Cara Registrasi dan Aktivasi Internet Banking BCA - KlikBCA

Internet banking bank BCA

Dapatkan kemudahan untuk mengakses transaksi perbankan anda dengan mendaftar sebagai pengguna internet banking bank BCA. Kamu tidak usah khawatir, pendaftaran internet banking BCA sangat mudah untuk dilakukan. Kamu bisa memilih jenis internet banking bca yang akan kamu gunakan. Misalnya, kalau kebutuhan kamu adalah untuk kebutuhan inquiry misalkan, mengecek saldo, cek mutasi, maka kamu tidak perlu ke kantor cabang. Tapi, kalau kamu mau menggunakan internet banking bank BCA untuk transaksi financial, misalkan transfer ke rekening lain dari internet banking bank bca, pembelian pulsa dan pembayaran tagihan, kamu harus mengambil keyBCA ke kantor cabang.

Internet Banking BCA (KlikBCA)

Internet banking bank BCA adalah produk e channel bank BCA yang bisa diakses melalui browser internet untuk mempermudah nasabah bca dalam melakukan berbagai transaksi perbankan. Bank BCA selanjutnya menyebut Internet banking BCA dengan istilah KlikBCA. Sedangkan keyBCA adalah device kecil yang bentuknya menyerupai kalkulator, berfungsi sebagai validator transaksi pada internet banking bank BCA.

#Transaksi Internet Banking BCA Versi Inquiry (Non-financial)
Pada Umumnya Internet Banking memiliki dua fasilitas yaitu inquiry dan transaksi financial.

Fasilitas Inquiry adalah fasilitas berbasis informasi saja - dengan perngertian khusus, pengunaan internet banking BCA hanya sebatas untuk pengecekan saldo, pengecekan mutasi rekening, dan pengecekan informasi lainnya.

Untuk mendapatkan Fasilitas Internet banking berbasis inquiry maka tidak perlu melakukan permohonan atau pengisian formulir pengunaan TOKEN atau dalam istilah perbankan, Oleh pihak BCA menyebut alat tersebut dengan istilah keyBCA.

#Internet Banking BCA Untuk Transaksi Financial
keyBCA adalah alat khusus yang diperlukan sebagai validator transaksi financial perbankan BCA melalui internet banking.

keyBCA memiliki fungsi yang hampir sama dengan kode 3d secure pada transaksi kartu kredit. Perbedaanya adalah untuk 3d secure code langsung dikirim ke Nomor Handphone nasabah yang terdaftar pada sistem kartu kredit.

Sementara untuk PIN transaksi dengan keyBCA dikirimkan langsung ke TOKEN atau gadjet keyBCA itu sendiri.



Untuk bisa melakukan Transaksi Financial melalui internet banking bank BCA, nasabah diwajibkan untuk memiliki alat keyBCA terlebih dahulu.

Token atau keyBCA bisa diperoleh dengan mengisi formulir di kantor cabang bank BCA terdekat, dengan membawa kartu identitas dan buku perbankan atau buku tabungan bca.

Transaksi financial pada internet banking bank BCA meliputi berbagai aktifitas transaksi, seperti Transaksi pembelian, Pembayaran, Transfer Dana, Informasi rekening, inqury tagihan kartu kredit BCA dan lain-lain.

Alur Pendaftaran Internet Banking BCA 

Berikut ini adalah garis besar alur pendaftaran internet banking bca mulai dari mesin atm sampai cara menggunakan keyBCA untuk transaksi.
  • Proses Pendaftaran Internet Banking Bank BCA lewat ATM, 
  • Registrasi internet banking BCA di jaringan internet
  • Proses pendaftaran administrasi pengunaan keyBCA
  • Pengambilan (Token) keyBCA di cabang, 
  • Proses aktivasi Internet banking keyBCA 
  • Cara pengunaan Internet banking keyBCA 

Cara Registrasi dan Aktivasi Internet Banking BCA - Paling Lengkap

Pendaftaran Internet Banking BCA di ATM 

Berikut ini adalah langkah-langkah pendaftaran internet banking bank BCA melalui mesin atm bca, sebagai berikut:
  • Masukkan kartu ATM BCA anda 
  • Masukkan 6 digit Pin ATM 
  • Pada menu utama Pilih Daftar eBanking atau autodebet
  • Pilih Internet Banking 
  • Masukkan 6 digit Pin yang ingin anda pergunakan sebagai PIN awal untuk registrasi internet Banking (Bukan PIN ATM) tetapi 6 digit angka yang anda susun sendiri.
  • Ketik ulang enam digit angka yang baru anda buat tadi.
  • Transaksi Selesai 
  • Ambil struk dan simpan! Pada struk tersebut terdapat informasi User ID yang akan anda pergunakan untuk pendaftaran atau registrasi di Gadjet atau komputer anda.


