaran setengah ttl tagihan pada tgl 1 sblm tagihan dicetak apa nanti pd saat tagihan sy dtng hrs membayar lagi atau blh menunggu byr untuk bln berikut?

Roy Passenger said...

Malam Pak Putra, Bila bapak melakukan pembayaran setengah pemakaian sebelum tanggal cetak. Maka setelah tanggal cetak tagihan bapak yang akan ditagihkan sudah dikurangi yang bapak bayar sebelumnya dan tetap harus dibayarkan sebelum jatuh tempo paling tidak minimal pembayaran atau 10% dari total tagihan yang di cetak.

Misalkan tgl cetak bapak tgl 10 jatuh tempo tgl 30.
Bapak belanja 2 juta sebelum tgl 10, dan bapak sudah bayar 1 juta tgl 5. Maka nanti tgl sepuluh nominal tagihan yang cetak adalah sisanya 1 juta lagi. Tagihan yg 1 juta lagi harus dibayar sebelum jatuh tempo (tgl 30) paling tidak 10% atau Rp.100.000

sohili akbar said...

selamat sore pak

saya mau tanya nih, saya kan pengguna baru, nah saya beli barang misalkan 3jt, dicicil 3 bulan,nah bulan pertama saya bayar 1jt, nah dari mana kita mengetahui sisa tagihan kita, dan darimana kita mengetahui di bulan sebelum jatuh tempo kita sudah bayar? krna tidak ada pemberitahuan via email maupun telp kita sudah bayar bulan berjalan bulan pertama

Putra said...

Iya makasih pak.krn sy br dapat penjelasan bahwa jika kt membayar sblm tgl cetak maka pada saat tgl jatuh tempo kt tdk perlu membayar lagi.sy disarankan byr sebelum tgl cetak untuk menghindari bunga lebih tinggi.selama ini mmng sy selalu membayar pada saat jatuh tempo.

Roy Passenger said...

Selamat siang Pak Sohili

kita simulasikan dulu yah pak
Misalkan transaksi 3 juta dicicil 3 bulan bunga 0%
Maka cicilan perbualan adalah 1 Juta Rupiah.

Bapak Sohili akan menerima lembar tagihan setiap bulan. di lembar tagihan itu nanti akan dijelaskan tanggal berapa jatuh temponya dan berapa yang harus dibayarkan.

hubungi call center untuk memastikan tanggal cetak Bapak dan akan dikirim ke mana tagihan tersebut. Bapak juga bisa meminta tagihan dikirim ke alamat email supaya lebih mudah diakses.

Refinaldi said...

Malam pak,
Apakah bisa kita bayar tagihan sebelm tanggal cetak dengan nominal kurang dari tagihan transaksi kita.
Misalkan : belanja 100rb, sebelum tgl cetak kita bayar 40rb, apakah seperti itu bisa ?dan apakah limit kita langsung kembali 40rb ?

Terima kasih

Anif Antono said...

Mau tanya pak tagihan sy seharusnya 621350 tp sy bayar 620000 apa konsekunsinya ya ..?
mks pak.

Rio Harman said...

Numpang nanya nih kalo pakai nya waktu tanggal cetak tgl 18 itu jg tagihan masuk bln skrg atau udh masuk bulan berikutnya ya? Thaaanks

Roy Passenger said...

Tergantung dari toko/merchantnya Pak, kalau mereka langsung melakukan pembukuan maka akan ikut tercetak. percetakan tagihan dilakukan dimalam hari. biasanya memang menunggu 1 x 24 jam tetapi ada juga toko yang habis transaksi langsung melaporkan pembukuan ke bank sehingga ikut tercetak malam itu juga.

Roy Passenger said...

Maaf Baru balas Pak Anif.
Bila pembayaran kurang Rp.1 Saja, maka sistem akan otomatis menganggap pembayaran bukan pembayaran penuh, Yang artinya akan ada perumusan bunga, Tetapi tidak akan ada denda keterlambatan karena pembayaran di atas minimum.

Roy Passenger said...

Malam Pak. Bisa Pak, Nanti limit akan langsung kembali sebesar yang bapak Bayarkan. Kalau kartu dalam keadaan overlimit maka pembayaran akan mengurangi yang overlimit dulu.

Untuk transksi kembali bila sebelumnya limit sudah habis, ada kalanya harus menunggu 1 x 24 jam dulu baru limit akan bertambah dan bisa digunakan

dhenisha said...

hallo pak,.. saya mau tanya,.. kemaren saya salah dalam melakukan pembayaran tagihan kartu kredit saya,.. jumlah tagihan saya sebesar Rp.7.500.000,- sedangkan jumlah yang saya bayarkan sebesar Rp.8.500.000,- bagaimana dengan jumlah lebih yang Rp.1.000.000,- tersebut,.. apakah itu akan mengurangi jumlah tagihan saya pada bulan berikutnyaa,... terima kasih atas jawabannya

Roy Passenger said...

Hallo Ibu Dhenisha...

Iya. Kelebihan Pembayaran akan langsung menguranggi jumlah tagihan berikutnya.

Kelebihan pembayaran akan secara otomatis menjadi saldo kredit. Saldo kredit tersebut bisa diminta untuk ditransfer kembali. Prosesnya dengan mengirimkan surat permohonan yang berisi informasi rekening + fc KTP + Fc CC + FC butab. biasanya akan ada biaya administrasinya.

