Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Cek Transaksi Terakhir Kartu Kredit Berhasil atau Gagal

Terkadang kita tidak bisa memastikan apakah transaksi terakhir kartu kredit sudah berhasil atau belum atau gagal. Bahkan terkadang pihak toko mengatakan kalau belum ada kepastian untuk transaksi kita.

Di cek di Aplikasi bank misalkan Mandiri online atau mBCA belum muncul karena transaksi masih sangat baru dilakukan. Terus bagaimana cara memastikan nya? Hal ini sering terjadi untuk transaksi online. Ada beberapa kejadian yang terkadang membuat kita ragu tentang status transaksi kartu kredit, seperti: Tiba-tiba sinyal hilang, komputer atau Gadget hank, atau yang paling menjengkelkan ketika tidak ada respon apa-apa dari website dimana kita sedang ber transaksi.

Pertama, mari kita lihat status transaksi yang sudah pasti berhasil (Di luar kendala ketersediaan produk, seperti kehabisan stok)

memastikan status transaksi kartu kredit

1. Transaksi Terakhir Kartu Kredit Sudah Pasti Berhasil, bila.


Langkah-langkah transaksi online secara singkat adalah, memilih produk, memasukkan data seperti alamat pengiriman, nomor handphone dan alamat email.


Setelah itu, baru masuk ke tahap pembayaran. Data kartu kredit yang akan diminta adalah Nomor kartu, Masa berlaku kartu kredit yaitu Bulan dan Tahun, kemudian tiga angka di belakang kartu atau CVC.


Kemudian, proses selanjutnya adalah memasukkan kode 3d secure ke kotak yang sudah tersedia pada website yang kita akses.


Setelah di isi, kemudian kita submit dan terjadilah transaksi. Biasanya akan ada pemberitahuan atau kalimat konfirmasi seperti terimakasih transaksi anda sudah diproses.


Bila sampai tahap ini tidak ada masalah maka transaksi kartu kredit kita sudah berhasil.


Gambar 2 Cara Cek Transaksi Terakhir Kartu Kredit Berhasil atau Gagal

2. Memastikan status transaksi kartu kredit dengan Cek Email

Bila anda Ragu dengan status transaksi kartu kredit anda. Anda bisa melakukan pengecekan konfirmasi transaksi oleh merchant di alamat email yang anda daftarkan sewaktu transaksi.


Biasanya akan ada automatic email yang akan dikirimkan kepada anda mengenai status transaksi yang baru saja anda lakukan.


Bila dalam email tersebut dinyatakan kalau transaksi anda sudah berhasil maka status transaksi nya sudah berhasil dan sedang diproses.



Bila tidak ada pemberitahuan atau konfirmasi melalui email maka anda bisa mengunjungi website yang baru anda akses untuk ber transaksi.


Masuk kebagian CONTACT US atau HUBUNGI KAMI. Silahkan anda pilih cara yang paling mudah, apakah menghubungi mereka via email atau via chat kalau tersedia atau mungkin yang paling cepat adalah dengan menghubungi nomor telepon yang tertera di sana.


Atau anda juga bisa mengecek menu history transaksi pada akun anda di toko online tersebut.


>Gambar 3 Cara Cek Transaksi Terakhir Kartu Kredit Berhasil atau Gagal

3. Memastikan status transaksi kartu kredit dengan Cek Sisa kredit Limit

Sebaiknya anda mengetahui sisa kredit limit anda sebelum melakukan transaksi. Hal ini akan memudahkan anda untuk mengetahui status transaksi yang baru saja anda lakukan. Untuk mengetahui sisa kredit limit anda bisa dilakukan dengan menghubungi IVR atau mesin penjawab otomatis bank anda. Ikuti perintah mesin penjawab tersebut, atau anda juga bisa mengetahui sisa kredit limit kartu anda dengan melakukan pengecekan via atm.

Gambar 4 Cara Cek Transaksi Terakhir Kartu Kredit Berhasil atau Gagal

4. Memastikan status transaksi dengan menghubungi Call center

Ini adalah cara yang paling mudah dan yang paling aman, Bila anda melakukan transaksi dengan nominal yang cukup besar, sebaiknya anda menghubungi call center bank anda untuk memastikan status transaksi tersebut.


Transaksi yang baru anda lakukan otomatis statusnya adalah mengantung, Mengantung bukan berarti status transaksi anda gagal.


Mengantung berarti transaksi yang anda lakukan sudah berhasil dan sudah mengurangi sisa kredit limit anda hanya saja pihak merchant atau pihak toko belum melakukan proses settlement atau penagihan ke pihak bank.


Pihak bank baru akan menyatakan kalau transaksi anda benar-benar berhasil adalah setelah merchant melakukan proses settlement atau penagihan, itulah sebabnya anda biasanya akan disuruh menghubungi bank kembali bila meminta transaksi diubah menjadi cicilan saat baru melakukan transaksi.



Begini jalur atau proses transaksi dengan kartu kredit. Anda akan melakukan transaksi di mesin EDC, Toko akan melaporkan transkasi ke  Pemilik mesin EDC, dan pemilik mesin EDC akan melaporkan transaksi ke Pemilik Kartu kredit.


Proses pelaporan ini biasanya paling cepat sekitar satu jam dan paling telah bisa sampai 14 Hari.


Tetapi pada umumnya transaksi sudah akan terposting atau benar-benar berhasil paling lama sekitar 2 hari kerja, dan bila tidak di-settle maka bank akan menunggu paling lama sekitar 14 hari kerja.


Bila tidak di-settle juga maka transaksi biasanya akan dibiarkan mengantung tanpa status. Itulah alasannya kenapa terkadang ketika anda meminta menutup kartu disuruh untuk menghubungi merchant untuk memastikan status transaksi yang mengantung.



5. Transaksi kartu kredit gagal di Merchant tapi Limit sudah berkurang pada kartu kredit



Hal seperti ini sering sekali terjadi dalam transaksi kartu kredit. Hal ini disebabkan karena transaksi dibatalkan oleh pihak merchant.


Alasan nya beragam bisa karena stok barang habis, bisa karena ada gangguan di mesin EDC yang digunakan atau gangguan jaringan.


Tapi untuk kasus seperti ini, anda tidak perlu khawatir, Biasanya dalam waktu maksimal 2 x 24 jam status transaksi akan semakin jelas, bila batal maka limit anda akan kembali lagi.



Tetapi bagaimana kalau pihak bank sudah memastikan transaksi berhasil dan sudah posting sementara dari pihak toko mengatakan kalau transaksi tidak berhasil.


Anda bisa menemui toko kembali untuk melakukan proses pembatalan transaksi. Bila pihak Toko mempersulit maka jalan satu-satunya adalah dengan menghubungi call center bank anda dan meminta laporan untuk proses sanggahan atau dispute transaksi. Baca cara menyanggah transaksi.

KESIMPULAN
Ada beberapa cara memastikan status transaksi:

  • Cek email anda
  • Hubungi Toko atau Website dengan mengunakan chat atau menu Contact Us
  • Cek sisa Limit
  • Hubungi Call center Bank anda
  • Anda juga bisa cek status transaksi terakhir melalui aplikasi perbankan misalkan Mandiri online atau mBCA meskipun data di sana mungkin belum ada bila transaksi baru anda lakukan, tetapi tidak ada salahnya mengecek terlebih dahulu.
Roy Passenger
Roy Passenger Selamat datang di Kartu Bank! Saya Roy Passenger. Baca Novelku di Google play Book, Yah! Klik Di Sini (Khusus Dewasa)