Setelah anda melalukan Pendaftaran lewat ATM Bank BCA maka langkah selanjutnya adalah registrasi Internet banking anda di Jaringan Internet.

Aktivasi Internet banking BCA

Sebelum anda melakukan proses registrasi internet banking BCA di jaringan internet, pastikan terlebih dahulu kalau anda masih mengingat enam digit pin yang anda susun sendiri di mesin atm beserta user ID yang terdapat pada struk  yang keluar dari mesin ATM.

Berikut ini adalah cara aktivasi internet banking bank BCA:

  • Masuk ke Website KlikBCA → Internet Banking BCA/KlikBCA 
  • Klik Login 
  • Masukkan User id dan Password yang ada pada struk atm → KLIK LOGIN
  • Setujui syarat dan ketentuannya
  • Masukkan Alamat email dan pilih bahasa → KIRIM-SUBMIT

Setelah kamu mengikuti tahapan di atas, kamu akan masuk kembali pada halaman awal KlikBCA. Silahkan Uji coba dengan memasukkan kembali User ID dan PIN Internet banking kamu. Setelah kamu melakukan Uji Otentikasi layanan, secara otomatis kamu akan masuk ke halaman selanjutnya, yaitu ucapan selamat datang di Internet banking Bank BCA.

Sampai di sini kmau sudah behasil dan selesai untuk registrasi internet banking bca. Tetapi pada tahap ini pengunaan internet banking hanya untuk sebatas transaksi Inquiry atau kebutuhan informasi perbankan seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. Supaya bisa melakukan transaksi Financial dilayanan Internet Banking Bank BCA, kamu harus melakukan aktivasi keyBCA yang bisa kamu dapatkan dari kantor cabang. 

Registrasi keyBCA 

Cara membuat KeyBCA
aktivasi keyBCA
Sebelum anda ke kantor cabang Untuk mengambil keyBCA maka anda harus melakukan registrasi Administrasi terlebih dahulu.

Berikut ini adalah cara registrasi penggunaan keyBCA Online:

  • Silahkan LOGIN ke Internet Banking bca atau KlikBCA. Setelah login, anda akan berada di halaman Menu Internet banking Bank BCA, seperti pada gambar di Bawah ini:
  • Pada menu Utama silahkan lihat pada bagian sebelah kiri. Di sana ada menu Administrasi. Klik Menu administrasi tersebut!
  • Dan anda akan dibawah ke halaman baru tepat seperti gambar di atas. Perhatikan tanda panah merah yang mengarah ke menu Registrasi. Pilih menu registrasi tersebut, kemudian Klik lanjutkan seperti yang ditunjukkan tanda mouse pada gambar di atas.
  • Setujui Syarat dan ketentuan
  • Di halaman selanjutnya anda akan diminta memasukkan data, seperti Nomor kartu ATM anda, Nomor rekening yang mau anda daftarkan untuk pendebetan biaya administrasi,  Nama Cabang terdekat tempat anda akan berencana mengambil alat keyBCA dan KCU apa cabang tersebut. Silahkan di isi dan dilengkapi kemudian pilih LANJUTKAN.
  • Pada halaman berikutnya akan ditampilkan data yang telah anda isi. Pastikan kebenaran data tersebut. Bila sudah benar, silahkan masukkan kembali enam digit angka yang sudah anda buat di mesin ATM Pada kotak PIN. Kemudian Pilih Lanjutakan.

Pendaftaran administarsi pengunaan keyBCA sudah selesai. Anda bisa mengambil keyBCA di kantor cabang bank BCA 10 hari kerja kemudian seperti yang sudah anda pilih sebelumnya.