Anonymous said...

Bunga nya atas kekurangan sajakah? misalnya pakai contoh pak anif di atas, kurang bayar rp 1350, apakah yang dikenakan bunga hanya atas rp 1350 ini saja?
Kebetulan juga kartu kredit saya kurang bayar 2 rupiah, karena di internet banking saya liat tagihannya detail, sedangkan di lembar tagihan yang dikirim ke email 2 angka terakhir dibulatkan menjadi puluhan, sehingga saya kurang bayar 2 rupiah. Sebaiknya apa yang harus saya lakukan jika kondisinya seperti ini? Thanks

Anonymous said...

Kalau kita check in hotel, kan pihak hotel suka nahan dana kita buat deposit, kalo pake kartu kredit akan ditahan dari kartu kredit. Kalau pak check out pihak hotel lupa merelease dana tersebut, apakah dana tersebut akan kembali dalam batas waktu tertentu? Atau kita yang harus aktif follow up untuk mengembalikannya? Thanks

Mr.riuss said...

Mas, misal saya transaksi cicilan 0% selama 3 bulan atas pembelian produk elektronik. Bulan pertama cicilan saya bayar sebelum tanggal cetak. Bulan kedua, besar cicilan saya bayar penuh (untuk sisa 2x angsuran) apa bisa ?

Roy Passenger said...

cicilan harus dibayarkan 1 kali pertanggal cetak kalaupun dibayarkan langsung 2 kali maka dana tersebut akan menjadi credit dan akan dipergunakan setelah cicilan berikutnya keluar di lembar tagihan Mas.

Roy Passenger said...

Banyak kasus seperti ini terjadi Pak, Ia kalau mereka lupa kita harus hubungi hotel tersebut untuk kembalikan sisa dana yang tdk digunakan.

Roy Passenger said...

Tidak Pak/Bu. Bunga dihitung dari total tagihan, dari masing-masing transaksi di bulan keterlambatan terjadi. Perhitungan bunga sangat rumit bila dihitung manual. karena itulah bila nasabah meminta rincian perhitungan bunga ke call center, mereka biasanya akan meminta waktu sekitar 2 minggu.

Anonymous said...

Mas Roy,

Melanjutkan kasus saya yang kurang bayar 2 rupiah, apa yang sebaiknya saya lakukan. Jadi kasusnya begini: saya pakai cc Bank M. Di internet banking saya lihat di bagian informasi kartu kredit, total transaksi 2.570.777,8. Saya bayar via internet banking Bank M sebesar 2.570.778, karena di internet banking Bank M tidak bisa bayar pakai koma (koma delapannya ga bisa). Saya bayar 1 hari setelah tanggal cetak tagihan. Namun tagihannya baru dikirim 2 hari kemudian via email. Dan ternyata pas saya cek total tagihan saya jadi 2.570.780, oleh bank mandiri dibulatkan lagi ke atas. Sehingga total tagihan di email selisih 2 rupiah dengan yang saya bayarkan. Apakah kekurangan 2 rupiah ini akan menyebabkan saya kena bunga?

Thank ya Mas Roy atas jawabannya

Trisna aditama said...

Saya pengguna baru CC mau tanya, tanggal cetak tagihan saya 27 agustus dan jatuh tempo tgl 12 september, kmren tgl 30 agustus saya melakukan transaksi pembelian elektronik dgn cicilan tenor 6 bln dgn bunga 0%. apakah saya harus membayar tagihan sebelum jatuh tempo? Dan misal apabila saya melakukan pembayaran setelah jatuh tempo bagaimana? Apakah nanti saya terkena denda keterlambatan. Mohon penjelasannya terima kasih.

Karsini said...

Maaf nih, sy byr KK bln agustus'17 dan sy byr sebelum tgl cetak,tp kenapa kok ada yg tlp sy suruh byr biaya administrasi sbsr 400 sekian, dan bln septmber'17 ini kok saldo tagihan tdk berkurang dan tagihan mlh melebihi sprti biasa... Sy bingung nih kok begini ya, batas akhir pmbyrn ciciln KK tgl 21 sept..
Mhn info donkk

Roy Passenger said...

Kalau sudah dibayarkan sebelum tanggal cetak harusnya tagihan sudah berkurang sebesar yang dibayarkan. Untuk kasus yang seperti ini mohon menghubungi call center bank anda untuk memastikan perincian tagihan tersebut. Kalau informasi di mesin atm atau mesin penjawab biasanya update setelah tanggal cetak berikutnya, walaupun tagihan sudah dibayar atm akan tetap infokan tagihan yang sama sampai tanggal cetak berikutnya,

Roy Passenger said...

bila transaksi dilakukan tgl 30 Agustus maka cicilan pertama akan cetak tanggal 27 september dan mengikuti tanggal jatuh tempo berikutnya.

Roy Passenger said...

Selamat siang.
Sebenarnya ketentuan dari bank bila kurang Rp.1 Rupiah saja bunga akan langsung dihitung. Tapi dari pengalaman saya, Bapak/Ibu bisa mencoba menghubunggi call center dan meminta penghapusan bunga. Bapak/Ibu jelaskan kepada call centernya kenapa kurang Rp.2 Rupiah. sifatnya tentu pengajuan, nanti tergantung bank apakah disetujui atau tidak tapi biasanya kalau hanya kurangg 2 rupiah saja akan dihapuskan,

catur adhyaksa said...

