Surat Pernyataan Pergantian kartu kredit






panduan kartu kredit cerdas
surat pernyataan


Surat pernyataan pergantian kartu kredit biasanya berlaku untuk pergantian karena data kartu sudah diketahui pihak lain, kartu hilang atau dicuri dan ada perubahan alamat pengiriman, dan juga permintaan pergantian kartu kredit karena kartu kredit rusak.

Untuk pergantian kartu kredit yang disebabkan karena kebocoran data kartu atau karena adanya transaksi yang disanggah, maka dibutuhkan surat pernyataan untuk proses permintaan pergantian kartu kredit tersebut. Surat pernyataan tersebut selain berguna sebagai validator juga sebagai bentuk pengesahan permintaan sesuai dengan persyaratan dari Bank Indonesia.


Pastikan kalimat wajib yang harus dituliskan di surat pernyataan.


Catatan: Bila anda menghubungi bank untuk meminta pergantian kartu kredit dan anda disuruh untuk mengirimkan surat pernyataan. Maka sebaiknya ditanyakan, apakah surat pernyataan itu harus dilengkapi dengan kalimat khusus. Karena ada kalanya untuk permintaan pergantian kartu yang disebabkan oleh adanya penyalahgunaan kartu dari pihak lain, anda harus membubuhkan kalimat seperti, "saya bertanggung jawab untuk semua transaksi sebelum dan setelah pemblokiran". 

Bila Bank menyatakan kalau kalimat itu harus ada, maka tambahkan kalimat tersebut di dalam contoh surat pernyataan yang bisa anda download dari link di atas.

Bentuk surat pernyataan pergantian kartu kredit.


Surat pernyataan pergantian kartu kredit sebenarnya tidak harus selalu dalam bentuk surat formal. Yang perlu diperhatikan adalah Isi dari surat tersebut jelas dan memiliki informasi lengkap seperti: Nama, Nomor kartu kredit yang mau diganti, dan pastikan untuk mencantumkan alamat yang baru bila ada perubahan alamat. Hal ini bertujuan untuk menghindari kesalahan pengiriman kartu yang dikirimkan ke alamat yang lama.

Surat pernyataan permintaan pergantian kartu kredit tidak memerlukan materai.


Surat pernyataan pergantian kartu kredit tidak perlu dibubuhi atau ditambahkan dengan materai. Surat pernyataan tersebut cukup ditanda tangan-i dan dilampirkan foto copy ktp serta foto copy kartu kredit.

Tips dan Triks mengirimkan surat pernyataan.


Tips dan triks untuk pengiriman dokumen atau surat pernyataan ke bank tanpa harus mengunakan mesin scanner adalah dengan memamfaatkan kamera ponsel anda dan applikasi paint bawaan windows pada komputer anda. Ikuti cara-cara berikut ini!

Membubuhkan tanda tangan pada surat pernyataan tanpa harus diprint.


Anda boleh mengunakan bantuan software "paint" dari applikasi bawaan windows di komputer anda. Cetak tanda tangan anda dengan 'tool pensil' pada applikasi paint tersebut. Dengan cara: 
  1. Pegang mouse seolah-olah anda sedang memegang pensil
  2. Kemudian gerakkan mouse persis seperti anda sedang memberikan tanda tangan di atas kertas. 
  3. Lihat hasilnya, Bila sudah cukup bagus, silahkan di crop! 
  4. Kemudian cut. 
  5. Kemudian buka lembar kerja baru pada paint atau dengan menekan tombol ctrl + N. 
  6. Kemudian klik Paste. 
  7. Atur ukuran gambar sesuai dengan ukuran lembar kerja paint.

Setelah itu, simpan gambar tersebut, bisa dengan format Gambar JPG atau PNG. Kemudian Insert gambar tersebut ke microsoft word pada surat pernyataan anda, tepat di tempat tanda tangan. Atur ukuran-nya supaya terlihat rapi.

Lampirkan Foto Copy KTP dan Kartu kredit pada surat penyataan tanpa scanner.


Hal ini bisa anda lakukan dengan mengunakan bantuan kamera ponsel anda. Letakkan KTP atau Kartu kredit anda di atas kertas putih. Usahakan mengunakan kamera dengan cahaya flash. Ambil gambar dan pastikan hasilnya tidak buram. Kirim foto tersebut ke komputer dengan bluetooth.

Anda bisa mengunakan bantuan applikasi paint untuk mengedit foto tersebut, bila anda merasa harus memotong sedikit bagian-nya atau mau memperjelas pencahayaan gambar ktp atau kartu kredit tersebut.

Insert foto ktp pada surat pernyataan pergantian kartu kredit


Setelah gambarnya sudah bagus dan jelas kemudian insert atau tempelkan foto tersebut pada halaman ke-dua di bawah surat pernyataan anda.
Setelah dokumen rampung, sebaiknya anda mengubah extension atau convert file microsoft word ke format pdf. Pastikan ukuran file-nya tidak lebih besar dari 2 mega.

Demikian informasi mengenai surat pernyataan pergantian kartu kredit. Untuk memastikan apakan dokumen anda sudah diterima bank atau belum. Anda bisa menghubungi bank 1 x 24 jam setelah pengirimana dokumen.


0 Response to "Surat Pernyataan Pergantian kartu kredit"