Cara Bayar Pajak Melalui ATM dan Internet Banking Bank Mandiri dengan Tutorial Lengkap


Pembayaran Pajak Melalui ATM dan Internet Banking Bank Mandiri dengan Tutorial Lengkap adalah kemudahan yang diberikan oleh  direktorat Jenderal pajak dengan meluncurkan applikasi yang bernama ebilling khusus pajak. Jadi sebelum melakukan pembayaran lewat bank baik itu melalui ATM atau Internet Banking, seseorang harus mendaftar dengan accout ebilling terlebih dahulu. Untuk pendaftaran Ebilling bisa dilakukan dengan mudah. Ikuti panduan pendaftaran ebilling pajak berikut ini.

Proses Pendaftaran AKUN Billing Pajak


Masuk ke Halaman website resmi sse.pajak. Setelah anda berada pada halaman tersebut, anda akan disambut kotak login. Pada kotak login akan ada permintaan User ID dan PIN. Tetapi itu khusus untuk mereka yang sudah memiliki account. Bila anda belum memiliki account pajak, maka terlebih dahulu harus memilih menu Daftar Baru. 

Setelah anda memilih menu daftar Baru, selanjutnya adalah mengisi informasi yang diminta pada kotak daftar baru. Masukkan Nomor NPWP anda kemudian masukkan Nama, Alamat Email dan Juga Masukkan User Id yang bisa anda karang atau susun sendiri. Setelah itu, masukkan kode verifikasi yaitu lima digit angka yang disediakan pada website tersebut. Pengisian Verifikasi ini bertujuan untuk mencegah spammer. Setelah anda melengkapi data-data yang diminta silahkan untuk klik tombol Register.

Langkah selanjutnya adalah melakukan verifikasi atau konfirmasi melalui link yang dikirimkan oleh pajak ke alamat email yang anda daftarkan tadi. Silahkan Buka email anda! Lihat email baru yang anda terima dari billingmpn@pajak.go.id. Klik email tersebut dan baca isi email dengan hati-hati. Lihat perintah "SILAHKAN KLIK LINK DI BAWAH INI UNTUK SEGERA MENGAKTIFKAN AKUN ANDA" Ikuti dan klik link tersebut. Perhatikan juga pada bagian bawah isi email, di sana akan di informasikan Kode Aktifasi, User ID dan juga Pin anda.




Langkah selanjutanya setelah akun pajak anda sudah berhasil didaftarkan, maka sekarang anda silahkan untuk melakukan proses login yang pertama sekali. Masukkan User Id dan Pin anda pada halaman Login Pajak. Setelah anda berhasil Login yang pertama yang harus anda perhatikan adalah Nomor Kode Billing anda dan Juga Nominal Jumlah Setoran yang terinformasi pada website billing Pajak.

Setelah mendapatkan informasi tersebut, maka langkah selanjutnya adalah dengan melakukan pembayaran Pajak Online melalui Bank anda. Untuk kali ini, akan dibahas  tutorial cara pembayaran pajak melalui ATM dan Internet Banking Bank mandiri.


Pembayaran Pajak Melaui ATM Bank Mandiri

Untuk pembayaran pajak melalui chanel bank mandiri bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu dengan cara memilih menu pembayaran Multipayment dan menu pembayaran penerimaan negara.

Cara bayar Pajak Melalui ATM Bank Mandiri dengan menu Multipayment

Pembayaran Pajak melalui ATM bank Mandiri bisa dilakukan dengan dua cara. Pertama, kita akan membahas pembayaran Pajak melalui atm mandiri dengan chanel atau menu Multipayment.
  • Masukkan ATM anda
  • Pilih Bahasa
  • Masukkan PIN
  • Pada Menu Utama Pilih Bayar Beli


Panduan Kartu Kredit Cerdas
Cara bayar Pajak Melalui ATM Bank Mandiri
  •  Setelah memilih menu Bayar Beli silahkan memilih menu Lainnya. Perhatikan gambar di Bawah ini!