Misal jatuh tempo pembayaran tgl 8 dan saya udah bayar sebelum tgl 8 selanjutnya setelah tgl 8, misal tgl 12 saya bayar lagi apakah bisa dan apa pengaruhnya.....?

Yogi Eriawan said...

Maaf mau tanya saya baru punya kk, akhir bulan lalu saya terima tapi hari ini sdh klaur tagihannya,apakah saya masih bisa pake kk tsb ?

Roy Passenger said...

Pembayaran tersebut akan menjadi dana mengendap dan akan otomatis mengurangi tagihan bulan selanjutnya.

Roy Passenger said...

Masih bisa selama kartu aktif dan masih memiliki limit. Untuk informasi sisa limit bisa didapatkan melalui call center bank Bapak.

catur adhyaksa said...

mksh infonya.....sangat membantu

Roy Passenger said...

Sama-sama Pak

billy alvyan said...

maaf mau bertanya donk... saya juga baru punya kk.. sebulan yg lau saya dapat kk, sekitar tgl 15 agustus, kemudian saya bertransaksi dua kali kira kiratgl 20 dan tgl 30.. tanggal jatuh tempo pembyaran tgl 11 september, itu pun saya call center bank nya krn ingin tahu penagihannya brp, krn surat tagihan belum didapat sampai detik ini... kemudian di pembicaraan call center menjelaskan tagihan sebesar 971rb, nominal terkecil,97rb . mau menyakan klo pembayran dengan nominal terkecil itu dampak nya sprti apa nantinya dan setelah pembayran terkecil apa masih bisa digunakan kembali kk nya atau tidak ?

Roy Passenger said...

Selamat Malam Pak Billy
Pembayaran Minimum atau Pembayaran 10% dari total tagihan akan mengakibatkan munculnya bunga di Tagihan bapak berikutnya.

Persentasi Bunga saat ini adalah 2.25%.
Kartu tetap bisa digunakan selama sisa limit masih mencukupi. Untuk transaksi berikutnya Bapak boleh mengajukan transaksi minimal 500 untuk dijadikan cicilan tetap,bunganya jauh lebih ringan.

Unknown said...

Mas roy, saya mau tanya sputar cicilan. Misal saya kredit elektronik dengan tenor 6 bulan, kebetulan saya bayar tagihan dengan auto debit, nah pas di bulan ke 3 kalo saya mau bayar penuh apa bisa? Terima kasih...

Roy Passenger said...

Harus dilaporkan dulu ke call center Pak/Ibu tapi akan dikenakan finalty, di bank Mandiri finalty 5% dari sisa yang belum di bayar + bunga. Kalau di Bank Lain biasanya Finaltynya sekitar Rp.200.000 + sekali bunga. Kalau saya sarankan tunggu aja pak/Bu sampai selesai, sayang denda finaltynya.

Isna said...

Klo misalkan kita mau transaksi lagi tp pembayaran nya mengajukan cicilan.. sedangkan di bulan sebelumnya saya sudah ada cicilan.. apakah masih bisa..
Bank bukopin
Thanks

Roy Passenger said...

Masih bisa Ibu selama sisa limitnya masih mencukupi. Sebaiknya traansaksi paling lama 7 Hari sebelum tanggal cetak berikutnya.

Unknown said...

Mas roy saya mau tanya, kalau saya sudah melakukan pembayaran sebelum jatuh tempo lewat teller dan full payment, berapa lama saya bisa menggunakan kembali, apakah bisa di proses dalam beberapa jam atau 1x24 jam

Roy Passenger said...

Pembayaran Dari teller/atm dari bank yang sama akan langsung masuk, kartu langsung bisa digunakan. Bila sebelumnya limit sudah habis sebaiknya menunggu 1 x 24 Jam supaya tidak dikenali overlimit kalau pembayaran belum terbukukkan.

SatriaFajar said...

Min , kan saya punya angsuran sisa 5 bulan lagi di kartu kredit BCA , saya mau langsung ngelunasin semua , apakah bisa ? , Kalo bisa bayar nya gimana ya . Masih baru soalnya

Roy Passenger said...

bisa. hubungi call center minta drop cicilan atau percepatan pelunasan cicilan, nanti akan dihitungkan tapi biasanya akan ada finaltynya Pak Satria.

Anonymous said...

min, numpang tanya sedikit, sedikit bingung nih,

sy ad tagihan 20jt yg jatuh tempo tgl 7 Nov, saat ini sisa limit sy tinggal 3juta. sy lagi ada dana 15jt rencana mau sy bayarkan skrg juga tanggal 26 okt, soalnya mau pakai kartu itu lagi utk transaksi 5juta spy ga over limit.

pertanyaannya bisa ga sih bayar sbagian gitu sblm jatuh tempo, kemudian jika sudah bayar sbagian (dlm hal ini 15jt), sisanya 5jt lagi baru dbayarkan tgl 7 nov pas jatuh tempo, kena penalti ga yah?

thanks

Roy Passenger said...

