Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Cara Mengatasi Kartu Kredit Yang Kelebihan Pemakaian

Pemakaian Kartu Kredit Over Limit - Apa Yang Harus Dilakukan adalah wajib bayar kelebihan pemakaian supaya tagihan tidak semakin bengkak, karena denda over limit itu cukup mahal antara Rp.100.000 sampai Rp.150.000 tergantung bank anda.

1. Wajib Bayar Minimum!

Menunda pembayaran akan mengakibatkan tagihan semakin besar. Usahakan untuk bayar paling tidak minimum tagihan.
Bila kartu kredit sudah kelebihan pemakaian, minimum pembayarannya menjadi 10% + Over limit. Bila over-limit satu juta, maka minimum pembayarannya menjadi 10% (Tagihan kurang over limit) + Over limit.
Resiko apabila tidak bayar, tagihan berikutnya dikenakan bunga, denda keterlambatan dan biaya over-limit.


2. Bila memungkinkan, Bayar Full 

Gunakan kartu kredit untuk mendapatkan cash. (Pastikan kartu masih bisa dipakai setelah bayar, bukan dalam keadaan terblokir)

Misalkan limit 5 juta dan tagihan sudah 5.500.000. Gaji kamu misalkan 6 juta. Bayar full berarti sisa gaji kamu tinggal Rp.500.000. Tapi setelah pembayaran kamu masih bisa menggunakan kartu kredit. Tapi supaya tidak over-lagi, gunakan kartu kreditnya untuk mendapatkan uang cash bukan untuk berbelanja sesuka hati setiap hari. Ada banyak cara mendapatkan cash dari kartu kredit (BUKAN TARIK TUNAI DI ATM), berikut ini beberapa cara mendapatkan uang tunai dari kartu kredit:
  • Bayar Belanja Teman yang tidak punya kartu kredit dan dapatkan uang cashnya. Kemudian transaksi itu kamu ubah menjadi cicilan ke bank.
  • Hubungi call center untuk meminta transfer dana bunga 0% atau bunga ringan nol koma something.
  • Tartun di merchant (Ini Ilegal dan resiko-nya kamu tanggung sendiri)


3. Bila kamu tidak bisa bayar full tagihan yang kelebihan pemakaian.

Hubungi call center, tanyakan apakah ada program total tagihan di jadikan cicilan? Biasanya beberapa bank punya program seperti itu.
Call center akan menolak permintaanmu karena status kartu masih overlimit. Tanyakan apakah saya bisa proses bila bayar kelebihan pemakaian? Bila bisa silahkan bayarkan yang kelebihan dan hubungi call center untuk proses.


4. Bila kartu sudah kolektibilitas Tidak Lancar, Diragukan.

Jangan menunggu sampai status kartu macet. Jangan menunggu sampai telat enam bulan. Ketika baru telat tiga bulan hubungi call center dan minta disambungkan ke collection. Setelah tersambung minta rescheduling tagihan. Dalam kasus ini, kamu tidak perlu bayar kelebihan pemakaian tetapi kartu kreditmu akan terblokir dan tidak akan bisa digunakan lagi, bahkan setelah lunas. . Baca lebih Lengkap mengenai Cara rescheduling tagihan.


Jangan: 
  • Tarik Tunai Di ATM
  • Bayar di teller
  • Minta Kenaikan Limit
  • Membuang kartu karena kesal dan mengabaikan tagihan.
  • Takut berdiskusi dengan collection.
Roy Passenger
Roy Passenger Selamat datang di Kartu Bank! Saya Roy Passenger. Baca Novelku di Google play Book, Yah! Klik Di Sini (Khusus Dewasa)