Perhatikan gambar berikut, tulisan yang dilingkari warna merah silahkan dicatat, nomor referensi tersebut akan anda pergunakan dikantor cabang sebagai bukti pendaftaran.

Registrasi keyBCA
registrasi administrasi keyBCA



Pengambilan KeyBCA atau Token BCA di Kantor Cabang

Silahkan kunjungi bank BCA terdekat dengan anda. Kemudian, silahkan ambil Nomor antrian Untuk layanan costumer service bukan layanan teller. Sebelum ke Kantor Cabang pastikan anda sudah mempersiappkan Kartu Identitas dan Buku Rekening tabungan. Tunggu sampai CS memanggil. Untuk selanjutnya tinggal mengikuti arahan dari CS saja, seperti isi Formulir. Prosesnya cepat, tidak butuh waktu lama hanya sekitar lima belas menit saja bila tidak  antri.

Aktivasi KeyBCA Token Internet banking BCA

Cara aktivasi internet banking bca - keyBCA
keyBCA
Setelah anda mengambil keyBCA dari kantor Cabang, maka Proses selanjutnya adalah melakukan proses aktivasi. Tetapi sebelum melakukan proses aktivasi. Pastikan anda sudah mengetahui nomor seri dari keyBCA tersebut. Pengunaan keyBCA mengunakan istilah APPLI-, APPLI-1, APPLI-2

Memperlajari KeyBCA

Berikut adalah beberapa hal yang harus kamu ketahui mengenai keyBCA:

  • APPLI- (Untuk Masuk ke Tahap APPLI-)
    • Tekan Tombol merah bertanda segitiga
    • Masukkan Pin KeyBCA anda
    • lihat Tulisan APPLI- (anda sudah di APPLI-)
  • APPLI-1 (Untuk Masuk ke Tahap APPLI-1)
    • (Lanjutkan proses APPLI- di atas) Tekan angka 1
    • Pada layar akan Tertulis APPLI-1 (anda sudah berada di APPLI-1)
  • APPLI-2 (Untuk masuk ke Tahap APPLI-2)
    • (Mulai dari tahap APPLI- (bukan APPLI-1)
    • Tekan angka dua 
    • Pada layar akan tertulis APPLI-2 (Anda sudah berada di APPLI-2)

Setelah mengetahui bagaimana cara mengunakan keyBCA, sekarang saatnya untuk aktivasi keyBCA anda dijaringan internet dengan mengunakan smartphone atau komputer. Setelah anda LOGIN lihat pada menu administrasi di sebelah kiri. klik menu tersebut, kemudian pilih menu aktivasi KeyBCA pada baris terakhir.

Pada halaman Administrasi-aktivasi keyBCA silahkan isi Nomor kartu ATM dan Nomor seri keyBCA anda. Kemudian perhatikan kotak ketiga.

Respon keyBCA APPLI-1
Silahkan ambil keyBCA anda kemudian lakukan Proses tahap APPLI-1 yang sudah dijelaskan di atas. atau Tekan tombol segita merah, kemudian masukkan PIN keyBCA anda, kemudian tekan agkan satu. Setelah anda menekan angka satu, anda sudah berada pada APPLI-1 tunggu sebentar, secara otomatis akan muncul angka-angka pada layar keyBCA anda. Angka-angka tersebutlah yang harus anda masukkan ke kotak Respon keyBCA APPLI-1. Setelah anda melakukan proses tersebut maka sampai di sini proses aktivasi keyBCA anda sudah selesai.

Cara Menggunakan internet Banking bank BCA

Baca juga panduan lengkap cara transfer uang dengan mengunakan keyBCA. Pada artikel tersebut akan dijelaskan dengan lengkap cara pengunaan keyBCA. Yang Paling penting adalah mengetahui tahapan APPLI- seperti yang sudah dijelaskan di atas.


Proses Pendaftaran Internet Banking Bank BCA lewat ATM, kemudian registrasi di jaringan internet dan proses pendaftaran administrasi pengunaan keyBCA dan pengambilan keyBCA di cabang, dilanjutkan dengan proses aktivasi keyBCA dan cara pengunaan keyBCA sudah selesai. 

0 Response to "Cara Registrasi dan Aktivasi Internet Banking BCA - KlikBCA"