Hallo Pak/Bu
Bisa pak, tidak ada masalah, selama pembayaran sebagian lagi dilakukan tepat waktu atau belum lewat jatuh tempo. Itu masih dihitng full payment.

ana said...

selamt pagi, sya pengguna CC baru.. kmren saya dapat tlv dari bnilife dan sya terlanjur mengiyakan krna dari pihak operator mengatakan wajib untuk pemegang kartu cc bni.. setelah saya mendapat info dengan cra tlv call center untuk memblokir CC dan minta kartu lagi agar mendapat nomor kartu yang berbeda agar tidak autodebet.. pertanyaannya sya smpai sekarang blm mendapat kartu baru, dan tagihan saya tgl 10..inisaya harus bayar ke nomor kartu yang lama atau bagaimana apabila saya blm mendapat kartu yang baru??

Roy Passenger said...

Selamat Pagi Ibu Ana
Ketika kartu kredit diblokir atau sudah diganti tetapi belum kita terima, pembayaran tetap dilakukan ke nomor kartu yang lama, yang sudah diblokir tersebut. Nanti secara otomatis pembayaran itu akan berpindah ke kartu yang baru. pembayaran tetap bisa dilakukan ke kartu yang sudah diblokir.

hendrik gustiana said...

Saya sudah melunasi tagihan saya full pada 31 okt.. tapi pas mau nutup ke CS malah belum berkurang tagihannya mas?
Itu di endapkan atau gimana mas?

Roy Passenger said...

Kemungkinan masih belum posting aja pembayarannya Ibu, Kalau pembayaran dari bank lain mungkin ada kliring harus menunggu paling tdk 1 x 24 jam. kalau dari bank yang sama harusnya langsung masuk, coba dicek apakah saldo ibu sudah berkurang atau belum?

Reni Pakpahan said...

Dear Pak Roy,

Kartu kredit saya over limit sebesar 1,6juta efek dari penambahan limit 3 bulan yang lalu.
Untuk tagijan di bulan berikutnya, apakah jumlah tagihannya adalah jumlah over limit ditambah jumlah pembayaran minimum bulan berikutnya atau saya hanya dikenakan charge karena kelebihan limit tsb?

Roy Passenger said...

Ibu Reni, terimakasih sudah berkomentar.
Untuk Tagihan, Minimum paymentnya akan ditambahkan dengan nominal yang overlimit, supaya bulan berikutnya tidak overlimit lagi. Karena itu, minimum payment bulan ini tidak 10% dari total tagihan tetapi 10% + nominal yg overlimit. iya akan ada juga biaya overlimitnya, kecuali ibu langsung bayarkan dulu yg overlimit sebelum tanggal cetak, ada kemungkinan tidak akan tertagih biaya overlimit.

Anonymous said...

Dear pak roy,
Saya pemegang kartu kredit baru
Saya ingin bertanya, kan ada biaya untuk cetak lembar tagihan sebesar 12.500.
Itu dibayarnya kapan ?
Karna saat saya mendapat tagihan tdk ada biaya cetak lembar tagihan hanya ada total biaya yg telah saya gunakan

Saya takut melakukan pembayaran yg kurang dan nantinya akan menjadi bunga

rere said...

kalau misal tanggal cetak di tanggal 12, namun saya bayar di tanggal 11, apa harus menunggu 1x24 jam agar tagihan saya lunas...?

Roy Passenger said...

Selamat Sore
Selama Bapak/Ibu melakukan pembayaran sesuai yang tertagih maka tidak akan ada masalah.
Untuk biaya percetakan tagihan bila via kurir akan tertagih Rp.12500 untuk percetakan bulan ini akan ditagihkan bulan depan.

Untuk pengiriman via email biaya percetakan gratis Pak/Bu

Roy Passenger said...

Kalau data di bank Itu akan langsung terlihat pembayarannya Ibu, tetapi Untuk Transaksi Sebaiknya menunggu 1 x 24 Jam dulu, menunggu pembayaran terposting.

Sebaiknya ibu Rere melakukan pembayaran setelah tanggal cetak saja kalau tidak mau buru2 Transaksi, Tanggal cetak tgl 12 Maka pembayaran dilakukan tgl 13, supaya lebih pasti saja berapa tagihan yang cetak.

Untuk mengetahui total tagihan di Tanggal 13 misalkan, karena pasti ibu belum menerima Lembar Tagihan,, bisa di cek di ATM bank Masing-masing, Caranya, Pilih Menu pembayaran/Bayar-Beli, Kemudian Kartu Kredit, Masukkan Nomor Kartu Kredit IBu, Nah disana nanti sudah ada tagihannya, kalau hanya mau cek tagihan dulu maka pilih cancel pada keyboard atmnya.

HD CARD said...

Pak saya pengguna cc baru dg limit 10jt.transaksi tgl 11 bulan oktober sebesar 2juta, tgl 10 nov sudah ada tagihan dengan jatuh tempo tgl 26 nov. kalau misalkan sekarang mau dipakai lagi apakah limitnya berkurang karena saya belum bayar yang tagihan bulan oktober?atau kembali menjadi 10juta? terimakasih atas jawabannya

Roy Passenger said...

kalau belum ada pembayaran limitnya dikurangi yang sudah dipakai pak,jadi sisa limit saat ini sekitar 8 juta. Limit nanti akan bertambah sebesar yang Bapak Bayarkan.

Almer said...