Panduan kartu kredit cerdas
Cara bayar Pajak Melalui ATM Bank Mandiri
  •  Setelah memilih menu lainnya silahkan memilih menu lainnya kembali. Perhatikan pada gambar dibawah ini, di sana ada menu pajak. Memilih menu pajak sebenarnya juga bisa dilakukan. Tetapi kali ini, kita akan melakukan pembayaran dengan menu multipayment karena menurut saya pembayaran melalui channel multypayment adalah lebih mudah. pembayaran dengan metode mulltypayment bisa anda pergunakan untuk melakukan pembayaran tagihan anda yang lainnya. Yang paling perlu anda ketahui adalah kode instansi atau kode perusahaan yang mau anda bayarkan. 


Panduan kartu kredit cerdas
Cara bayar Pajak Melalui ATM Bank Mandiri
  •  Setelah anda memilih menu lainnya, selanjutnya silahkan memilih menu multipayment. 


Panduan kartu kredit cerdas
Cara bayar Pajak Melalui ATM Bank Mandiri

  •  Masukkan Kode perusahaan/ institusi. Untuk kode perusahaan pajak adalah 10035. Silahkan dimasukkan!

Panduan kartu kredit cerdas
Cara bayar Pajak Melalui ATM Bank Mandiri
  •  Silahkan masukkan Kode Billing Pajak yang anda dapatkan melalui akun billing anda. Masukkan Kode Tersebut! kemudian tekan Benar. Setelah itu anda akan diminta untuk memasukkan Item pembayaran, Pada layar tersebut akan di informasikan data-data anda, berikut nominal setoran pajak anda. kemudian, masukkan Angka 1 kemudian tekan Benar. 
  • Setelah itu, Pada layar mesin ATM akan muncul konfirmasi yang berisi data-data dan nominal setoran yang anda lakukan, Setelah memastikan data tersebut benar, silahkan pilih YA.


Proses pembayaran pajak dengan metode Multipayment melalui ATM Bank Mandiri sudah selesai. Selalu ingat untuk mengambil dan menyimpan struk pembayaran yang anda lakukan di ATM.



Cara bayar pajak melalui atm mandiri dengan menu Bayar/Beli Penerimaan Negara

Cara kedua untuk pembayaran pajak adalah dengan mengunakan menu bawaan yang sudah tersedia di mesin atm yaitu dengan langsung masuk ke menu Pajak.
  1. Masukkan kartu atm anda
  2. Pilih Bahasa
  3. Masukkan Pin
  4. Pada menu Utama Pilih Bayar/Beli
  5. Pilih Menu lainnya
  6. Pilih Menu Penerimaan Negara
  7. Pilih Pajak/PNBP/Cukai
  8. Masukkan Nomor Objek pajak Anda atau NO Billing anda kemudian pilih Benar
  9. Anda akan dibawah ke layar Konfirmasi, pastikan semua data yang tertulis pada layar ATM sudah benar. kemudian Pilih Benar
  10. Sampai di sini pembayaran Pajak melalui ATM bank Mandiri dengan memilih menu pajak sudah selesai. Silahkan ambil dan simpan struk pembayaran Anda.


Cara bayar Pajak melalui Internet Banking Bank Mandiri

  1. Masuk ke website internet banking bank mandiri
  2. Masukkan User Id dan Pin Internet banking bank mandiri anda
  3. pada menu sebelah kiri pilih pembayaran
  4. Pilih Penerimaan Negara
  5. Pada isian sebelah kanan pilih nomor rekening yang mau anda gunakan untuk pembayaran
  6. Pada menu jenis pajak pilih  Pajak/PNBP/Cukai
  7. Masukkan kode billing anda
  8. Kemudian Pilih Lanjutkan
  9. Anda akan dibawah ke layar Konfirmasi
  10. Baca dan pastikan data-data sudah benar
  11. Bila ada permintaan Respon Token Lakukan proses APLLI_
  12. Masukkan respon dan pilih Lanjutkan

Sampai di sini proses pembayaran Pajak melalui Internet banking bank mandiri sudah selesai. Demikian cara pembayaran pajak melalui bank mandiri semoga bermamfaat.







0 Response to "Cara Bayar Pajak Melalui ATM dan Internet Banking Bank Mandiri dengan Tutorial Lengkap"