3D Secure Adalah Autentifikasi transaksi online pada kartu kredit

Pengertian 


panduan kartu kredit cerdas
3d secure

3D secure adalah Kode AUTENTIFIKASI yang diterbitkan oleh Media Visa dan Mastercard untuk melengkapi keamanan transaksi online dengan mengunakan kartu kredit. Fasilitas layanan dari Visa atau Verified by Visa dan Master atau MasterCard Secure Code, Nyatanya telah banyak membantu bank untuk mencapai target Zero Fraud untuk produk-produk kartu kredit mereka.
Bagaimana bentuk kode 3d Secure kartu kredit?

Kode 3D secure kartu kredit itu adalah berupa password atau beberapa digit angka yang akan pop up di handphone ketika nasabah melakukan transaksi. Sebelum transaksi dinyatakan berhasil anda akan diminta oleh website untuk memasukkan kode 3d secure ke kotak yang telah disediakan pada website tersebut. Ada batasan waktu yang diberikan biasanya sekitar empat sampai lima menit. Bila anda belum mengisi kode 3d secure sampai waktu yang telah di tentukan maka transaksi anda akan dinyatakan gagal.

Kode 3d secure tidak dikirimkan dalam bentuk sms tetapi kode tersebut akan tiba-tiba POP-UP dilayar Handphone anda.

Kenapa kode 3d secure tidak Pop-up di Handphone?

Penyebab 3d secure tidak muncul di handphone bisa diakibatkan oleh beberapa hal, diantaranya:

Nomor Handphone tidak terdaftar

Pada sistem bank penerbit kartu kredit anda, kotak Nomor handphone belum terisi atau masih kosong. Segera lakukan permintaan pendaftaran No Handphone di Bank anda.

Nomor Handphone berbeda atau tidak UP-date

Ketika Nomor handphone yang terdaftar di System kartu kredit bank pernerbit kartu anda adalah nomor handphone yang lama, maka otomatis kode 3d secure akan dikirimkan ke nomor handphone yang lama. Sebaiknya setiap kali anda mengganti nomor handphone, selalu diingat untuk update nomor handphone terbaru anda ke bank.


Nomor Handphone sudah terdaftar tetapi 3d secure-nya terblokir

Ketika anda melakukan tiga kali kesalahan memasukkan 3d secure kode, maka otomatis system 3d secure pada kartu anda akan diblokir sehingga ketika anda melakukan transaksi baru pada website tertentu, anda tidak akan mendapatkan informasi 3d secure lagi. Satu-satunya cara untuk memperbaikinya adalah dengan menghubungi call center anda dan meminta untuk di refresh 3d secure kartu anda.

 Bagaimana dengan peraturan 3d secure code pada kartu tambahan?

kartu tambahan baru bisa mengunakan applikasi transaksi online dengan kode 3d secure bila nomor handphone pribadi kartu tambahan sudah terdaftar di Bank. Untuk pendaftaran Nomor handphone kartu tambahan harus dilakukan oleh pemiliki kartu Utama. 

Apakah kartu semua jenis kartu kredit sudah mengunakan fitur 3d secure?

Untuk saat ini kebanyakan jenis kartu kredit sudah mengunakan applikasi 3d secure, walaupun nyataan masih ada beberapa jenis kartu kredit yang belum update untuk applikasi ini. Untuk informasi apakah kartu kredit yang anda gunakan sudah mendukung applikasi 3d secure, silahkan hubungi bank anda.


Apakah pihak Bank mengetahui kode 3d secure?

Tidak, kode 3d secure langsung dikirimkan atau pop-up di handphone anda ketika anda transaksi. Jadi bila kode 3d secure datang terlambat anda tetap tidak boleh menghubungi costumer service untuk meminta kode tersebut karena datanya pasti tidak ada pada mereka.


Kenapa Kode 3d secure bisa datang atau muncul terlambat?

Keterlambatan 3d secure biasanya di pengaruhi oleh jaringan, baik itu jaringan website yang sedang anda kunjungi untuk bertransaksi atau bisa juga karena jaringan operator internet yang anda gunakan. 


Apakah Setiap Transaksi Online wajib mengunakan Kode 3D secure?

Untuk saat ini, pegunaan kode 3d belum sepenuhnya terupdate di semua website. Ada beberapa website yang memang belum mengunakan fasilitas ini, alhasil beberapa website tersebut kemudian di blokir oleh bank sehingga kartu kredit tertentu tidak bisa bertransaksi di sana.

Ada juga kalanya kode 3D secure hanya dikirimkan ketika pemegang kartu baru melakukan transaksi pertamanya pada sebuah website tertentu, Untuk transaksi kedua atau ketiga dan seterusnya tidak perlu mengunakan kode transaksi 3d secure kecuali bila nominal perbelanjaan cukup besar.

0 Response to "3D Secure Adalah Autentifikasi transaksi online pada kartu kredit"