Pembatalan Cicilan pada kartu kredit

Pengertian pembatalan cicilan


Panduan kartu kredit cerdas
Pembatalan Cicilan pada kartu kredit



Pembatalan cicilan kartu kredit yang dimaksud dalam artikel ini adalah percepatan pelunasan cicilan. Misalkan transaksi yang diproses dengan metode pembayaran cicilan 12 bulan, kemudian setelah pembayaran ke 6, pemegang kartu berniat untuk membatalkan atau mempercepat pelunasan cicilan.

Keuntungan pembatalan cicilan


Limit Kartu bisa digunakan kembali.

Dengan melakukan pembatalan cicilan maka otomatis limit kartu kredit akan kembali setelah pembayaran. Limit tersebut telah keluar dari system pembekuan yang dipastikan dilakukan oleh bank sebesar jumlah transaksi yang belum tertagih.

Panduan kartu kredit cerdas
Add captionPembatalan Cicilan pada kartu kredit

Misalkan untuk transaksi Rp.1.200.000 dicicil 12 kali bunga 0%. Maka pada bulan pertama sebelum pembayaran dana akan dibekukan dan tidak bisa digunakan sebesar 1.2 juta. Setelah pembayaran cicilan pertama, dana yang dibekukan akan berkurang seratus ribu dan bisa digunakan. Misalkan bila sudah membayarkan cicilan yang ke enam maka dana yang masih dibekukan tinggal 600 ribu lagi. 

Nah dengan melakukan pembatalan cicilan maka dana yang dibekukan akan dikeluarkan dan ditagihkan penuh ditanggal cetak berikutnya.

Bunga akan berhenti pada cicilan yang dikenakan bunga


Misalkan transaksi Rp.1.000.000 dicicil 12 bulan dengan bunga 1%. Dengan kata lain, bunga sebesar 10000 perbulan. Bila sudah dilakukan pembayaran sebanyak 1 kali maka untuk kedepanya, selama 11 bulan lagi akan ada penambahan bunga sebesar 10000 ditambah cicilan pokok. Bila dilakukan pembatalan atau percepatan pelunasan cicilan maka yang ditagihkan hanya satu kali bunga saja yaitu sebesar 10000 ditambah sisa cicilan pokok di tambah pinalty.

Kekurangan pembatalan cicilan kartu kredit
Dikenakan biaya pinalty

Hampir semua bank penerbit kartu kredit memiliki ketentuan penagihan pinalty untuk setiap pembatalan cicilan. Besar pinalty pun berbeda-beda pada setiap bank. Untuk bank BNI misalkan pernah memberlakukan pinalty pembatalan cicilan dengan nominal 200 ribu.


Misalkan transaksi Rp. 1.200.000 dicicil 12 bulan bunga 0%. Cicilan diberhentikan setelah bayar 6 kali. Maka ada enam bulan cicilan yang belum dibayar atau sekitar 600 ribu. Maka bila dilakukan percepatan pelunasan cicilan atau pembatalan cicilan, total yang akan ditagihkan adalah 600.000 + 200000= 800000. 

Khusus untuk pembatalan cicilan pada BNI sebaiknya, cicilan sebaiknya tidak perlu dibatalkan bila sudah hampir selesai, karena biaya pinalty cukup besar. Kecuali ada alasan yang kuat.

Untuk Bank Mandiri, Percepatan pelunasan cicilan dikenakan finalty sebesar 5% dari sisa cicilan pokok. Jadi misalkan bila mengikuti contoh soal diatas. Pinalty yang akan dikenakan adalah 5% x 600000 = 30000.  Maka yang akan ditagihkan bila cicilan dipercepat adalah 630000.


Rumus perhitungan nominal pembatalan cicilan kartu kredit.

Sisa Pokok cicilan + Satu kali bunga + pinalty.
Untuk cicilan dengan bunga 0%, rumusnya lebih sederhana yaitu- Sisa Pokok Cicilan + Pinalty. (seperti contoh di atas)


Cara  Pembatalan cicilan kartu kredit.

Proses pembatalan cicilan bisa dilakukan dengan menghubungi Bank atau call center bank anda. Untuk meminta dibuatkan laporan untuk pelunasan cicilan. Pembatalan cicilan biasanya akan terproses dengan SLA 5 hari kerja sampai 7 hari kerja. setelah transaksi cicilan dibatalkan, maka semua nominal tagihan akan tercetak sebagai tagihan full pada tanggal cetak terdekat.

Kesimpulan pembalatan cicilan kartu kredit

  1. Akan dikenakan pinalty sebesar ketentuan yang diatur oleh bank.
  2. Bunga akan tertagih satu kali saja. 
  3. Proses pembatalan bisa dilakukan dengan cara menghubungi call cented.

 

0 Response to "Pembatalan Cicilan pada kartu kredit"