Mohon bantuannya,jika kita kena over limit kapan di cetak ya?dan apakah kita bisa membayar nya sebelum tgl cetak,supaya tidak terkena biaya over limit?

Roy Passenger said...

Hallo Pak Almer, Ketentuannya setahu saya berbeda tiap bank, Kalau Bank Mandiri usahakan untuk melakukan pembayaran sebelum tanggal cetak supaya tidak dikenakan biaya overlimit. Ketentuan dibeberapa bank lain, ketika bapak overlimit satu hari saja walaupun langsung dibayar akan ditagihkan fee-nya Pak.

Eka Darmawan said...

Malam pak,saya pengguna cc bca,mohon bantuannya....tgl cetak 10 trus jatuh tempo tgl 28 bln ni....kalo saya withdraw dari trading kan otomatis masuk ke cc krn kmrn deposit pake cc....untuk saldo yang masuk itu langsung otomatis mengurangi tagihan yg udahkeluar apa masuk untuk mengurangangi tagihan bulan depan...oiya saya menggunakan pembayaran full payment dengan debit otomatis....mohon bantuannya pak...

Roy Passenger said...

Malam Pak, Dana Yang masuk akan menjadi Credit yang otomatis akan langsung mengurangi tagihan bulan tersebut. Biasanya proses pendebetan dana dari rekening adalah 5 hari sebelum jatuh tempo untuk yang auto payment. Karena system pembayaran bapak auto full payment kemmungkinan credit dari trading akan mengurangi tagihan berjalan yang cetak bulan depan.

Anonymous said...

Malam pak, saya pengguna cc baru. Mau tanya kalau tanggal penagihan itu sama tidak ya dengan tanggal cetak kartu?

Roy Passenger said...

Malam Pak/Bu

Tanggal Cetak Tagihan itu adalah tanggal dimana semua transaksi dalam satu periode/bulan dipindahkan dari sistem ke lembar tagihan. Setelah dicetak tagihan dikirim ke Nasabah. kemudian ada jatuh tempo pembayaran yang dihitung beberapa hari dari tanggal cetak misalkan 20 Hari.

Kalau Tanggal cetak Kartu itu adalah opening date kartu atau tanggal dimana fisik kartu kreditnya dicetak.

Tanggal cetak tagihan dan tanggal cetak kartu itu tidak selalu sama biasanya berbeda.

Adhe Wiastina said...

Dear Pak Roy,

Selamat sore pak roy,
Saya mau bertanya nih,
Misalnya limit kartu kredit saya 7 juta, saya pakai 6jt untuk cicilan 0% jangka wkt 12bln di toko online, kemudian masih sisa limit lagi 1jt, kemudian saya ingin membeli barang lagi dengan harga 2jt, apakah boleh saya langsung bayar kartu kredit saya sebesar 1 juta agar limit kartu kredit saya bertambah menjadi 2jt? Atau saya malah terkena over limit nanti pak? Trimakasih

Roy Passenger said...

sore Ibu Tina.. iya kalau transaksi yg 6 juta mau dicicil maka maksimal yg bs digunakan kembali adalah 1 juta, walaupun ada pembayaran. nanti limit akan bertambah kembali setelah cicilan pertama keluar (posting) br bisa dibayar utk menambah limit

Unknown said...

Maaf mau nanya nih min tadi kan saya belanja elektronik se harga 2.999.000 terus udah sy konfir ke cicilan, mulai cicilan nya bulan kapan ya? Mksh

Roy Passenger said...

cicilan pertama akan keluar ditanggal cetak berikutnya. Misalkan tanggal cetaknya tgl 10 Maka akkan dicetak tgl 10 Januari dengan jatuh tempo mengikuti ketentuan jatuh tempo pembayaran bpk/ibu biasanya.

Anonymous said...

Min mau tanya dong .
Misalkan tgl cetak 12 kita beli barang nya sesudah tgl cetak yaitu februari tgl 14. . Itu hitungan nya tetap di bulan feb atau untuk bulan depan nya ya ??

Roy Passenger said...

Berarti akan cetak tgl 12 Maret Mas/Mbak dan mengikuti jatuh tempo ke bulan berikutnya.

Anonymous said...

Sekarang saya jadi lebih paham tentang kartu kredit berkat jawaban-jawaban yang anda berikan dengan sabar ke para penanya disini. Terima kasih.

al jaen said...

Maaf pa ikut konsul,,
Baru mau bikin kk sy pa, 😬
Misal limit kk sy 10jt, dan saya tidak pernah over limit, sy membelanjakan beberap% saja dr limit kk sy,
Apakah kk ada masa berlakunya pa,? klo ada bagaimana cara memerpanjangnya?, dan apa ada administarasi yg harus dibayar, ?

Roy Passenger said...

Bisa dibelanjakan 100% dari limit Pak
Iya masa berlaku kartu kredit 4 Tahun dan akan diperpanjang secara otomatis
yang harus dibayar adalah iuran tahunan kartu kreditnya, besarnya tergantung jenis kartu kreditnya Pak, Yang paling murah sekitar 120 ribu/Tahun untuk classic dan 3 jutaan untuk kartu kelas tertinggi.

Garasi Endjoy said...

