Pemakaian Kartu Kredit Over Limit - Apa Yang Harus Dilakukan

Pemakaian Kartu Kredit Over Limit - Apa Yang Harus Dilakukan adalah mengubah tagihan menjadi cicilan tetap 0%, dengan cara:

Panduan kartu kredit cerdas
Pemakaian Kartu Kredit Over Limit - Apa Yang Harus Dilakukan
Bila kartu kredit sudah over limit sebaiknya segera diambil tindakan supaya tagihan tidak semakin membesar. Bagaimana cara pencegahan atau penyelesaian tagihan kartu kredit yang sudah mencapai batas maksimum credit limit yang diberikan oleh Bank. Ikuti Trik berikut ini:

Trik ini saya dapatkan dari seorang petugas bank yang ternyata pernah mengalami hal yang sama. Waktu itu, saya sedikit mengeluh tentang tagihan kartu kredit saya yang semakin membesar, dan setelah mengikuti saran beliau, lambat laun saya bisa mengatur pengunaan kartu kredit saya hingga benar-benar stabil kembali.

Untuk mengikuti trik ini, anda harus benar-benar berniat karena bila dilakukan setengah hati, maka tagihan bukannya akan semakin mengecil malah bisa membengkak. Sebenarnya ini bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan tetapi diperlukan komitmen. 

Yang akan dibahas adalah tagihan over limit yang berasal dari trasaksi-transaksi non-cicilan. Karena walaupun pemakaian kartu kredit anda sudah over limit, kalau pembayarannya masih dalam bentuk cicilan maka kartu kredit anda tersebut masih bisa dikategorikan STABIL.

Setelah Gajian Bayar Tagihan Penuh bila Gaji mencukupi.

Bila Gaji anda mencukupi untuk melakukan pembayaran penuh, walapun pada akhirnya, Tidak akan ada lagi gaji yang tersisa untuk anda pergunakan dalam bulan tersebut, itu tidak apa-apa. Lakukan saja pembayaran penuh. Kemudian...

Gunakan kartu kredit sekali saja!

Gunakan kartu kredit sekali saja, anda boleh memilih beberapa metode untuk mendapatkan uang cash dari kartu kredit, sebagai berikut:
Saran saya, Coba cari tahu apakah ada orang yang mau membeli sesuatu dengan mengunakan uang cash atau transfer via bank. Mungkin rekan kerja anda, tetangga atau saudara, Nah tawarkan Jasa kartu kredit anda untuk membayarkan trasaksi tersebut, kemudian uang yang harus digunakan untuk pembayaran transaksi diserahkan kepada anda. Akan jauh lebih baik bila anda menanyakan orang tersebut mau membeli apa, misalkan mesin cuci, maka cari informasi merchant atau toko yang sedang ada program cicilan 0%, informasi ini bisa anda dapatkan via call center bank anda.Sebaiknya anda mencari orang yang mau transaksi terlebih dahulu sebelum bayar kartu kredit, setelah dipastikan ada orang yang bersedia baru jalankan rencana ini. 

Setelah anda mengunakan kartu kredit anda untuk membayarkan transaksi orang tersebut. Maka hubungi bank anda untuk memastikan pembayaran cicilan. Bila ada toko yang memiliki cicilan 0% maka anda tidak perlu lagi untuk menghubungi bank anda karena biasanya promo cicilan 0% di toko, cicilannya langsung diproses di toko juga. 

Setelah proses transaksi diubah menjadi cicilan maka sebaiknya kartu jangan dipergunakan terlebih dahulu sampai anda merasa tagihan sudah benar-benar stabil.


Proses Transfer Dana


Hubungi Officer kartu kredit bank anda via call center, tanyakan promo 0% cicilan transfer dana. Bila sedang ada promo pastikan tenornya berapa bulan dan berapa kira-kira pembayaran anda perbulan bila anda meminta dana sekian, pastikan anda bisa memenuhi pembayaran tersebut. Bila sudah dippastikan ada promo transfer dana cicilan 0%, segera bayar tagihan anda secara penuh kemudian hubungi bank untuk permintaan transfer dana dengan cicilan 0% tadi. Dengan demikian kartu kredit anda sudah stabil kembali, sebaiknya kartu jangan digunakan lagi sebelum benar-benar stabil.

Rescheduling Tagihan

Pilihan terakhir yang bisa anda ambil adalah menghubungi bank untuk rescheduling tagihan. Sisi negative dari cara ini adalah kartu anda akan diblokir. Baca lebih Lengkap mengenai Cara rescheduling tagihan.


DON'T

  • Jangan Tarik Tunai Di ATM 
  • Jangan Minta Kenaikan Limit
  • Jangan Tarik Tunai Di Mesin EDC
  • Jangan Membuang kartu karena kesal


Demikian informasi mengenai Pemakaian Kartu Kredit Over Limit - Apa Yang Harus Dilakukan


4 Responses to "Pemakaian Kartu Kredit Over Limit - Apa Yang Harus Dilakukan"

taufiq ramadhan said...

Gan numpang nanyak nih, kalau kita punya kartu kredit limit 2 juta, kita beli laptop harga 6,7 jutaan tapi dgn syarat cicilan 12x perbulan Rp.558.333 nah itu yg jdi limitnya cicilan perbulan atau harga pokok pembeliannya

Roy Passenger said...

Selamat malam Pak taufiq...ketika kita membeli barang dengan cicilan, harga yg didebet dr kartu kreditnya adalah harga totalnya, bukan cicilannya. Jadi untuk berbelanja 5 juta walaupun dicicil 12 bulan limit kredit harus paling tdk 5 juta.

Agus Droid11 said...

Gmn jk limit sy 5jt beli barang 6,5jt proses untuk cicil..tp sy bayar ditoko tunai over limitnya 1,5jt..apa ada toko atau sistem menerima hal sperti itu pak?? Makasih.

Roy Passenger said...

bisa pak kebanyakan toko mau menerima pembayaran cash + kartu kredit.