Mau bertanya
Saya pakai KK utk cicilan hp bunga 0% tenor 12bln total sekitar 8jt. Selama ini bayar minimum payment. Kalau ingin bayar setengah (4jt) bisa kah? Akan ada masalah kah? Krna klo minimum payment bakal jd lama hutangnya..
Trims ya

Anonymous said...

Mas, tgl cetak saya tgl 10 dan tagihan sebesar 500 rb limit saya 8jt, di tanggal 11 kemarin sudah saya bayarkan, dan limit pun sudah kembali menjadi 8jt,tp pertanyaan saya ketika saya iseng2 megecek tagihan kenapa tagihan saya masih 500rb ya? Kenapa tidak berubah jadi 0?kan 500rb nya sudah saya bayarkan

Roy Passenger said...

sore..
untuk tagihan, infonya hanya update per tanggal cetak... jd walaupun sdh dibayar infonya akan tetap sama Pak/Bu

Roy Passenger said...

sore... tidak ada masalah Pak/bu tp pembayaran yg dilakukan akan menjadi dana kredit dr kelebhan pembayaran krn sistem hanya akan keluarkan cicilan sekali perbulan, dan apabila ada pemakaian lain diluar cicilan dana mengendap tersebut akan langsung berkurang untuk pemByaran transaksi lainnya. walaupun dibayarkan langsung separuh untuk lama cicilan tetap akan berjalan 12 bulan.

Unknown said...

Dear Pak Roy.
Mohon sarannya pak Roy.Saya punya CC yg kalau ditotal jumlah tagihannya sebesar 12jt.saya kemarin coba telepon cr untuk pelunasan kebetulan saya ada dana untuk melunasi, dari Cr tidakmasalah dengan ketentuan ada 6 transaksi dengan denda setiap transaksi sebesar 200.000 dengan demikian saya harus bayar denda sebesar 1200.000.
kemudian istri saya menyarankan untuk tidak melunasi tapi melakukan pengendapan dana di CC yg terus terang saya tidak mengerti artinya.sebenarnya saya melakukan itu untuk menutup tagihan saya yg hampir 2.7jt perbulannya.
istri saya mengatakan lebih baik diendapkan dari pada bayar denda.apakh saran istri saya itu menguntungkan atau malah bertambah rugi pak roy.salam

Roy Passenger said...

Malam Pak
Denda-nya itu maksudnya mungkin finalty Cicilan yah Pak. Jadi Di kartu kredit bapak itu ada enam cicilan. Kalau menurut ketentuan beberapa bank, seperti BNI dan ANZ percepatan pelunasan cicilan akan dikenakan denda Rp.200000/ Transaksi.

Yang di sarankan Ibu adalah melakukan pembayaran langsung tanpa menghentikan cicilan. Jadi Dana langsung dimasukkan semua ke kartu kredit, dana itu akan menjadi saldo di kartu kredit bapak, setiap bulan nanti akan keluar cicilan dan dana kredit tersebut akan otomatis melakukan pembayaran. Dengan proses seperti ini, tidak akan ada yang namanya finalty Cicilan.


Untungnya:
Tidak ada finalty
Tagihan tiap bulan akan terbayar otomatis

Ruginya:
Dana Bapak Berhenti begitu saja di kartu kredit


-lembar tagihan harus tetap di cek tiap bulan kalau mau mengendapkan dana. Untuk memastikan saja apakah ada biaya lain seperti iuran kartu, transaksi baru.

Kalau saran saya, kalau mau pakai kartu kredit lagi dengan jumlah besar maka harus dilunasi dengan menghentikan cicilan via call center.

tetapi kalau pembayarannya dilakukan hanya karena supaya cc langsung lunas, sebaiknya cicilannya dibayarkan saja setiap bulan seperti biasa Pak. Lebih aman,



Unknown said...

Malam pak saya baru pertama kali pegang kk BRI limit 15jt, kapan hari di tlp dr asuransi menawarkan asuransi dr pembicaraan itu saya sudah tolak dan tidak minat, tiba saya di email dr asuransi itu dan menerangkan kalo saya menyetujuinya langsung di potong 139rb/bulan. Padahal saya tidak mengiyakan kira2 gimana ya cara menghentikan nya. Mohon bantuan ya pak

Roy Passenger said...

Pagi Pak. Maaf baru Balas.
Itu bisa dibatalkan melalui call center BRI, kalau misalkan kartu kredit bri bekerja sama dengan asuransi tersebut.
Coba bapak hubungi call center BRI tanyakan apakah memang benar sudah ada penagihan dari asuransi tersebut.
tanyakan apakah bisa dibuatkan laporan cancel asuransi dan minta refund karena saya tidak pernah setuju ikut asuransi tersebut.

Tetapi, kalau misalkan call center bri info kalau mereka tidak bisa batalkan asuransi.
satu-satunya cara bapak harus blokir kartunya dan ganti dengan yang baru.

Anonymous said...

selamat siang mas roy saya mau menanyakan ini mohon dijawab karena saya sangat bingung, limit kartu BCA saya 8 juta, ketika saya check pemakaian kartu kredit, pemakaian saya sebesar 1.347.200 dan ketika tanggal cetak tagihan saya keluar saya langsung membayarkannya tapi tagihan saya bukan sebesar total pemakaian saya yang 1.347.200 melainkan sebesar 1.347.262 (hanya selisih 62 rupiah saja), dan setelah saya membayarkan sebesar total tagihan yang 1.347.262 limit saja menjadi lebih 100 rupiah. yang harusnya limit saya kembali 8.000.000 ini malah menjadi 8.000.100.. itu kenapa ya mas roy? apakah akan mempengaruhi limit kartu kredit saya?? terimakasih saya tunggu jawabannya mas roy, sukses selalu. (anyway saya baru 2 bulan menggunakan kartu kredit dan selalu membayarkan langsung tagihan di tanggal cetak tagihan tersebut.

Roy Passenger said...

selamat siang.
Untuk kenapa limitnya menjadi lebih 100 itu karena ada saldo kredit 100 rupiah dikartu BCA-nya. Kalau sumber saldo tidak bisa kita pastikan. Tapi pastinya itu tidak masalah. limit kartu-nya tetap 8 juta. walaupun ada kelebihan, setelah transaksi lagi nanti kelebihan itu akan langsung mengurangi tagihan Bapak/Ibu.
Itu tidak masalah.

Anonymous said...

terimaksih banyak mas roy telah banyak membantu orang- orang yang tidak tahu menahu soal kartu kredit :)) sukses selalu

Anonymous said...

Selamat siang.

Saya mau tanya apabila tagihan kita kena overlimit terus pembayarannya kita bayar minimum apakah untuk tagihan selanjutnya masih tetap kena overlimit ??

Roy Passenger said...

Hallo...Selamat Sore
Apabila pembayaran yang Bapak/Ibu lakukan sudah bisa menutupi kelebihan pemakaiannya maka bulan depan tidak akan overlimit lagi.

untuk amanya pastikan terlebih dahulu, jumlah yang overlimit berapa?
Pastikan apakah ada cicilan tetap yang akan ditagihkan bunga?
Pastikan apakah pembayaran tagihan billpayment seperti listrk yang tertagih otomatis setiap bulan.

setelah memastikan hal-hal tersebut, Pembayaran yang harus dilakukan supaya tidak overlimit dibulan berikutnya adalah Total dana yang sudah overlimit + Bunga yang mungkin muncul karena cicilan tetap + Biaya tagihan rutin seperti pln, air(bila dibayarkan otomatis melalui kartu kredit)

Informasi dana yang sudah over limit bisa ditanya ke call center

Afandy said...

Kalo bayarnya 3 hari setelah pemakaian apakah akan kena pinalty atau tidak pak?

Roy Passenger said...

Tidak Bapak Afandy...yang penting jangan sampai lewat jatuh tempo. Pakai langsung bayar tidak masalah Pak.

Burhandiah Gerhandi Saptiani said...

Selamat siang pak.. Saya pengguna baru KK dan belum pernah punya... Saya tgl 30 april lalu bertransaksi... Rp. 4.123.800 tanggal cetak katanya selalu tanggal 28...sudah meminta cicilan 6bln... Sebaiknya saya bayar sbln tanggal brp bln apa ya cicilannya...sebab saya cek ditagihan tgl 5 mei masih 0...saya diberitahukan kalo bisa membayar cicilan sebelum tgl 5,,, saya bingung... Terimakasih

Roy Passenger said...

Siang Ibu ani...
Kalau tanggal cetal setiap tanggal 28...
berarti transaksi tanggal 30 April baru akan cetak tanggal 28 Mei Ibu, dan jatuh temponya di bulan juni.

Samsa Lazuard said...

Halo Mas Roy,

Maaf bertanya, dari banyak pertanyaan diatas saya bingung apakah ada case seperti saya atau tidak (mungkin karena masalahnya simpel kali ya hehe)
Begini, saya baru punya CC dan baru aktivasi di tanggal 22 mei dan mulai tanggal cetak pertama kali itu 22juni. Saya sudah melakukan transaksi sebesar Rp 1,103,810 lalu pada saat saya ingin melakukan pembayaran lunas di tanggal 5juni (sebelum tanggal cetak berarti kan?) itu lewat atm debit,tagihan saya kok tidak muncul ya?
Limit saya sebesar 10jt dan tujuan saya melakukan pelunasan sebelum tanggal cetak karena saya ingin melakukan pembelian sebesar 9jt (logika saya kalo belum dibayar 1jt sekian, dan saya beli barang lagi seharga 9jt maka saya overlimit, betul ga?)
Nah langkah yg perlu saya ambil seperti apa ya mas? Mohon advice nya, thanks.

Roy Passenger said...

Pagi Pak...
Tetap bisa dibayarkan pak melalui atm walaupun nominal tagihannya belum muncul
Tagihan di Mesin atm baru akan muncul satu hari setelah tanggal cetak, kalau tanggal cetaknya tgl 22 maka di atm baru akan terlihat tanggal 23 Pak

Ferry Andriawan said...

selamat pagi,
Mau tanya, klo pembayaran tagihan setelah tgl cetak tp sebelum jatoh tempo, jeda-nya berapa lama ya untuk jadi bertambah lagi limitnya.

terima kasih.

Roy Passenger said...

Kalau pembayarannya online, misalkan dr bank sama atau bayar via transfer limit akan langsung bertambah. Kecuali bila sebelumnya sudah overimit sebaiknya menunggu 1 x 24 jam Pak.

Parlin Harahap said...

Selamat malam pak.
Saya mau tanya pak,karna sy pengguna cc baru. Jadi sy bingung.
Misalnya tgl cetak 18-08 dan jatuh tempo pada tgl 8-09.pertanyaan sy pak.apabila sy melunasi tagihannya di tgl 25-08 sebelum jatuh tempo tgl 08-09.apakah total pembayaran tagihan yang sy bayar itu sah?Atau apakah total tagihan tersebut tetap muncul di tanggal cetak atau email?karna saya belanja dan memilih pembayaran dengan cicilan 6 bulan.
Tetimakasih

Roy Passenger said...

Pagi Pak Harahap
Tanggal Cetak 18 Agustus
Jatuh Tempo 08 September
Pembayaran yang sah bisa dilakukan mulai dari tanggal 19 Agustus sampai tanggal 08 september
Berarti kalau bapak bayar tanggal 25 agustus itu sah Pak
Cek tagihan yang bapak terima, mungkin di email atau dikirim via pos, di sana ada nominal yang harus dibayarkan.
Karena tanggal cetaknya baru tanggal 18 mungkin tagihannya baru akan sampai di email 3 Hari kerja, pastikan dulu jumlah tagihannya baru di bayar.
Bila ada yang mau ditanyakan lagi silahkan yah Pak.
Terimakasih

Prizqi Anda Reza Pitoy said...

maaf om saya mau tanya. saya kan sudah bayar tagihan KK Lewat e-payment M.Banking.Tagihan 1.040.000 dan sudah saya bayar 1.100.000. tapi kenapa ke esokan hari nya saya cek lagi di e-payment tagihan itu masih ada belum hilah. mohon penjelasan nya

Roy Passenger said...

Sore Pak Reza.. Informasi tagihan kartu kredit hanya update sekali sebulan. yaitu pada tanggal cetak. Jadi walaupun sudah dibayarkan, informasi tagihannya akan tetap terdada sebesar tagihan yang cetak. Nanti akan berubah setelah tanggal cetak berikutnya.

Reza Saputra said...

Halo om, mau tanya misal tagihan 250ribu/bulan selama 6 bulan (250x6 total tagihan 1.500.000), tanggal cetak 20sept, bulan pertama dibayar sebelum tanggal cetak 500ribu jadi sisa total tagihan 1.000.000, nah sisa tagihan 1.000.000 itu di tanggal cetak 20sept nanti apakah dibagi 5bulan? Karena bayar perbulan tadi 250.000 Terimakasih banyak

Roy Passenger said...

Halo Pak Reza
Transaksinya program cicilan 0% dari toko langsung ya pak?
Kalau bukan program cicilan dari toko, supaya bisa terproses menjadi cicilan harus dilaporkan ke call center 14000 ya Pak.
Mengenai yang sudah dibayarkan itu tidak masalah, nanti akan langsung mengurangi cicilan dan pemakaian di tagihan berikutnya.

Roy Passenger said...

Siang Pak andi, mohon maaf komentarnya tidak bisa saya upload karena ada error.
Bapak pakai cc master 11 juta dan salah bayar ke cc visa.
Bapak harus laporkan ke bank untuk memindahkan pembayaran dr visa ke master. Bila tagihan sudah dibayarkan sebelum tanggal cetak, maka pembayaran tersebut akan langsung mengurangi pemakaian.

untuk lebih jelasnya apakah masih ada yg harus dibayarkan setelah tanggal cetak, saya sarankan untuk menunggu tagihan, karena walaupun sudah dibayarkan total yg dipakai, siapa tahu ada biaya lain. untuk amanya saja.

Roy Passenger said...

Sore..

Kalau Bapak/Ibu hanya melakukan transaksi itu, berarti sudah lunas. tetapi karena belum tanggal cetak, sebaiknya setelah tanggal cetak periksa lagi ya pak, karena mungkin saja masih ada tagihan yang lain. Hanya untuk memastikan saja.

echoaxis said...

Mas Roy, sebenernya untuk penggunaan kartu kredit yang baik itu seprti apa ya mas ? apakah cara saya membayar seperti diatas tidak di sukai bank ? yang saya dengar, jika membayar full payment, biasnya untuk menaikan limit akan susah , apa benar ?

Roy Passenger said...

Sore

Membayar lunas sebelum tanggal cetak tidak masalah Pak, Tetapi harus tetap melihat tagihan yang cetak karena mungkin ada biaya materai pembayaran dan biaya lain tercetak di lembar tagihan.

Itu Tidak benar Pak. Semakin sering bapak melakukan transaksi dan semakin sering Bapak Bayar Full maka kenaikan limit akan semakin mudah disetujui bahkan ditawarkan oleh bank, sebaliknya seseorang yang selalu melakukan pembayaran minimum seperti 6 bulan berturut2 kemungkinan akan sulit di setujui. Pengajuan kenaikan limit sebaiknya di ajukan setelah satu tahun menggunakan kartu.

Roy Passenger said...

Materai dihitung per-pembayaran Pak
pembayaran 1 juta ke atas Rp. 6000
Pebayaran 250 - dibawah 1 juta Rp. 3000 Pak

Unknown said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Roy Passenger said...

Halo
Transaksi tarik tunai berbeda dengan transaksi retail. Bunga tarik tunai tetap ditagih walapun pembayaran tidak terlambat. Perhitungannya 2.25% dari transaksi terposting sampai tanggal penagihan